Siswa Suka Guru Seperti Ini, Berikut Tips Menjadi Guru Favorit di Sekolah!

- Editor

Rabu, 18 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tips Menjadi Guru Favorit – Tugas dan tanggung jawab seorang guru sesungguhnya sangat berat. Di pundaknyalah tujuan pendidikan secara umum dapat tercapai atau tidak.

Tugas dan tanggungjawab ini semakin berat karena tidak sedikit dari orangtua yang seakan mempercayakan sepenuhnya pendidikan anak-anaknya di sekolah.

Mereka beranggapan bahwa tugas dan tanggung jawab orang tua adalah bekerja dan bekerja sehingga mempunyai uang yang banyak untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya, termasuk biaya sekolah.

Bahkan, tidak sedikit orang tua yang berusaha dengan sekuat tenaga agar anak-anaknya dapat sekolah di tempat yang favorit meskipun biayanya mahal.

Orang tua yang demikian biasanya telah merasa bahwa tugas dan tanggung jawabnya di bidang pendidikan anak-anaknya telah selesai. Mereka percaya sepenuhnya bahwa pihak sekolah telah mendidiknya dengan baik sehingga merasa tidak perlu lagi mengontrol pendidikan anaknya ketika di rumah.

Anggapan yang seperti itu tidaklah benar. Orangtua tetap bertanggung jawab terhadap pendidikan anak-anaknya secara keseluruhan. Sedangkan, guru bertanggung jawab karena mendapatkan amanat dari orang tua untuk mendidik anak-anak mereka, di samping merupakan tanggung jawab kemanusiaan.

Disinilah sesungguhnya tugas dan tanggung jawab guru menjadi tidak main-main. Amanat dari orang tua untuk mendidik anak-anaknya mesti ditunaikan dengan sangat baik.

Guru tidak Hanya Mengajar

Guru tidak sekedar mengajar, tetapi juga mendidik anak didiknya. Dengan demikian, seorang guru bisa dikatakan sebagai orang tua kedua bagi anak didiknya. Sebagai orang tua kedua, sudah tentu dibutuhkan kedekatan dengan anak didiknya.

Kedekatan dengan anak didik adalah kunci penting bagi seorang guru bila ingin sukses dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Tanpa kedekatan, tugas dan tanggung jawab itu akan sulit dapat terlaksana dengan baik karena anak didik bukanlah robot yang siap menerima program apa pun dari orang yang membuat atau mengoperasikannya.

Anak didik adalah pribadi yang mempunyai jiwa. Sudah tentu, menghadapi pribadi yang mempunyai jiwa dibutuhkan kedekatan di antara dua jiwa agar komunikasi dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Inilah pribadi seorang guru yang berhasil mengajar sekaligus mendidik di hadapan murid-muridnya, sosok seorang guru favorit yang dicintai oleh anak didiknya.

Motivasi dan kecintaan seseorang untuk menjadi guru adalah dasar bagi seorang guru akan sukses dan dicintai oleh murid-muridnya atau tidak.

Motivasi dan kecintaan ini harus terpancang sejak awal seseorang menekuni profesi sebagai guru atau bisa pula baru terbangunkan setelah seseorang menjalani profesi ini sekian waktu.

Motivasi dan kecintaan ini harus senantiasa dijaga agar seorang tetap bersemangat menghadapi anak didiknya dalam proses pembelajaran.

Jadi, motivasi dan kecintaan ini semacam ruh bagi seorang guru agar selalu dekat dengan anak didiknya sehingga apa yang disampaikan dalam pembelajaran mudah diterima.

Inilah kunci penting bagi keberhasilan seorang guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Seorang guru yang tidak hanya mencintai profesinya, tetapi juga dicintai oleh anak didiknya.

Modal Utama agar Menjadi Guru Favorit bagi Peserta Didiknya

Modal utama agar menjadi guru favorit bagi peserta didiknya yaitu sebagai berikut:

1. Dekat dengan Anak Didik

Modal utama sebagai bagian dari tips menjadi guru favorit atau dicintai oleh peserta didiknya yaitu hubungan yang dekat dengan mereka. Kedekatan dengan anak  didik ini bisa dibangun dengan  kedekatan secara lahir maupun secara batin.

Kedekatan antara guru dan anak didiknya mutlak diperlukan. Hal ini dianggap penting karena proses pembelajaran diyakini tidak akan berjalan dengan lancar dan berhasil secara maksimal tanpa adanya kedekatan antara yang mendidik dengan yang dididik.

Dengan adanya kedekatan ini, diharapkan anak didik dapat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh gurunya dengan perasaan yang santai dan pikiran yang tenang.

2. Membangun Suasana yang Menyenangkan

Orang yang pandai membangun suasana yang menyenangkan dalam sebuah hubungan, juga pasti akan disenangi oleh banyak orang.

Demikian pula dengan guru hendaknya pandai membawa suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, sehingga disenangi oleh peserta didiknya.

Siapa saja akan merasa senang bila berada dalam suasana yang menyenangkan, termasuk peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran yang menyenangkan, mereka akan merasa senang.

Seorang guru yang menyenangkan adalah seorang yang mempunyai kepribadian sebagai berikut:

  • Memahami Kebutuhan Peserta Didik;
  • Memberikan Penghargaan;
  • Dapat Mengontrol Emosi dengan Baik;

3. Berperan sebagai Orang Tua Kedua

Guru yang bisa berperan sebgai orangtua kedua bagi anak didiknya ketika berada di sekolah, maka guru tersebut akan dicintai oleh anak didiknya.

Seorang guru yang dicintai oleh anak didiknya, menjadi modal untuk dapat dikatakan sebagai guru favorit. Anak didik adalah pribadi yang sesungguhnya masih membutuhkan kasih sayang dan teladan yang baik dalam masa perkembangan jiwanya.

Di sinilah mereka sangat membutuhkan dari kedua orang tuanya dalam kehidupan sehari-harinya ketika berada di rumah. Berikut ini hal yang menggambarkan guru sebagai orang tua kedua di sekolah.

  • Membangun Rasa Kasih Sayang;
  • Memberiakan yang Terbaik;
  • Mendampingi dengan Senang;
  • Menjadi Sahabat dalam Belajar;

4. Berkepribadian Layak Ditiru

Seorang guru yang dicintai oleh anak didiknya adalah guru yang mempunyai kepribadian layak ditiru. Inilah kepribadian utama yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Menurut falsafah jawa, kata guru berasal dari kalimat “bisa digugu (dipercaya) dan ditiru (dicontoh)”. Jadi, orang yang menjadi guru adalah seorang yang bisa dipercaya dan ditiru tingkah lakunya oleh anak didiknya.

Dua hal sebagaimana tersebut, yaitu bisa dipecaya dan layak ditiru, adalah modal utama bagi siapa saja yang ingin berkepribadian unggul.

Sebagai guru yang bertanggung jawab, tentu tidak ingin apa yang dilakukannya terkait dengan proses pembelajaran mengalami kegagalan.

Meskipun kita tidak menutup mata, masih ada juga guru yang mempunyai kepribadian yang tidak bisa dipercaya dan tidak bisa untuk dijadikan contoh atau teladan tingkah lakunya.

Ada tiga modal uatama yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar mempunyai kepribadian yang layak ditiru dan dicintai oleh peserta didiknya:

  • Sesuainya kata dan perbuatan;
  • Menyadari kedudukannyasebagai seorang guru; dan
  • Terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

5. Bersikap Kasih Sayang

Seorang guru yang ingin dicintai oleh anak didiknya harus bisa memberikan kasih sayang kepada mereka. Kasih sayang ini besar pengruhnya dalam rangka mewujudkan keberhasilan peserta didik dalam menguasai standar kompetensi mata pelajarannya ketika proses pembelajaran.

Sikap seorang guru yang penuh dengan kasih sayang bisa menjadikan semangat tersendiri ketika ia menjalankan tugasnya sebagai guru yang profesional.

Ada tiga modal yang dapat dijadikan bahan pemikiran agar seorang guru dapat memberikan kasih sayang secara penuh kepada peserta didiknya:

  • Kasih sayang = membangkitkan semangat;
  • Tanpa kasih sayang = mendidik dengan kekerasan; dan
  • Belajar dengan kasih sayang = berkesan sepanjang zaman;

6. Sabar dalam Mengajar

Seorang guru yang dicintai oleh anak didiknya adalah yang sabar dalam menghadapi mereka pada saat proses pembelajaran. Kesabaran seorang guru akan membuat peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

Kesabaran guru juga membuat peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk lebih memahami pelajaran yang dihadapinya. Inilah kunci yang sangat penting dalam meraih keberhasilan di dunia pendidikan, utamanya di lembaga sekolah.

Menurut kamus bahasa Indonesia, sabar mempunyai dua makna, yaitu (1) tahan menghadapi cobaan; (2) tenang, tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu.

Berangkat dari pemahaman kata sabar, seorang guru yang ingin beesikap sabar dalam mengajar dapat melakukan dua hal penting sebgai berikut:

  • Tahan dalam segala keadaan;
  • Tenang dan tidak tergesa-gesa;

Demikian tips menjadi guru favorit. Perlu diingat kembali bahwa motivasi dan kecintaan seseorang untuk menjadi guru adalah dasar bagi seorang guru akan sukses dan dicintai oleh murid-muridnya atau tidak.

Motivasi dan kecintaan ini harus terpancang sejak awal seseorang menekuni profesi sebagai guru atau bisa pula baru terbangunkan setelah seseorang menjalani profesi ini sekian waktu. Dijaga agar seorang tetap bersemangat menghadapi anak didiknya dalam proses pembelajaran. (mfs)

Apakah anda masih terkendala dengan pembuatan laporan karya inovatif untuk di ajukan kenaikan pangkat?
Atau ingin mendapatkan angka kredit dari pembuatan laporan karya inovatif dari video pembelajaran?

Anda dapat memecahkan masalah tersebut dengan mengikuti ” BIMTEK Membuat Laporan Karya Inovatif Video Pembelajaran Untuk Kenaikan Pangkat yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25-28 Mei 2022 pukul 19.30 WIB melalui Zoom Meeting dan Telegram.

Klik di sini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Berita ini 69 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 10:01 WIB

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!

Berita Terbaru