Home / News / Seminar Guru

Selasa, 21 Juni 2022 - 07:38 WIB

Segera Daftar! Seminar Nasional Gratis : Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan

Seminar Nasional Gratis – Dalam rangka Tahun Ajaran baru 2022/2023 e-Guru.id mengadakan Seminar Nasional Bersertifikat Gratis 4JP yang akan membahas tentang Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.

Sebelum melanjutkan ke Seminar Nasional Gratis kita bahas sedikit tentang Desain dan Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Desain dan Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka tidak dilaksanakan secara serentak dan masif, hal ini sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum. 

Beberapa program yang mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah adanya program Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) dimana Kemendikburistek pada program tersebut memberikan dukungan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dari dua kegiatan tersebut didapatkan pengalaman yang baik dalam mengimplementasikan KM sehingga menjadi praktik baik dan konten pembelajaran dari IKM pada SP/SMK-PK teridentifikasi dengan baik dan dapat menjadi pembelajaran bagi satuan pendidikan lainnya.

Baca Juga:  Daftar Sekarang Sebelum Kehabisan Bangku Online! Workshop 64 JP Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022

Penyediaan dukungan IKM yang diberikan oleh Kemendikburistek adalah bagaimana Kemendikbud Ristek memberikan dukungan pembelajaran IKM secara mandiri dan dukungan pendataan IKM jalur mandiri, dari dukungan tersebut akan mendapatkan calon satuan pendidikan yang terdata berminat dan akan memperoleh pendampingan pembelajaran untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka jalur mandiri, sehingga Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta aktor lain dapat mengadakan kegiatan berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka dalam bentuk seminar maupun lokakarya secara mandiri.

Hasil pendataan yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek memperoleh data kesiapan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka jalur mandiri, satuan pendidikan akan memperoleh dukungan yang baik dari Kemendikbud Ristek dalam menjalankan IKM jalur mandiri. Praktik-praktik baik dan konten pembelajaran dari Kurikulum Merdeka jalur mandiri teridentifikasi dengan jelas sehingga menjadi fokus pada pendampingan oleh Kemendikbud Ristek.

Baca Juga:  Cara Koreksi Jawaban Ujian Siswa Super Cepat dan Otomatis dengan Aplikasi Evalbee

SP/SMK-PK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dapat saling memberikan praktik baik dan pembelajaran, saling berbagi praktik baik sehingga terbentuk jejaring dukungan antar guru dan tenaga kependidikan untuk berbagi konten pembelajaran dan praktik baik Kurikulum Merdeka secara luas, komunitas yang berkembang mendukung ekosistem yang siap menerapkan Kurikulum Merdeka secara nasional pada tahun 2024 yang secara masif.

Halaman Selanjutnya

Seminar Nasional Gratis dan Cara Mendaftar

Share :

Baca Juga

News

Serdik PPG Prajabatan Dapat Dijadikan Syarat Seleksi PPPK

Advertorial

Daftar Sekarang! Pelatihan Bersertifikat 32 JP “Memahami Gaya Belajar Siswa dan Implementasi dalam Pembelajaran”

News

Guru Penggerak Untuk Pengembangan Pendidikan: Guru Profesional Wajib Tahu!

News

Manfaat Book Creator Untuk Membuat E-Modul Interaktif dan Menarik

News

Penting Diketahui Guru! Pendidikan Indonesia Telah Mendapat Bantuan Senilai 2,7 Miliyar Dari China

News

Begini Alur Pendaftaran CPNS dan PPPK 2022 bagi Guru

News

Syarat Agar Guru Mendapatkan Dana BOS dan BOP Kesetaraan
sistem pembelajaran jarak jauh

News

Manfaat Podcast untuk Pembelajaran dan Panduan Membuatanya