Home / News / Pelatihan Guru

Jumat, 5 Agustus 2022 - 07:45 WIB

Segera Daftar! Diklat 35JP : Praktik Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Diklat 35JP – Dalam rangka membantu penerapan Kurikulum Merdeka dan memahami cara penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka, e-Guru.id akan menyelenggarakan Diklat 35JP : Praktik Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka.

Konsep Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.

Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Baca Juga:  Mengenal Platform ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

Upaya pemerintah mempersiapkan Kurikulum Merdeka, antara lain dengan menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

Di dalam perencanaan pembelajaran, guru juga memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik.

Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul Ajar di Kurikulum Merdeka 2022 merupakan pengganti RPP di Kurikulum 2013. Sehingga keberadaannya sangat penting dalam pembelajaran dalam kurikulum merdeka.

Baca Juga:  Membuat Carousel di Instagram untuk Materi Pembelajaran yang Menarik

Sebagaimana diketahui bahwa Kurikulum Merdeka biasa disebut juga dengan Kurikulum 2022 atau sebelumnya juga disebut dengan Kurikulum Prototype. Seluruh guru yang sekolahnya termasuk sekolah penggerak, harus mengetahui cara untuk membuat modul ajar Kurikulum Merdeka tahun 2022. Yang akan mulai di terapkan secara diseluruh sekolah mulai tahun ajaran ini.

Diketahui bahwa modul ajar Kurikulum Merdeka sebagai RPP Kurikulum 2013 yang diperuntukkan sebagai sarana media atau metode, petunjuk guna merancang pembelajaran agar sistematis. Untuk modul ajar sendiri terdiri dari komponen utama yakni, kompetensi umum, kompetensi inti, dan lampiran.

Halaman Selanjutnya

Langkah – langkah Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Share :

Baca Juga

News

Segera Daftar Diklat Nasional Bersertifikat 64 JP: Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Projek
pelatihan akm

News

Ribuan Peserta Tetap Antusias Ikuti Sesi Kedua Diklat Literasi yang Digelar e-Guru
pts

News

5 Kelebihan Belajar Online dengan Aplikasi Diskuis
pembelajaran di masa pandemi covid 19

News

Wajib Paham! Strategi Pembelajaran dan Organisasi Kurikulum Operasional

News

Pengumuman Seleksi Akademik PPG Ditunda! Ini Penjelasan Kemdikbud

News

Aktivitas Sederhana untuk Melatih Fokus Siswa

News

Nasib Guru Honorer Sekolah Negeri, Swasta maupun Fresh Graduate di Tahun 2022/2023 Setelah Resmi Penghapusan

News

Link Download Aplikasi Serta Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik Versi 2023