Home / News

Selasa, 24 Januari 2023 - 21:09 WIB

Proses Sertifikasi Guru Jadi Lebih Mudah Jika Miliki Ini

Perlu untuk diketahui bahwasannya sertifikasi guru pada tahun 2023 ini dapat dipastikan akan diberikan kepada sejumlah guru, namun tidak semua guru berhak mendapatkannya.

Guru yang berhak untuk memperoleh tunjangan sertifikasi guru 2023 yaitu guru yang telah memenuhi rangkaian persyaratan yang diberikan oleh Kemendikbud.

Pada tahun 2023 ini proses sertifikasi guru dalam kategori tertentu akan lebih dipermudah, hal ini sesuai dengan peraturan yang ada pada Permendikbud No 54 tahun 2022 tentang tata cara sertifikasi guru.

Terdapat guru kategori tertentu yang hanya perlu mengikuti uji pengetahuan berupa tes tertulis di dalam memperoleh status sertifikasi guru dari peraturan mengenai PPG Daljab tersebut.

Adapun kategori guru yang dimaksud di sini yaitu guru yang telah mempunyai sertifikasi guru penggerak.

Sebelumnya perlu untuk diketahui bahwasannya untuk lulus dari program PPG dalam jabatan dan memperoleh status guru sertifikasi, guru harus melewati serangkaian program dalam PPG dalam jabatan.

Sesuai yang ada pada pasal 15 Permendikbud tersebut, terdapat beban belajar sebanyak 36 SKS untuk guru atau mahasiswa PPG dalam jabatan.

Sebanyak 36 SKS wajib dipenuhi oleh guru untuk bisa mengikuti rangkaian uji komprehensif, praktik pengalaman lapangan sampai dengan uji kompetensi berupa uji pengetahuan dan uji kinerja.

Baca Juga:  Membuat Carousel di Instagram untuk Materi Pembelajaran yang Menarik

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi beban belajar sebanyak 36 SKS yaitu dengan melalui pembelajaran program studi PPG dalam jabatan dan rekognisi pembelajaran lampau atau SKS kesetaraan.

Pada poin rekognisi pembelajaran lampai (RPL) guru penggerak diberikan SKS setara dengan 36 SKS sehingga tidak perlu lagi untuk mengikuti pembelajaran program studi PPG dalam jabatan.

Hal tersebut semakin diperjelas di dalam Permendikbud pasal 24 ayat 1 yang menyebutkan bahwa seorang guru penggerak tidak menempuh pembelajaran berupa:

  • Pendalaman materi
  • Praktik pengalaman lapangan
  • Pengembangan perangkat pembelajaran

Selain hal itu, guru penggerak juga dibebaskan mengikuti rangkaian uji komprehensif. Uji komprehensif sendiri merupakan tes yang diselenggarakan oleh pihak Lembaga Pendidikan Ketenaga Pendidikan (LPTK) PPG dalam jabatan.

Hasil dari uji komprehensif ini akan dijadikan sebagai prasyarat mengikuti pengalaman praktik lapangan.

Meskipun guru penggerak dibebaskan dari beban belajar sebanyak 36 SKS dan uji komprehensif, akan tetapi diberikan kewajiban untuk melaporkan tugas yang telah dibuat ketika mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, guru penggerak juga diwajibkan

Share :

Baca Juga

News

Melalui Perpres Terbaru, ASN dengan Kategori Ini Diberikan Tunjangan Setiap Bulannya!
pelatihan menulis guru

News

Perbedaan Literasi Numerasi dengan Matematika

News

Guru Wajib Tahu! Mekanisme Seleksi PPPK Guru Tahun 2022 Sesuai Paparan Kemendikbud Ristek

News

Guru BK Miliki Peran Sentral dalam Kurikulum Merdeka!

News

Pahami Beberapa Hal Ini Sebelum Membuat Diktat untuk Kenaikan Pangkat!
https://naikpangkat.com/seminar-gratis-b…-sebelum-ditutup/

News

Gawat! Guru Dengan Ketegori Ini Dihentikan Pencairan Tunjangan Sertifikasinya Oleh Kemendikbud dan Pemerintah Daerah

News

Sekolah Negeri yang Mengangkat Guru Honorer Akan Dapat Sanksi
kenali e-learning

News

Definisi Pembelajaran Kooperatif dan Mekanisme Pelaksanaannya