Peran Strategis Guru dalam Penerapan Merdeka Belajar

- Editor

Senin, 23 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penerapan Merdeka Belajar – Guru merupakan profesi mulia dan memiliki beban tugas untuk membentuk peserta didik yang berkualitas sehingga nantinya Indonesia memiliki banyak SDM unggul. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan baru dengan menerapkan merdeka belajar di satuan pendidikan.

Pemberlakuan merdeka belajar dianggap tepat untuk menghadapi tantangan dan persaingan global yang semakin berat. Merdeka belajar merupakan permulaan untuk memperbaiki sistem pendidikan Indonesia yang terkesan monoton. Penerapan merdeka belajar juga dilatarbelakangi oleh keluhan dari orang tua yangmana peserta didik selalu dipatok dengan nilai-nilai tertentu.

Pemberlakuan merdeka belajar bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermoral, cerdas, dan berdaya saing global. Selain itu, penerapan merdeka belajar juga bertujuan untuk menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang unggul dan berdaya saing di berbagai bidang.

Merdeka belajar merupakan kebijakan pemerintah yang berfokus pada suasana belajar yang menyenangkan di sekolah, baik bagi peserta didik maupun guru.

Konsep Merdeka Belajar

Merdeka belajar bermakna pemberian kesempatan belajar yang bebas dan nyaman bagi peserta didik tanpa adanya tekanan dan stress dengan memperhatikan bakat yang dimiliki peserta didik. Dengan demikian, mereka akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Memberikan beban kepada peserta didik diluar batas kemampuannya merupakan tindakan yang berlawanan dengan semangat merdeka belajar. Rasa aman harus diciptakan di seluruh komponen yang terlibat dalam proses penyelenggaraan pendidikan, baik di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat.

Selain memberikan kebebasan belajar bagi peserta didik, penerapan merdeka belajar juga memberikan kebebasan bagi guru. Merdeka belajar memberikan ruang seluas-luasnya bagi guru untuk berinovasi agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan menyenangkan.

Dengan demikian, guru tidak lagi tertekan dengan beban administrasi belajar yang berat, seperti pembuatan RPP yang rumit dan kompleks.

Dengan diterapkannya merdeka belajar, RPP disederhanakan menjadi 3 komponen, yaitu: 1) tujuan pembelajaran, 2) langkah-langkah pembelajaran, serta 3) asesmen. Dalam hal ini, guru dituntut untuk membuat RPP yang lebih efektif dan efisien dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik.

Penerapan program merdeka belajar memiliki empat pokok kebijakan, yaitu: 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), 2) Ujian Nasional (UN), 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP), dan 4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi. 

Peran Guru dalam Penerapan Merdeka Belajar:

1. Mendorong Pengembangan Bakat Peserta Didik

Dalam pelaksanaan merdeka belajar, peserta didik dapat mengembangkan bakat yang dimiliki tanpa adanya paksaan dan tekanan. Sedangkan guru dapat berperan untuk memperhatikan bakat yang dimiliki oleh peserta didik.

Dalam hal ini, peran guru selaras dengan tujuan merdeka belajar, yaitu menciptakan generasi muda yang unggul di masa mendatang.

2. Terus Melakukan Pengembangan Diri Secara Aktif

Dalam penerapan merdeka belajar, guru tidak harus berkutat dengan RPP yang terkesan rumit dan guru tidak harus terikat dengan aturan administratif yang kaku. Merdeka belajar memberikan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki untuk menciptakan pengajaran yang efektif dan inovatif agar nantinya lulusan yang dihasilkan oleh sekolah dapat bersaing di dunia luar.

3. Mengajar dengan Kreatif dan Inovatif

Guru yang baik diharapkan mampu mengajar dengan kreatif dan inovatif, seperti penggunaan metode dan model pembelajaran yang sesuai agar peserta didik tidak merasa jenuh saat proses belajar berlangsung.

4. Melatih dan Memotivasi Guru Lain

Seorang guru dituntut untuk terus belajar agar dapat memberikan pengajaran sesuai dengan tuntutan zaman. Seorang guru diharapkan mampu membantu guru lain dalam proses belajarnya. Misalnya, seorang guru dapat melatih guru lain untuk membuat power point yang menarik sehingga pelajaran tidak terasa membosankan.

5. Menjadi Teladan dan Agen Perubahan

Seorang guru diharapkan dapat menjadi teladan bagi peserta didik atau bahkan bagi guru-guru yang lain. Seorang guru juga diharapkan menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan menuju kearah pendidikan yang lebih baik.

Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

Tingkatkan literasi guru dengan join channel telegram:

https://t.me/naikpangkatdotcom

Penulis: SM

Berita Terkait

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Berita ini 53 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 10:01 WIB

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Berita Terbaru