Peran Guru PAUD di Era Modern

- Editor

Jumat, 31 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Peran dan tugas dari guru PAUD di era modern yaitu mempersiapkan anak untuk dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Dimana semuanya sudah berbasis teknologi.

Maka dari itu sebagai pendidik harus bisa memberikan karakter yang baik untuk anak. Tentunya agar tetap memiliki sopan santun dalam bermasyarakat di era modern.

Seperti yang kita ketahui bahwa zaman now ini, anak lebih mudah mengakses semua informasi di internet. Artinya sangat besar kemungkinan anak-anak akan terpengaruh oleh hal-hal negatif yang dihasilkan dari internet itu sendiri.

Peran Guru dalam Pembentukan Karakter

Salah satu tugas guru adalah membentuk karakter anak. Hal demikian berkaitan dengan budaya-budaya luar yang mudah diakses melalui internet. Anak zaman now tentunya sangat akrab dengan teknologi, karena memang mereka lahir dari era perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Lalu, apa saja peran guru atau pendidik zaman now yang bisa sesuai dengan karakter anak zaman sekarang? Simak ulasan berikut ini.

Peran Guru PAUD dalam Berinteraksi

Dapat berinteraksi dengan anak dalam berbagai bentuk perhatian, baik interaksi dalam dunia nyata maupun virtual, kemudian interaksi dengan percakapan atau tingka laku. Guru harus memvariasikan interaksi lisan, seperti dalam memberikan perintah, dan bercakap-cakap dengan anak.

Atau yang bersifat nonverbal yang tepat seperti memberi senyuman, sentuhan, pelukan, memegang dengan mengadakan kontak mata, dan berlutut atau duduk setingkat dengan anak sehingga membawa kehangatan dan rasa hormat.

Peran Guru PAUD dalam Pengasuhan

Pendidik anak usia dini menganjurkan untuk mengasuh dengan sentuhan kasih sayang. Pengasuhan saling mempengaruhi seperti pelukan, getaran, saling ngemong, dan menggendong adalah untuk kebutuhan perkembangan fisik dan psikologis anak.

Kontak fisik melalui bermain, memberikan perhatian dan pengajaran adalah penting dalam mendorong perkembangan fisik, kesehatan emosional, dan kasih sayang untuk guru.

Memelihara interaksi membantu anak untuk mengembangkan gambaran diri positif dab konsep diri seperti pengalaman hormat mereka dan ikut sertanya kontak fisik dengan guru. Memberikan perhatian dengan penuh kasih sayang dan menambah sentuhan keduanya yaitu perkembangan emosi dan kognitif.

Peran Guru PAUD dalam Memberikan Fasilitas

Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk bermain imajinatif, mengekspresikan diri, menemukan masalah, menyelidiki jalan alternatif, dan menemukan penemuan baru untuk mempertinggi perkembangan kreativitas. Untuk itu guru perlu memfasilitasi dengan memberikan berbagai kegiatan dan lingkungan belajar yang fleksibel serta berbagai sumber belajar.

Kesempatan yang diberikan dapat mendorong timbulnya ekspresi diri anak. Guru dapat memberikan dorongan pada anak untuk memilih aktivitasnya sendiri, menemukan berbagai hal alternatif, dan untuk menciptakan objek atau ide baru yang memudahkan perkembangan kemampuan berpikir berbeda, dan penanganan masalah yang orisinil.

Peran Guru PAUD dalam Perencanaan

Para guru perlu merencanakan kebutuhan anak-anak untuk ativitas mereka, perhatian, stimulasi, dan kesuksesan melalui keseimbangan dan kesatupaduan di dalam kelas dan melalui implementasi desain kegiatan yang terencana. Guru juga merencanakan kegiatan rutin beserta peralihannya.

Anak-anak harus dapat berpindah secara efektif dari satu area ke area yang lain secara aman, tidak terburu-buru, di dalam kelompok maupun individual, sampai mereka telah siap. Guru dapat mempersiapkan aktivitas dan menciptakan suasana yang dapat menstimulasi anak dan membantu mereka memilih aktivitas atau mainan yang tepat.

Guru PAUD juga harus fleksibel dan dalam menggunakan aktivitas alternatif tergantung pada perubahan kondisi, perbedaan ketertarikan pada anak, dan situasi yang luar biasa.

Peran Guru PAUD dalam Pembelajaran

Guru terbaik bagi anak usia dini melakukan dan mengembangan pembelajaran yang berkelanjutan. Pendidik PAUD harus menyadari bahwa awal mula pengalaman pendidikan memberikan pondasi untuk menjadi guru yang peduli dan berkompeten.

Pendidik yang melaksanakan reflektif menggambarkan mengajar sebagai suatu perjalanan–perjalanan yang meningkatkan pengertian diri, sementara itu juga meningkatkan sensitivitas dan pengetahuan terbaik anak tentang bagaimana memfasilitasi belajar.

Dalam hal ini guru harus mengerti bahwa saat mereka mengajar juga diajarkan; saat mereka membantu orang lain untuk berkembang mereka juga membuat diri mereka sendiri berubah.

Hal yang Perlu Diingat

Sebagai guru harus aktif dan kreatif dalam memberikan informasi kepada anak. Sehingga dalam proses belajar, anak merasa senang. Tentunya guru juga harus memperhatikan keterbutuhan anak-anak zaman now.

Hendaknya, guru tidak menggunakan variasi pembelajaran dengan metode klasik. Dengan demikian guru PAUD dapat merumuskan, merancang, dan melaksanakan pembelajaran yang kekinian.

Tingkatkan kualitas dan kompetensi guru dengan bergabung bersama e Guru Id dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi
Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April
Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!
Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!
Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN
Kabar Buruk Guru Sertifikasi TK, SD, SMP, SMA/SMK, Kode Status Info GTK-nya Berubah!
Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024
Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang
Berita ini 242 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 11:42 WIB

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Rabu, 24 April 2024 - 11:00 WIB

Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April

Rabu, 24 April 2024 - 10:17 WIB

Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!

Senin, 22 April 2024 - 11:41 WIB

Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN

Senin, 22 April 2024 - 10:37 WIB

Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 10:37 WIB

Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang

Jumat, 19 April 2024 - 11:57 WIB

BKN Terbitkan Siaran Pers Tentang Tidak Ada Pendataan Non ASN 2024 dan Tidak Lanjut Hasil Pendataan Non ASN

Berita Terbaru