Penting Diketahui Guru! Jenis Permainan Edukasi Ini Cocok Digunakan Sebagai Media Pembelajaran

- Editor

Minggu, 3 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pada era sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satu teknologi yang sudah digunakan pada generasi milenial ini yakni smartphone. Smartphone tidak hanya dapat digunakan untuk alat komunikasi dan alat kerja namun juga dapat digunakan untuk menonton atau bermain game terutama bagi anak-anak.

Penggunaan smartphone bagi anak-anak perlu adanya pemantauan dan bimbingan dari guru dan orang tua, agar anak dapat terarah dan tidak kecanduan penggunaan smartphone yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mendidik anak-anak melalui smartphone yakni salah satunya dengan mengarahkan anak untuk bermain game yang tidak hanya sekedar menghibur tetapi juga dapat mengedukasi. Dengan game edukasi tersebut maka dapat mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

Ada beberapa aplikasi permainan edukasi berbasis android yang dapat digunakan sebagai permainan edukasi anak. Berikut merupakan permainan edukasi yang dapat diunduh dan dimainkan di smartphone berbasis Android yakni:

1. Duolingo

Duolingo merupakan sebuah permainan edukasi yang dapat digunakan untuk mengajarkan anak belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi game edukasi Duolingo ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, teapi juga ada 30 bahasa asing lainnya seperti bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang dan sebagainya. Selain itu tampilan aplikasi Duolingo juga sangat menarik sehingga dapat memotivasi anak untuk belajar bahasa asing.

2. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids merupakan sebuah permainan edukasi anak yang mencakup berbagai kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak.

Dalam permainan game edukasi anak Khan Academy Kids ini, anak-anak dapat belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah serta pengembangan motorik yang dikemas secara menarik sehingga anak dapat menikmati proses bermain sambil belajar.

3. Quick Brain

Quick Brain merupakan game edukasi yang dapat digunakan untuk mengasah kecepatan otak dalam memproses suatu perhitungan. Aplikasi Quick Brain ini sangat cocok untuk anak yang suka matematika. Melalui aplikasi ini maka dapat mempertajam kemampuan berhitung dengan pemberian batas waktu untuk menyelesaikan seitap soal, sehingga dengan demikian anak dapat terlatih untuk berpikir kritis dan cepat.

4. Coloring & Learn

Coloring & Learn merupakan sebuah game edukasi yang dapat digunakan untuk kegiatan mewarnai. Aplikasi Coloring & Learn ini berfungsi untuk mengembangkan kemampuan motoric sebagai media berekspresi, ketangkasan tangan dan melatih konsentrasi.

Dengan permainan edukasi pada aplikasi ini maka anak dapat mengetahui jenis hewan, kendaraan, alfabet, angka, dinosaurus, dan sebagainya. Selain itu anak juga dapat mengenal warna dan pengetahuan umum lainnya.

5. Block! Hexa Puzzle

Block! Hexa Puzzle merupakan sebuah game edukasi yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar anak. Untuk memainkan game ini sangat mudah yakni dengan menempatkan potongan-potongan balok warna-warni kedalam suatu bentuk.

Tantangannya yang ada pada game edukasi ini yakni setiap potongan balok tersebut tidak bisa dirotasi untuk disesuaikan sehingga dengan demikian game ini membutuhkan ketepatan berpikir sehingga sangat edukatif untuk kegiatan permainan anak.

6. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle merupakan sebuah game edukasi yang dirancang untuk anak-anak untuk bermain bersama. Pada game ini terdapat 4 kategori mini game yang terdiri dari mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar dan teka-teki jigsaw.

Setiap mini-game tersebut akan menantang anak untuk menemukan dan memanipulasi bentuk, memecahkan teka-teki gambar, serta mengenali bagaimana bentuk yang ada pada permainan tersebut sesuai dengan gambar yang lebih besar. Keenam game edukasi tersebut sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus ice breaking pada kegiatan pembelajaran di sekolah.

Agar dapat mengembangkan game interaktif untuk pembelajaran, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “ Pengembangan Game Interaktif untuk Pembelajaran ( Integrasi Canva dan Quizizz) ” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru