Home / News

Rabu, 29 Juni 2022 - 09:45 WIB

Pengertian NPSN dan Apa Bedanya dengan NISN?

Pengertian NPSN – Selain mengajar dan membersamai perkembangan peserta didik, sebagai guru Anda juga wajib memiliki pemahaman untuk mengenali NPSN. Hal ini penting mengingat tidak selamanya Anda akan menjadi seorang guru.

Bisa saja Anda berlaih profesi menjadi seorang yang ahli dalam menilai pendidikan misalnya seperti supervisor dan instruktur pendidikan. Atau bisa saja Anda akan naik jabatan dan dibutuhkan untuk bertanggung jawab dalam dunia administrasi pendidikan.

Pengertian NPSN sendiri merupakan kepanjangan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional. Sekolah yang mempunyai NPSN otomatis akan didaftarkan dan masuk dalam data referensi yang telah dikelola resmi oleh Kemendikbud.

Bagi sekolah, NPSN adalah pedoman maupun tanda pengenal yang ditentukan oleh PDSP (Pusat Data Statistika Pendidikan) dan telah diberikan pada satuan pendidikan dengan bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten di kota masing – masing.

Biasanya, setiap NPSN akan bersifat unik karena dijadikan tanda pengenal secara khusus berdasar PDSPK. Melansir dari sdm.data.kemdikbud.go.id biasanya NPSN berisikan 8 digit kode. Kode tersebutlah yang akan membedakan antara satu dan yang lainnya. Misal jenjang SD dan SMP akan memiliki perbedaan.

Baca Juga:  Sudah Waktunya Digitalisasi Dokumen Sekolah

Sebelum terbit singkatan NPSN, awalnya sudah diterbitkan penomoran dengan NIS. Penggunaan NIS di setiap kota sebelumnya telah memiliki sisi perbedaan dalam fromatnya dari satu kota ke kota lainnya.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kebocoran data, kesamaan maupun data PDSPK yang malah terganggu. Jika datanya kacau, maka yang terjadi yakni akan merusak data pada sistem penggajian, pendaftaran maupun penilaian lainnya.

NPSN dikembangkan berdasar keputusan Permendikbud di Nomor 99 pada tahun 2013 terkait pola tata kelola teknologi informasi serta komunikasi di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Selain itu juga menggunakan dasar peraturan Kemendkbud No.2 Tahun 2011 yang berisikan tentang kegiatan pada pengelolaan data pendidikan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

NPSN ini juga disesuaikan dengan kebijakan dari adanya surat keputusan Kalitbang Diknas terkait nomor pokoksekolah nasional yang sudah terpilih menjadi nomor unik satuan pendidikan.

Perbedaan NPSN dan NISN

Perbedaan keduanya sangat jelas terletak di jenis dan fungsi. Jenis NPSN adalah kode rahasia dan standar yang dimiliki oleh para pendidik.

Halaman Selanjutnya

Sedangkan NISN merupakan…

Share :

Baca Juga

News

Langkah Menggunakan Google Form untuk Tes Online

News

Apa fungsi Kurikulum Pendidikan Sebenarnya?
Menjadi Guru yang dapat Mengembangkan Potensi Siswa

News

Meningkatkan Kualitas Mendidik dan Assesment Perkembangan Anak Satuan PAUD

News

Ospek UNTIRTA: Orentasi Zaman Sekarang Masih Ada Begini?

News

Titik Terang Mengenai Aturan Tunjangan Guru Terbaru dari Kemdikbud dan Kemenkeu

News

RPP Tidak Lagi Diwajibkan di Kurikulum 2022, Ini Penggantinya

News

Segera Daftar Pelatihan Bersertifikat 32 JP: Pembelajaran Berdiferensiasi untik Memenuhi Kebutuhan Murid dalam Merdeka Belajar

News

Naskah Pidato Mendikbud Ristek Pada Hari Guru Nasional Tahun 2022, Singgung Inovasi Merdeka Belajar