Home / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 5 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Pembuatan Presentasi Interaktif sebagai Pembelajaran Kreatif

Presentasi Interaktif –  Sebelum memulai membuat PPT interaktif,  ketahui dulu apa itu PPT interaktif. Sederhananya, PPT adalah produk yang dapat dibuat menggunakan alat pembuatan presentasi (dalam hal ini Powerpoint). Keluaran dari desain presentasi PowerPoint ini adalah PPT.

PowerPoint sendiri merupakan aplikasi yang dapat guru gunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk slide presentasi interaktif, sehingga memungkinkan guru untuk melihat materi secara lebih efektif dan professional

PowerPoint merupakan program presentasi milik Microsoft, paket penjualannya masuk dalam paket Microsoft Office bersama dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Baca Juga:  Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Meskipun pengembangnnya oleh Microsoft, PowerPoint tak hanya terbatas untuk sistem operasi Windows saja. Bagi pengguna sistem operasi lain, juga bisa menggunakan Powerpoint ini. Yang mana PowerPoint menjadi salah satu program aplikasi presentasi terbesar dan terbanyak penggunannya.

Kita dapat menggunakan PowerPoint atau aplikasi serupa untuk membuat slide pembelajaran  interaktif. Menurut para ahli, pengertian interaktif bagi diri sendiri: Interaktif berasal dari istilah interaksi. Ini berarti interaksi, hubungan, pengaruh, dan interaksi antar hubungan.

Baca Juga:  Benarkah PPG Prajabatan 2022 Gratis? Simak Penjelasan Kemdikbud!

Oleh karena itu, interaksi dapat terjadi karena kausalitas, yaitu perilaku dan reaksi. Koneksinya ada di slide, jadi apa yang guru lakukan harus bisa membangkitkan aksi dan reaksi. Antara guru sebagai pembuat media pembelajaran dan peserta yang menerima materi.

Singkatnya, slide presentasi interaktif untuk materi interaktif adalah cara untuk menggabungkan beberapa media pembelajaran seperti audio, video, teks, dan grafik saat membuat materi interaktif. Artinya, itu membangkitkan sebab dan akibat.

Halaman Selanjutnya

Langkah Langkah pembuatan slide presentasi interaktif

Share :

Baca Juga

Pelatihan Guru

Pelatihan 84JP : Menciptakan Kelas Merdeka Belajar Dengan MPI

Pelatihan Guru

Computational Thinking dalam Menghadapi Era Merdeka Belajar

Pengembangan Diri

Materi Hari Ketiga Diklat 40JP : Inovasi Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa

Karya Ilmiah

Informasi Fasilitas Diklat 32JP Guru Bisa Menulis

Karya Ilmiah

Kurikulum Merdeka dan Macam KTI Inobel

Karya Inovatif

Daftar Segera! Workshop Gratis 32JP : Pemanfaatan Media Belajar

Karya Inovatif

Unduh Materi Hari Pertama Pelatihan 32JP Media Pembelejaran Interaktif
Juknis PPG Dalam Jabatan

News

Resmi Download File Juknis PPG Dalam Jabatan Tahun 2022! Capaian Pembelajaran, Beban Belajar dan Pelaksanaan PPG