Home / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Rabu, 27 Juli 2022 - 00:01 WIB

Pembelajaran Berdiferensiasi, Manfaat untuk Guru dan Siswa

Pembelajaran Berdiferensiasi – Menurut Ki Hajar Dewantara, salah satu misi dan fungsi pendidikan formal dan informal adalah memberikan pengetahuan dan membantu siswa memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda untuk mempersiapkan masa depan.

Sedangkan menurut Tomlinson, Pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dengan kebutuhan belajar individu setiap siswa.

Pemahaman di atas tidak berarti bahwa setiap guru perlu mengajar 23 siswa secara individu, juga tidak mengelompokkan siswa yang cerdas dan yang kurang cerdas. Guru dapat membuat kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang jelas baik bagi guru maupun siswa, bagaimana guru merespon atau merespon kebutuhan belajarnya, dan bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk belajar, manajemen kelas yang efektif,dan penilaian berkelanjutan.

Baca Juga:  Download Materi Diklat Gratis Pertemuan Ke-7 Implementasi Inovasi Pembelajaran melalui Platform Diklat Online

kebutuhan belajar murid berdasarkan 3 aspek antara lain kesiapan belajar,minat murid,dan profil belajar murid. Tentu sebagai seorang guru, guru tahu bahwa tugas yang diberikan dapat meningkatkan kinerja siswa jika sesuai dengan keterampilan dan pengetahuan sebelumnya (kesiapan belajar).

Baca Juga:  Jenis Karya Tulis Untuk Menunjang Profesionalisme Guru

Ketika tugas-tugas ini membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan siswa (minat), tugas yang ditetapkan oleh guru memberi siswa kesempatan untuk bekerja dan belajar dengan cara yang sesuai dengan mereka (profil belajar)

Kesiapan belajar adalah kemampuan untuk mengajarkan materi baru kepada siswa, seperti tugas-tugas yang memperhitungkan tingkat persiapan siswa, tetapi dengan lingkungan belajar yang tepat dan dukungan yang tepat, siswa dapat menguasai materi baru tersebut.

Halaman Selanjutnya

Tujuan pembelajaran berbasis minat

Share :

Baca Juga

Karya Ilmiah

Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru
Growth mindset dan Fixed mindset

Edutainment

5 Cara Jitu Agar Suka Menulis bagi Seorang Guru
prinsip penilaian kurikulum 2013

Pengembangan Diri

Prinsip Penilaian yang Wajib Dipahami Guru Berdasarkan Kurikulum 2013

Pengembangan Diri

Segera Dimulai! Seminar Nasional : Transformasi Pendidikan Digital

Pelatihan Guru

Tips Kecanduan Gadget pada Anak? Begini Caranya!

Karya Ilmiah

Pentingnya Ketrampilan Menulis Bagi Guru Untuk Naik Pangkat

Pelatihan Guru

Mengatasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Optimasi WhatsApp sebagai Sarana Belajar
Guru Matematika

Pelatihan Guru

Mengenal Metode Mengajar Matematika Realistik untuk Anak SD