Home / News

Kamis, 25 Maret 2021 - 11:19 WIB

Pahami Excel, Jalani Tugas Guru sebagai Penilai Jadi Lebih Mudah

Penilaian dengan excel – Salah satu tugas utama seorang guru adalah menjadi penilai. Dan tugas tersebut akan lebih mudah dijalani jika guru bersangkutan memahami fungsi Excel sebagai pengolah nilai siswa.

Guru memang memiliki banyak fungsi sekaligus. Tapi yang pasti, guru harus dapat mengajar dan melakukan transfer ilmu. Di sisi lain, guru juga dituntut dapat memberikan suri tauladan bagi para peserta didik sehingga mampu mencetak generasi yang cerdas serta berakhlak mulia.

Untuk memastikan tujuan tersebut tercapai sesuai dengan harapan, maka perlu dilakukan pengukuran-pengukuran melalui berbagai ujian kompetensi dan lain sebagainya. Dalam kontek ini, guru memiliki peran sebagai penilai.

Tugas sebagai penilai ini pun tidak kalah pentingnya. Guru dituntut mampu membuat instrumen-instrumen penilaian serta menyajikan data dari pengujian tersebut secara tepat.

Beruntung sekali saat ini para guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk mempermudah pekerjaan melakukan penilaian. Salah satu teknologi yang bisa digunakan adalah program Excel, sebuah perangkat lunak yang dapat dipasang hampir di seluruh komputer.

Excel yang merupakan bagian dari Microsoft Office merupakan perangkat berbasis spreadsheet yang bisa digunakan untuk mengelola data. Guru pun bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengolah data siswa mulai dari penilaian dan lain sebagainya.

Pengelolaan nilai yang masih dilakukan secara manual akan sangat memberatkan. Dalam pengelolaan nilai sudah pasti terdapat tahapan penjumlahan, menemukan rata-rata, melakukan perangkingan, dan lain sebagainya. Pekerjaan itu akan berat jika dilakukan secara manual dengan penjumlahan menggunakan kalkulator dan sejenisnya. Apalagi jika data yang dihadapi dalam jumlah besar. 

Baca Juga:  Kabar Gembira! Kemenag Segera Cairkan Tunjangan Profesi Guru Agama Islam Non-PNS

Ketika guru dapat menggunakan program Excel, pekerjaan pengelolaan nilai akan lebih mudah. Aktivitas penjumlahan, membuat rata-rata, menentukan rangking, dapat dilakukan secara otomatis hanya dengan satu klik yaitu dengan penialain dengan excel.

Hanya saja memang belum banyak guru yang mampu menggunakan program Excel tersebut. Sebab dalam penggunaannya terdapat rumus-rumus tertentu. Misalnya dalam penjumlahan dikenal dengan fungsi SUM dan lain sebagainya.

Namun jika guru mau mendalami penguasaan terhadap Excel, sebenarnya akan membuat tugas guru akan lebih mudah. Sehingga waktu dalam hidupnya tidak habis untuk menjalani pekerjaan saja.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang penggunaan Excel yang berfungsi untuk pengelolaan nilai siswa, dapat dilakukan melalui buku elektronik berikut ini.

Buku tersebut ditulis oleh seorang pakar Excel dan Anda bisa berkonsultasi dengan penulisnya. Secara langsung. Pembahasan yang akan disajikan di antaranya adalah teknik-teknik mudah yang dapat diterapkan ketika guru melakukan pengelolaan nilai dengan excel. Selain itu, guru juga akan diarahkan untuk membuat penilaian yang sesuai dengan kurikulum. Sehingga setelah mempelajari buku tersebut, semua guru dapat menjalankan kegiatan penilaian lebih mudah dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Share :

Baca Juga

News

Download Materi Hari Keempat Bimtek Gratis 40 JP Tentang Bahan Ajar Untuk Kenaikan Pangkat
https://naikpangkat.com/free-pelatihan-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-segera-mudah/

News

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membangun Komunikasi dan Kolaborasi Antara Guru dan Orang Tua!

News

Tidak Ada Pembatalan, Kurikulum Merdeka Mulai Diberlakukan Oleh Sekolah

News

Seleksi PPPK 2022 Tanpa Tes dengan Syarat Minimal Kerja 3 Tahun Justru Bahaya
student centered learning

News

Pentingnya Menumbuhkan Self Awareness Bagi Siswa
tips cegah jenuh mengajar

News

Juknis Pencairan Tunjangan Guru Madrasah Tahun 2022

News

Jadwal Resmi PPPK Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2022

News

Contoh Pengembangan Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila