Meningkatkan Prestasi Siswa Melalui Penumbuhan Rasa Percaya Diri Siswa!

- Editor

Kamis, 7 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Penumbuhan Rasa Percaya Diri Siswa – Percaya diri adalah keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya, sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat bertindak sesuai kehendaknya sendiri.

Percaya diri bagi seseorang sangatlah penting. Apalagi saat ini, dimana semuanya membutuhkan kemampuan ini.

Menurut Lauster, dalam kehidupan manusia, kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting.

Salah satu aspek kepribadian yang berupa keyakinan akan kemampuan diri seseorang sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat bertindak sesuai kehendak, gembira, optimis, cukup toleran, dan bertanggung jawab.

Sikap percaya diri termasuk kedalam sikap kepribadian. Dimana sifat ini tidak diturunkan oleh genetik. Namun, dapat ditumbuhkan melalui penanaman dari orang tua dan pendidikan.

Ketidakpercayaan diri dapat menyebabkan anak sulit mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sulit dalam berkarya dan berkreasi, tetapi juga sulit untuk bergaul dengan teman-temannya, berkomunikasi serta bersosialisasi.

Akibatnya, karena kepercayaan diri yang rendah, maka prestasi belajarnya di sekolah secara langsung maupun tidak langsung menjadi buruk.

Ahli psikologi anak Patricia H. Berne dan Louis M Savary menyatakan bahwa rasa percaya diri seseorang sangat dipengaruhi oleh kemampuan orang tersebut dalam membangun harga diri pada masa kanak-kanaknya.

Hal ini dapat dimengerti karena semasa kanak-kanak rasa harga diri akan membentuk gambaran diri (self image) yang akan terus terbawa hingga dewasa. 

Apabila pada masa kanak-kanak rasa harga diri tidak tumbuh dengan baik, maka gambaran diri diri yang negatif aka merongrong rasa percaya diri dan menghasilkan rasa “minder” pada masa dewasanya.

Sebaliknya apabila rasa percaya diri dapat ditumbuhkan dengan baik pada masa kanak-kanak, maka pada masa dewasanya nanti akan tumbuh rasa percaya diri yang sangat membantu dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anak memiliki sifat ini. Karena dapat ditanamkan, maka guru dapat memberikan stimulus agar anak mempunyai sifat percaya diri dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Hal yang Wajib Guru Lakukan

Setidaknya 2da 12 tips yang dapat guru terapkan dalam upaya penumbuhan rasa percaya diri siswa, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menjadikan diri sebagai model

Walaupun sebagai guru tidak cukup percaya diri untuk menjadi model yang baik, tetapi anak biasanya akan melihat dari contoh terdekatnya.

Melihat gurunya mengoreksi tugas-tugas muridnya  dengan semangat dan melakukan persiapan yang bagus untuk pembelajaran, itu sudah memberikan contoh yang baik untuk anak-anak. 

2. Jangan marah karena kesalahan

Bantu anak-anak melihat bahwa setiap orang membuat kesalahan dan yang penting adalah belajar dari kesalahan itu, bukan terus memikirkannya. Orang yang percaya diri tidak membiarkan rasa takut gagal menghalangi mereka. Bukan karena mereka yakin mereka tidak akan gagal, tetapi karena mereka tahu bagaimana menghadapi kegagalan dengan tenang.

3. Dorong anak-anak untuk mencoba hal-hal baru

Daripada memusatkan seluruh energi mereka pada apa yang sudah mereka kuasai, ada baiknya anak-anak melakukan pengembangan. Mencapai keterampilan baru membuat anak-anak merasa mampu dan percaya diri bahwa mereka dapat mengatasi apa pun yang menghadang mereka.

4. Membiarkan anak-anak gagal

Wajar jika ingin melindungi anak Anda dari kegagalan, tetapi coba-coba adalah cara anak-anak untuk belajar, dan gagal mencapai tujuan membantu anak-anak mengetahui bahwa itu tidak fatal.

Itu juga dapat memacu anak-anak untuk berusaha lebih keras, yang akan bermanfaat bagi mereka sebagai orang dewasa.

5. Memuji ketekunan anak

Belajar untuk tidak menyerah pada saat menghadapi kegagalan adalah keterampilan hidup yang penting. Keyakinan dan harga diri bukan tentang berhasil dalam segala hal sepanjang waktu, tetapi tentang menjadi cukup tangguh untuk terus berusaha, dan tidak tertekan jika Anda bukan yang terbaik.

Tidak apa-apa jika anak gagal, tetap memberikan semangat agar anak mau terus berusaha.

6. Bantu anak-anak menemukan gairah mereka

Menjelajahi minat mereka sendiri dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa identitas, yang penting untuk membangun kepercayaan diri. Tentu saja, melihat bakat mereka tumbuh juga akan meningkatkan harga diri mereka.

7. Tetapkan tujuan

Mengartikulasikan tujuan, besar dan kecil, dan mencapainya membuat anak-anak merasa kuat. Bantu anak-anak mengubah keinginan dan impian menjadi tujuan yang dapat ditindaklanjuti dengan mendorongnya untuk membuat daftar hal-hal yang ingin dia capai.

Kemudian, berlatihlah memecah tujuan jangka panjang menjadi tolok ukur yang realistis. Anda akan memvalidasi minatnya dan membantunya mempelajari keterampilan yang dia perlukan untuk mencapai tujuannya sepanjang hidupnya.

8. Apresiasi usaha

Memuji anak-anak atas prestasi mereka memang bagus, tetapi penting juga untuk memberi tahu mereka bahwa Anda bangga dengan upaya mereka terlepas dari hasilnya. Dibutuhkan kerja keras untuk mengembangkan keterampilan baru, dan hasilnya tidak selalu langsung.

Biarkan anak-anak tahu Anda menghargai pekerjaan yang mereka lakukan, apakah anak itu seorang balita yang sedang menyusun balok atau seorang remaja yang belajar sendiri bermain gitar. Semuanya harus diberikan apresiasi.

9. Sesekali mengandalkan anak

Mereka mungkin saja akan mengeluh, tetapi anak-anak merasa senang dan dihargai ketika mereka diandalkan untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan usia dan kemampuannya.

Guru dapat meminta bantuan anak untuk mengambilkan buku-buku atau barang yang tertinggal di meja.

Atau meminta anak untuk menghapus papan tulis yang kotor. Hal tersebut akan membuat anak merasa bahwa dirinya telah berguna bagi orang lain. 

10. Mengetahui dimana peluang sukses anak 

Tantangan baik untuk anak-anak, tetapi mereka juga harus memiliki peluang di mana mereka dapat yakin untuk menemukan kesuksesan. Bantu anak Anda terlibat dalam aktivitas yang membuatnya merasa nyaman dan cukup percaya diri untuk menghadapi tantangan yang lebih besar.

11. Memberikan pengertian soal ketidaksempurnaan

Sebagai orang dewasa kita tahu kesempurnaan tidak realistis, dan penting bagi anak-anak untuk mendapatkan pesan itu sedini mungkin. Ingatkan mereka bahwa menjadi kurang sempurna adalah manusiawi dan sepenuhnya baik-baik saja.

12. Menunjukkan cinta kita

Biarkan anak tahu bahwa Anda mencintainya apa pun yang terjadi. Menang atau kalah dalam pertandingan besar, nilai bagus atau buruk. Bahkan saat kau marah padanya.

Memastikan anak Anda tahu bahwa Anda pikir dia hebat (dan bukan hanya ketika dia melakukan hal-hal hebat) akan meningkatkan harga dirinya bahkan ketika dia tidak merasa baik tentang dirinya sendiri. Biarkan anak mengetahui, saat dibawah pun, mereka tidak sendiri.

Manfaat Percaya Diri pada Anak

Upaya penumbuhan rasa percaya diri siswa (anak didik) akan memberikan manfaat tersendiri, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Percaya diri dapat mengendalikan dari berbagai hal

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang semakin meningkat maka orang tersebut bisa menyelesaikan berbagai macam hal dengan kemampuan membaca atau melihat sesuatu dengan jernih sehingga masalah akan terselesaikan dan mencapai sebuah keberhasilan.

Setiap kemampuan yang dimiliki oleh seseorang pasti bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun, jika ada seseorang yang belum bisa melihat kemampuan yang ada di dalam dirinya maka suatu masalah tidak bisa diselesaikan sehingga tujuan dari orang tersebut belum tercapai.

2. Percaya diri dapat membuat hidup lebih tenang

Hidup yang dijalani akan terasa menyenangkan dan nyaman jika kita mempunyai rasa percaya diri. Hal ini dikarenakan rasa percaya diri mengajarkan diri sendiri untuk tidak perlu membandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain dan lebih mengutamakan untuk berlatih bersyukur dengan apa yang kita punya.

Rasa bersyukur juga bisa membuat diri sendiri atau lingkungan disekitarnya lebih bisa dinikmati dengan rasa bahagia. Dengan kata lain, percaya diri bisa bermanfaat untuk membuat hidup lebih hidup.

3. Percaya diri dapat membuat hidup lebih yakin

Rasa takut merupakan salah satu penghalang ketika seseorang ingin mengembangkan dirinya. Ketika rasa takut berlebihan sudah mengusai anak, ia ingin berada terus-terusan dalam zona nyaman.

4. Percaya diri dapat meningkatkan prestasi

Semua pengalaman hidup yang dimiliki oleh seseorang yang percaya diri diibaratkan seperti sekolah. Maksudnya, seseorang yang percaya diri akan terus belajar seputar menjalani hidup melalui proses pembentukan dan teladan.

Dengan kata lain, anak bisa berkembang ke arah yang lebih baik dan dapat mengevaluasi semua pengalamannya sehingga mendapatkan pelajaran yang bisa berguna di kemudian hari.

5. Percaya diri dapat membuat anak sehat fisik dan mentalnya

Anak yang memiliki rasa percaya diri secara fisik maupun mental akan memiliki kesehatan yang baik. Karena percaya diri, anak jarang memiliki rasa khawatir berlebihan yang dapat berpengaruh pada kesehatan fisik serta mentalnya.

Meskipun dalam masa bermain, anak juga rentan mengalami stres. Misalnya tekanan lingkungan dan teman sebayanya ketika ia gagal melakukan sesuatu. Karena itu, penumbuhan rasa percaya diri siswa harus selalu dipupuk. (mfs)

Jadilah Guru yang siap dan mampu mendesain Teknologi Pembelajaran yang cocok dan relevan diterapkan di kurikulum merdeka!. Ayo bergabung bersama e-Guru.id dan rancang pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan kekinian!

e-Guru.id yang merupakan suatu platform peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Keuntungan Menjadi Member e-Guru.id

  • Free pelatihan 32jp setiap bulan
  • Tiket VIP SEMNAS 4JP setiap bulan
  • Loka karya 4jp
  • Free E-KTA e-Guru.id
  • Grup member Telegram dan WhatsApp
  • Selalu ada potongan harga untuk member yang mengikuti DIKLAT/BIMTEK/WORKSHOP

Klik disini untuk mendaftar!

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru