Home / Opini

Senin, 5 April 2021 - 02:02 WIB

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring

Motivasi belajar siswa merupakan  hal yang amat penting bagi pencapaian kinerja atau prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, tentu saja menjadi tugas dan kewajiban guru untuk senantiasa dapat  memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswanya.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia.

Motivasi belajar pada siswa saat belajar daring bisa datang dari diri sendiri atau motivasi yang datang dari luar, misalnya lingkungan yang baik, arahan dari guru dan lain sebagianya. Semua itu akan membantu siswa dalam belajar untuk mewujudkan tujuan.

Berikut ini adalah beberapa ide yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring:

Metode Pembelajaran yang Beragam

Penggunaan metode yang beragam dalam pembelajaran daring sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga:  Tips‌ ‌Mengajar‌ ‌di‌ ‌Masa‌ ‌Pandemi‌ ‌Covid-19‌ ‌

Guru dapat memilih metode yang cocok di masa pandemi ini, yang tentunya disesuaikan dengan temanya. Misalnya, Project Based learning, Daring Method, dan masih banyak lagi .

Mengoptimalkan Media 

Guru bisa memanfaatkan media sebagai salah satu cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru dapat memilih media yang menarik bagi siswa. Misalnya mengajar menggunakan video di Youtube. Pembelajaran melalui media membuat siswa bisa mendapatkan hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Kompetisi Online 

Kompetisi atau persaingan yang terjadi selama pembelajaran ternyata bisa menumbuhkan motivasi tersendiri bagi siswa. Melalui kompetisi, mereka akan saling membuktikan bahwa mereka yang terbaik. Dan agar menjadi yang terbaik, siswa dituntut untuk terus belajar. Kondisi inilah yang nantinya bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. 

Baca Juga:  Menyeimbangkan Pendidikan Karakter dan Ilmu Pengetahuan

Penilaian Berkala 

Penilaian merupakan salah satu cara guru untuk mengukur kompetensi siswanya, melalui Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester ( PTS ), maupun Penilaian Akhir Tahun ( PAT ). Dengan begitu, guru bisa mengukur keefektifan pembelajaran yang telah dilakukan. 

Sementara itu di kalangan siswa, dengan mendapatkan nilai yang baik, mereka akan termotivasi dalam belajar yang lebih bersemangat lagi untuk selalu mendapatkan yang terbaik. 

Kreativitas guru dalam memberikan memberikan  motivasi belajar siswa sangat penting terlebih dalam pembelajaran daring. Guru sekaligus diharapkan mampu memperbaiki kebiasaan belajar siswa yang telah berubah karena pandemi Covid-19. 

Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga pembelajaran tatap muka benar-benar segera terwujud. 

Ditulis oleh: Muji, S.Pd

Share :

Baca Juga

Opini

5 Kendala Umum yang Terjadi Selama Pembelajaran di Masa Pandemi
hidup sehat di masa pandemi

Opini

Membiasakan Hidup Sehat di Tahun Kedua Pandemi
koreksi jawaban siswa otomatis

Opini

Literasi Menulis
pembelajaran berhitung

Opini

Upaya Menumbuhkan Kemampuan Anak dalam Berhitung
wajah baru pendidikan pasca pandemi

Opini

Menyambut Wajah Baru Dunia Pendidikan pasca Pandemi
wisata edukasi

Opini

Potensi Wisata Edukasi di JATP di Kulon Progo Yogyakarta
photo of brown candle lantern

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Muhtar Arifin

Opini

Meningkatkan Disiplin Anak dengan Pemberian Hadiah dan Hukuman