Home / News

Jumat, 3 Desember 2021 - 01:00 WIB

Mengenal Media Pembelajaran Audio dan Visual

Jika kita perhatikan, media pembelajaran audio dan visual merupakan media pembelajaran yang paling sering dan banyak digunakan oleh para guru. Hal ini karena selain cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak. 

Proses pembuatan media pembelajaran audio visual di era teknologi seperti sekarang ini juga tergolong mudah. Sehingga tidak akan memberatkan para guru. 

Sebelum mencoba membuat media pembelajaran audio dan visual, apakah Anda sudah paham terkait hal tersebut?  

Media Pembelajaran Audio

Media pembelajaran audio ini berguna ketika akan menyalurkan pesan dalam bentuk audio ke para pendengar. Dan untuk saat ini sudah banyak sekali model dan macamnya. 

Media audio ini sangat erat kaitannya dengan indra pendengar para peserta didik. Sehingga, mereka memang dituntut untuk benar-benar fokus dalam mendengarkan materi yang disajikan.

Jika kita perhatikan dari sifat pesan yang diterima, media ini akan menyampaikan pesannya secara verbal atau lewat bahasa lisan, atau kalimat-kalimat sebagaimana ketika kita berbicara. 

Namun ada juga audio yang non verbal seperti vokalisasi atau bunyi-bunyian. Misal, radio, telefon, lab bahasa, tape recorder, dan lain sebagainya.

Media Pembelajaran Visual

Media pembelajaran visual sendiri adalah media yang sangat mengandalkan indera penglihatan. Untuk materinya sendiri disampaikan lewat visual sebagaimana namanya. 

Media satu ini mempunyai fungsi di antaranya mudah menarik perhatian, kemudian menjelaskan ide yang abstrak sehingga akan membuat audiens atau penonton merasa tertarik untuk memperhatikannya. 

Materi yang disajikan lewat video juga biasanya akan lebih mudah dicerna oleh peserta didik, dan melekat dalam waktu yang lama. 

Baca Juga:  [Info] Begini Dasar Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Media visual ini banyak sekali bentuknya misalnya ilustrasi, foto, gambar pilihan, flashcard, potongan gambar, film bingkai, grafik, OHP, diagram, peta, poster, film rangkai, dan lain sebagainya. 

Dari kedua media pembelajaran yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kelas. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kemampuan dan keterbatasan Anda. 

Jika ingin membuat media pembelajaran audio visual ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi editing yang tersedia. Yang mana, aplikasi-aplikasi editing tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam menciptakan sebuah media pembelajaran, baik yang audio maupun visual.

Dalam proses pembuatannya, selalu disesuaikan dengan materi agar indikator pembelajarannya bisa tercapai. 

Apabila merasa agak bingung, Anda dapat browsing mengenai contoh media pembelajaran audio dan visual. Dengan begitu, Anda akan menemukan konsep untuk mengembangkan media pembelajarannya seperti apa. 

Saat ini contoh media pembelajaran, baik yang audio atau visual sudah bisa dengan mudah Anda akses di internet. 

Demikian sedikit bahasan mengenai media pembelajaran audio dan visual. Semoga bermanfaat.

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Penjelasan BKN Soal Pembukaan Pendaftaran PPPK 2022 di Portal SSCASN yang Tak Kunjung Dibuka, Jadinya Bulan November?
membuat media pembelajaran menarik

News

Bentuk-Bentuk Penilaian Formatif Yang Bisa Dilakukan Oleh Guru Dalam Mendukung Pembelajaran Kurikulum 2022

News

Cara Daftar CPNS Online 2023: Sayang, Guru Tidak Boleh Ikut

News

Kategori Guru ASN yang Dapat 8 Tunjangan di Luar Gaji Pokok, Ada yang 3 Kali Lipat! Anda Termasuk?

News

Guru Wajib Tahu! Keuntungan Kurikulum Merdeka Bagi Guru

News

5 Aturan Baru Seleksi PPPK 2022, Penting Diperhatikan Honorer!
pedagogik

News

Cara Mengenal Karakter Peserta Didik untuk Mencapai Tujuan Pendidikan
Peran Guru di Era Pembelajaran Digital Berbasis Metaverse

News

Peran Guru di Era Pembelajaran Digital Berbasis Metaverse