Home / News

Jumat, 3 Desember 2021 - 01:00 WIB

Mengenal Media Pembelajaran Audio dan Visual

Jika kita perhatikan, media pembelajaran audio dan visual merupakan media pembelajaran yang paling sering dan banyak digunakan oleh para guru. Hal ini karena selain cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak. 

Proses pembuatan media pembelajaran audio visual di era teknologi seperti sekarang ini juga tergolong mudah. Sehingga tidak akan memberatkan para guru. 

Sebelum mencoba membuat media pembelajaran audio dan visual, apakah Anda sudah paham terkait hal tersebut?  

Media Pembelajaran Audio

Media pembelajaran audio ini berguna ketika akan menyalurkan pesan dalam bentuk audio ke para pendengar. Dan untuk saat ini sudah banyak sekali model dan macamnya. 

Media audio ini sangat erat kaitannya dengan indra pendengar para peserta didik. Sehingga, mereka memang dituntut untuk benar-benar fokus dalam mendengarkan materi yang disajikan.

Jika kita perhatikan dari sifat pesan yang diterima, media ini akan menyampaikan pesannya secara verbal atau lewat bahasa lisan, atau kalimat-kalimat sebagaimana ketika kita berbicara. 

Baca Juga:  Daftar Sekarang Gratis! Seminar Pembelajaran Digital

Namun ada juga audio yang non verbal seperti vokalisasi atau bunyi-bunyian. Misal, radio, telefon, lab bahasa, tape recorder, dan lain sebagainya.

Media Pembelajaran Visual

Media pembelajaran visual sendiri adalah media yang sangat mengandalkan indera penglihatan. Untuk materinya sendiri disampaikan lewat visual sebagaimana namanya. 

Media satu ini mempunyai fungsi di antaranya mudah menarik perhatian, kemudian menjelaskan ide yang abstrak sehingga akan membuat audiens atau penonton merasa tertarik untuk memperhatikannya. 

Materi yang disajikan lewat video juga biasanya akan lebih mudah dicerna oleh peserta didik, dan melekat dalam waktu yang lama. 

Media visual ini banyak sekali bentuknya misalnya ilustrasi, foto, gambar pilihan, flashcard, potongan gambar, film bingkai, grafik, OHP, diagram, peta, poster, film rangkai, dan lain sebagainya. 

Dari kedua media pembelajaran yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kelas. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kemampuan dan keterbatasan Anda. 

Jika ingin membuat media pembelajaran audio visual ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi editing yang tersedia. Yang mana, aplikasi-aplikasi editing tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam menciptakan sebuah media pembelajaran, baik yang audio maupun visual.

Baca Juga:  Manfaat Bergabung Menjadi Member e-Guru.id bagi Para Pendidik

Dalam proses pembuatannya, selalu disesuaikan dengan materi agar indikator pembelajarannya bisa tercapai. 

Apabila merasa agak bingung, Anda dapat browsing mengenai contoh media pembelajaran audio dan visual. Dengan begitu, Anda akan menemukan konsep untuk mengembangkan media pembelajarannya seperti apa. 

Saat ini contoh media pembelajaran, baik yang audio atau visual sudah bisa dengan mudah Anda akses di internet. 

Demikian sedikit bahasan mengenai media pembelajaran audio dan visual. Semoga bermanfaat.

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Implementasi Model Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka
pendidikan karakter

News

Pendidikan Sesuai Teori dan Pemikiran untuk Membangun Masyarakat Baru

News

Kendala Pada Akun Pembelajaran Belajar.id? Begini Penyelesaiannya

News

Download Pedoman Terbaru ! Penerapan Kurikulum Merdeka 2022 Mengenai Struktur Kurikulum Hingga Linieritas Guru Semua Jenjang

News

PROMO TERBATAS !! SEGERA DIBUKA !! PELATIHAN BERSERTIFIKAT 32 JP : MATEMATIKA MANIPULATIF DENGAN EQUATIO DI BELAJAR.ID

News

Langkah-langkah Pembelajaran STEAM yang Efektif untuk Anak

News

Pentingnya Keterampilan Interpersonal Dalam Berkomunikasi
pembelajaran jarak jauh

News

PJJ Membuat Guru Sering Lihat Layar Ponsel, Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mata