Home / News

Rabu, 21 April 2021 - 23:59 WIB

Mengenal Komponen AKM Literasi untuk Tingkat SD

AKM merupakan sesuatu yang baru bagi semua guru di Indonesia. Pasalnya tahun ini adalah pengalaman pertama bagi seluruh sekolah, termasuk tinkat sekolah dasar, di seluruh Indonesia untuk menggelar ujian AKM. Apakah itu AKM? 

AKM merupakan singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum. Akam sendiri merupakan salah satu bagian dari Asesmen Nasional yang diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2021 ini. Selain AKM, dalam Asesmen Nasional juga terdiri dari Survei Karakter dan Lingkungan Belajar. 

Nah, untuk AKM sendiri terdapat dua hal yang akan diukur pada siswa yaitu kompetensi literasi dan kompetensi numerasi. Jika literasi berkaitan dengan teks maka numerasi berkaitan dengan bahasa yang berkaitan dengan angka. 

Tujuan dari AKM sendiri adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca dari informasi dalam bentuk teks dan bentuk angka. Dua hal tersebut dianggap sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi segala perkara dalam kehidupan nyata. 

Kemudian dalam AKM literasi terdapat dua jenis teks yang akan disajikan pada soal-soal ujian nantinya. Pertama adalah teks dalam bentuk informasi dan teks dalam bentuk fiksi atau sastra. Para siswa akan diuji untuk tingkat pemahaman membaca pada dua jenis bacaan tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari untuk komponen AKM Literasi tingkat SD berikut ini:

Konten

Ditinjau dari segi konten, teks yang akan disajikan dalam ujian AKM bidang literasi dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah teks informasi dan yang kedua adalah teks fiksi. 

Teks informasi adalah sebuah teks yang berisi informasi yang tujuannya  memberi tahu kepada pembaca soal fakta-fakta, data, dan lain sebagainya. Teks informasi ini bersifat ilmiah. 

Baca Juga:  3 Website Penyedia Template PPT Gratis dan Menarik

Kemudian teks fiksi adalah sebuah teks yang berisi teks-teks sastra. Seperti yang diketahui bahwa salah satu fungsi sastra adalah sebagai media hiburan. Namun demikian, memahami teks fiksi juga membutuhkan pemahaman yang baik untuk memahaminya. 

Proses Kognitif

Dari kegiatan membaca tersebut, siswa akan diuji terkait kemampuan kognitifnya. Artinya, siswa akan diuji kemampuannya dalam menemukan informasi setelah membaca teks yang disajikan. Para siswa juga akan diukur kemampuannya dalam melakukan interpretasi dan melakukan refleksi dari teks tersebut. 

Menemukan informasi dari sebuah teks akan lebih mudah karena informasi tersebut terdapat dalam kalimat teks yang dibaca. Namun untuk melakukan interpretasi, siswa harus paham pada teks yang dibaca. Sehingga sesuatu yang tidak dinyatakan dalam teks dapat ditangkap setelah terjadi proses interpretasi yang dilakukan oleh siswa. 

Dan refleksi adalah bagaimana kemampuan siswa mengaitkan teks dengan hal lain, misalnya dengan kehidupan sehari-sehari. 

Konteks

Lalu untuk konteks dalam soal literasi AKM tingkat SD dapat memuat konteks sosial budaya, saintifik, dan juga pengalaman pribadi atau personal. 

Itulah komponen yang harus dipahami dalam AKM literasi untuk tingkat SD sehingga para guru dapat menyiapkan diri dan mendampingi para peserta didik dengan baik.  

Daftar pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut:

DAFTAR

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini:

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan:

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh

News

Pentingnya Pendidikan Karakter Berbasis Kelas
Tahapan Implementasi  Merdeka Belajar

News

Guru Wajib Tahu! Berikut Tata Cara Untuk Mengubah Pilihan Sekolah Pada PPDB Jawa Tengah Tingkat SMA/SMK

News

7 Prinsip Pembelajaran Abad 21 yang Wajib Diterapkan di Sekolah

News

Komisi II Usulkan SE Izinkan Pj Pecat ASN Untuk Direvisi

News

Akhirnya Terungkap! Inilah Alasan Kemdikbud Menghilangkan Kata Madrasah dalam RUU Sisdiknas

News

Perbaiki Cara Mengajar Anda, Berikut 9 Tips Ampuh Agar Siswa tidak Bosan Belajar!

News

Presentasi dengan Prezi, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

News

Pendidikan Profesi Guru. Biaya, Syarat, dan Tujuan