Membuat Materi Pembelajaran Menarik dengan Aplikasi Powtoon

- Editor

Selasa, 28 September 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Di musim pandemi Covid-19 seperti saat ini, tenaga pendidik dituntut untuk bersikap kreatif dalam memberikan materi pelajaran kepada siswanya, terlebih sampai saat ini masih banyak sekolah baik negeri maupun swasta yang masih menerapkan proses pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu, untuk membuat proses kegiatan belajar tidak terasa monoton dan membosankan bagi para siswa, maka materi pembelajaran pun dibuat sekreatif dan semenarik mungkin, bahkan menciptakan metode-metode pembelajaran interaktif melalui media yang menghibur sehingga siswa tetap antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Keuntungan lain yang didapat dengan metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif adalah siswa lebih bisa menerima materi pelajaran selain itu juga bisa mengasah kemampuan tenaga pendidik untuk lebih kompeten terhadap pembelajaran berbasis teknologi.

Untuk itu salah satu yang bisa dilakukan oleh guru adalah dengan membuat materi pembelajaran berbasis video interaktif yang menarik. Membuat video bukan hal yang sulit sejak kehadiran beragam software dan aplikasi, salah satunya adalah Powtoon.

Dirilis tahun 2012, Powtoon menjadi aplikasi yang tepat untuk membuat video. Tak hanya mudah, platform ini juga menyediakan animasi unik yang tidak dimiliki platform lainnya. 

Powtoon memiliki beragam pola untuk membuat video, mulai dari video pembelajaran,  penjelasan, infografik, presentasi dan iklan. Selain animasi, Powtoon juga menghadirkan fitur untuk menambahkan gambar, musik hingga voice-over. 

Platform ini dapat diakses melalu situs www.powtoon.com. Powtoon juga bisa diunduh di smartphone secara gratis melalui Google Play Store ataupun App Store. 

Untuk memulai membuat video di Powtoon, terlebih dahulu Anda harus membuat akun, caranya klik “Sign Up”, setelah  mengisi berbagai informasi untuk mengakses Powtoon dan disetujui, Anda bisa langsung mengakses dan menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan akun yang digunakan untuk mendaftar Powtoon.

Setelah login, pilih jenis video yang ingin dibuat. Beberapa pilihan yang di tawarkan adalah Modern Edge, Whiteboard, Cartoon, Infographic, Real, dan pilihan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mendesain Video di Powtoon

Selanjutnya, desain video dengan menambahkan animasi bergerak, tulisan, lagu, dan background dengan beragam fitur yang tersedia di menu yang ada di sebelah kanan layar proyek.

Saat mendesain video, Anda bisa mengolah berbagai jenis tampilannya termasuk menggunakan animasi kartun agar terlihat lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan teks khusus misalnya untuk menyisipkan materi pembelajaran yang ingin disampaikan kepada para siswa.

Jika video sudah selesai dibuat, Anda bisa melihat hasilnya dengan meng-klik “Preview & Export” untuk mengecek hasil video yang dibuat, jika dirasa masih kurang memuaskan Anda bisa mengedit ataupun menghapus tampilan video yang dirasa kurang sesuai.

Setelah yakin dengan video yang dibuat Anda bisa langsung menyimpannya dengan cara klik “Save” di bagian menu utama, kemudian pilih jenis file extension yang akan digunakan untuk membuka file video yang sudah Anda buat.

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan tidak akan terlihat bosan. Pasalnya, transmisi informasi melalui teknologi terkesan lebih beragam dan modern. Terlebih lagi, siswa sebagai generasi penerus juga harus siap menghadapi tantangan dunia kerja yang berbasis teknologi digital sehingga dengan pengenalan berbagai jenis teknologi digital untuk media pembelajaran secara tak langsung juga sudah membuat siswa mulai memahami teknologi informasi.

Dalam hal pemberian materi pembelajaran, guru juga dimudahkan dalam memberikan materi karena banyak fitur-fitur dalam Powtoon yang dapat digunakan dengan mudah untuk membuat media pembelajaran terlihat lebih menarik dan berbeda.

Ikuti Diklat “Pembelajaran Menarik dengan Powtoon” melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Berita Terkait

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Berita Terbaru