Home / News

Minggu, 11 Juli 2021 - 23:45 WIB

Manfaat TTS Online dalam Sebuah Pembelajaran

TTS (Teka Teki Silang) merupakan permainan yang berkaitan dengan kata dan susunan balok. Permainan ini sangat asyik dilakukan. Dulu, untuk mengerjakan sebuah TTS hanya dapat dilakukan melalui sebuah lembaran kertas.  Namun sekarang bisa dilakukan secara online. Dan ketika TTS online ini diterapkan dalam sebuah pembelajaran memiliki sejumlah manfaat. 

Bagi generasi yang lahir di tahun 90-an, permainan TTS ini bukan sesuatu yang asing bahkan mungkin menjadi salah satu permainan favorit. Biasanya materi TTS ini disediakan oleh media massa cetak atau majalah-majalah tertentu. Namun ada juga buku kecil yang berisi khusus kumpulan TTS. 

Permainan TTS bisa dikerjakan sendirian atau bersama-sama dengan kawan. Baik sendiri maupun dikerjakan bersama, permainan TTS mampu menghadirkan kesenangan dan dapat mengusir kejenuhan. 

Kemudian bersamaan dengan kemajuan zaman, TTS di media cetak atau majalah-majalah sudah mulai punah. Meskipun ada mungkin sudah jarang. Namun permainan TTS tetap ada hingga sekarang dan berkembang menjadi sebuah aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis. 

Bagi sebagian generasi masa kini atau generasi milenial mungkin sudah ada yang mengenal TTS ini karena dapat diunduh melalui ponsel mereka dan dikerjakan sebagai sarana hiburan. 

TTS ini sebenarnya memiliki sejumlah manfaat yang bagus selain sebagai hiburan. Salah satunya adalah untuk mempertajam ingatan dan juga melatih berpikir secara mendalam. Sehingga permainan TTS ini jika diterapkan dalam sebuah pembelajaran akan sangat bagus. 

Guru bisa membuat TTS online sendiri melalui aplikasi yang dapat ditemukan di internet, misalnya di Eclipsecrossword. Kemudian kontennya tinggal disesuaikan dengan materi pelajaran. Misalnya untuk pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, guru bisa menggunakan TTS untuk melatih siswa mengingat kosa kata bahasa Inggris. 

Baca Juga:  4 Permainan Edukatif di Kelas yang Bisa Melatih Problem Solving Siswa

Dan berikut ini adalah di antara manfaat penggunaan TTS dalam sebuah pembelajaran secara umum. 

Mengusir Kebosanan

TTS dapat digunakan untuk mengusir kebosanan siswa dalam proses pembelajaran. Pada titik tertentu dalam sebuah pembelajaran pasti para siswa pernah mengalami kejenuhan. Apalagi setelah menerima materi pelajaran yang sangat banyak. 

Nah, untuk mengusir kebosanan tersebut, guru bisa menggunakan TTS sebagai ice breaking atau jeda untuk mengusir kebosanan– namun tetap memiliki kandungan pembelajaran. 

Meningkatkan Hubungan Sosial

TTS juga bisa meningkatkan hubungan sosial antara siswa. Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa TTS ini bisa dikerjakan sendiri atau bersama teman. Dan apabila TTS dikerjakan secara bersama-sama, tentu saja hal tersebut akan membuat siswa saling bantu dan bergotong royong untuk menyelesaikan soal-soal yang tersedia di permainan TTS. 

Mempertajam Ingatan

Perlu diketahui juga bahwa TTS ini mampu mempertajam ingatan siswa. Pasalnya untuk mengisi TTS membutuhkan proses berpikir secara intens. Hal tersebut sangat bagus untuk mempertajam daya pikir siswa. 

Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa didapatkan pada penerapan permainan TTS dalam sebuah pembelajaran. 

Ingin tahu bagaimana cara membuat TTS online yang bermanfaat untuk pembelajaran? Anda dapat bergabung dengan pelatihan berikut ini yang diselenggarakan oleh e-Guru.id. 

Pelatihan di atas gratis untuk member e-Guru.id. Dan untuk daftar menjadi member e-Guru.id dapat dilakukan melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER 

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi via WhatsApp atau Telegram

Share :

Baca Juga

News

Kurikulum 2022, Tidak Ada Lagi Anak IPA dan IPS?

News

Segera Daftar! Diklat 64JP : Pengembangan Komunitas Praktisi Sebagai Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Aktif Kreatif Kurikulum Merdeka
pendidikan karakter yang terkikis

News

4 Fakta Konsep Merdeka Belajar yang Wajib Anda Pahami
Simak! Pentingnya Membangun Branding Profil Sekolah

News

Simak Formasi CPNS Untuk Lulusan SMA!
menyusun soal lkpd

News

Strategi Meningkatkan Pendidik Kreatif dan Produktif

News

Cara Mencari Referensi Untuk PTK di Era Digital Menghindari Plagiarism

News

Tunjangan Guru yang Cair Di Tahun 2023, Jenis dan Jumlahnya Buat Guru Full Senyum

News

Diklat Online “Implementasi P5BK di Satuan Pendidikan” Bersertifikat 40 JP, Daftar Sekarang, Gratis!