Home / News

Rabu, 6 Juli 2022 - 19:59 WIB

Manfaat Platform Rapor Pendidikan

Baru – baru ini, wacana platform Rapor Pendidikan ramai diperbincangkan para tenaga kependidikan. Tentu saja, sebab rapor ini merupakan salah satu inovasi dan pembaharuan teknologi di dunia pendidikan.

Tak hanya kurikulum yang akan diubah, namun ternyata pendataan mengenai penilaian akan diusung dalam mode yang sudah terintegrasi dengan konsep R.I 4.0. Hal ini perlu mendapat sambutan baik dari para pendidik dan masyarakat.

Sambutan baik tersebut salah satunya yakni dalam bentuk dukungan agar sosialisasi mengenai perilisannya segera diselesaikan dan bisa menuju tahap selanjutnya. Selain itu, bila ada yang masih kontra dengan kehadiran platform Rapor Pendidikan, tentu hal tersebut adalah suatu hal yang wajar.

Sebuah lembaga yang baru memunculkan kebijakan baru pasti akan mengalami resiko salah satunya yakni tenaga kependidikan yang kontra lantaran tak pernah memakai dan belum mahir.

Padahal, pembaruan teknologi dalam dunia pendidikan tersebut tentunya bukan hal baru sebab mereka juga sudah pernah membuat yang sedemikian rupa.

Misalnya, sewaktu para pendidik masih di kampus, mereka pasti belajar menggunakan berbagai aplikasi guna memastikan penilaian nasional dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu, ketika para lulusan yang berkecimpung pada teknologi pendidikan terjun ke masyarakat, peran mereka sangatlah dibutuhkan.

Salah satu peran yang sudah diwujudkan yakni dengan kehadiran platform rapor pendidikan.

Manfaat Rapor Pendidikan

Setelah Anda memahami kinerja Rapor Pendidikan, seorang pendidik juga perlu memahami fungsi dari eksistensi rapor pendidikan. Adapun beberapa diantaranya yakni :

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu! Cara Mengunduh Data Hasil Rapor Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka

Pertama, Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai bahan referensi utama untuk pelaksanaan proses analisis, perencanaan serta program tindak lanjut pada peningkatan kualitas pendidikan.

Kedua, Rapor Pendidikan dapat digunakan sebuah sumber data yang sifatnya objektif dan dapat diandalkan. Maksudnya, Rapor Pendidikan dapat terwujud dalam bentuk laporan yang tersaji otomatis serta terintegrasi pada teknologi.

Hal ini tentu akan memudahkan para tenaga yang mengoperasikan dan membutuhkan data penilaian pendidikan nasional.

Ketiga, Rapor Pendidikan dapat menjadi sebuah instrumen dalam pengukuran evaluasi pendidikan secara komprehensif baik di sisi internal dan eksternal.

Keempat, Rapor Pendidikan biasanya berorientasi pada aspek pemerataan capaian belajar siswa.

Kelima, platform Rapor Pendidikan biasanya akan banyak menyediakan beragam data secara terpusat. Sehingga satuan pendidikan tak perlu mengoperasikan beberapa aplikasi. Secara tidak langsung, beban administrasi dapat dikurangi.

Dalam pengoperasiannya, tentu akan ada beberapa manfaat baik bagi satuan pendidikan maupun pendidik.

Pertama, Rapor Pendidikan dapat mengurangi beban administratif. Kedua, Rapor Pendidikan dapat menjadikan para pendidik lebih mudah mengakses berbagai penilaian hanya dalam satu waktu. Dengan demikian, waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas menjadi semakin efektif.

Nah,  demikian ulasan mengenai platform Rapor Pendidikan di era model pendidikan modern saat ini.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Cara Cek Dapodik Guru Honorer dengan Praktis

News

Diklat Ini Gratis dan Bersertifikat 32 JP, Segera Daftar Sebelum Kuota Penuh!

News

Ayo, Semarakkan Twibbon Diklat Bersertifikat 64 JP : Strategi Mudah Penyusunan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan!
Ilustrasi Guru Lulus PG

News

Penting! Berikut 7 Syarat Dokumen Wajib untuk Daftar CPNS 2023 Lengkap dengan Format Berkasnya!
download buku panduan bisnis

News

Download Buku Panduan Memulai Bisnis Minim Modal Income Maksimal
computer thingking dalam pempelajaran

News

Cara Mudah Install ClassPoint di Komputer

News

Pertanyaan dan Jawaban Lengkap BKN Tentang Pelaksanaan PPPK Tenaga Teknis 2022, Benarkah Tidak Jadi Digelar?

News

Berikut Ini Adalah Syarat Pencairan TPG Honorer