Macam-Macam Model Pembelajaran Inovatif Yang Disukai Oleh Siswa

- Editor

Minggu, 16 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Elementary science student using plastic atom model educational toy

Elementary science student using plastic atom model educational toy

Macam-macam model pembelajaran memilki jenis yang cukup banyak. Model pembelajaran dapat digunakan dalam bentuk pembelajaran tatap muka atau secara daring dengan internet.

Jenis model pembelajaran terbagi ke dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan dan tujuannya. Seiring dengan perkembangan jaman berkembang pula berbagai bentuk pembelajaran pada abad modern sekarang ini.

Salah satu prinsip proses belajar yang efektif, baik yang dilakukan dalam kelas maupun di rumah, mesti dijalankan dengan menyenangkan dan membuat peserta didik aktif.

Berbagai cara dilakukan oleh seorang guru dalam memberikan pengajaran yang terbaik untuk peserta didiknya. Para guru akan memilih dan menggunakan model pembelajaran tertentu yang dirasa paling efektif. Pemilihan ini sesuai dengan apa yang dipahami dan kuasai guru demi menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didiknya.

Berbagai macam kritik terhadap model pembelajaran menyangkut pada model pembelajaran yang cenderung membosankan. Selain bentuknya monolog yang cenderung monoton, tak sedikit pula para guru yang kurang inovatif dalam memilih model pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Ada cukup banyak macam-macam model pembelajaran yang dikenal di Indonesia. Dengan banyaknya bentuk pembelajaran membuat guru bisa memilih dan menggunakan yang tepat sehingga membuat guru disenangi peserta didik.

Model pembelajaran adalah pendekatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana yang dilaksanakan oleh seorang tenaga pendidik yang berfungsi untuk menyampaikan materi atas suatu mata pelajaran untuk mendapatkan tujuan dan manfaat dari hasil pembelajaran tersebut.

Beberapa model pembelajaran ada yang cocok diterapkan pada kelompok siswa atau suatu daerah dan ada yang tidak cocok. Oleh karena itu kebijakan penentuan model pembelajaran berada di tangan guru. Seorang guru harus bijak dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat  bagi anak-anak muridnya sesuai situasi dan kondisi.

Ada perbedaan antara metode pembelajaran dan model pembelajaran. Padahal kedua konsep ini berbeda. Metode pembelajaran adalah cara mengajar yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar seperti praktek atau demo, memberikan tugas sekolah, tanya jawab, diskusi, ceramah, dan lainnya. Sedangkan model pembelajaran terkait dengan teknik pembelajaran yang dilakukan dengan konsep secara terencana dan jelas.

Pada dasarnya model pembelajaran dibuat untuk membuat setiap peserta didik agar dapat memahami secara mudah atas suatu materi pelajaran yang diberikan. Adapun teknik penyampaiannya bisa disebut dengan model pembelajaran.

Berbagai cara dilakukan oleh para praktisi pendidikan agar pelajaran yang diberikan kepada peserta didik agar dapat dipahami secara efektif dan efisien. Sehingga lahirlah beberapa metode pembelajaran. Berikut ini macam-macam model pembelajaran yang sebaiknya Anda tahu.

Macam-macam model pembelajaran inovatif yang disukai siswa

1.Kooperatif

Model pembelajaran Cooperative Learning adalah model pembelajaran yang didasarkan atas sifat dan karakter pada manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga dalam proses pembelajaran dilakukan dengan kerja kelompok.

Dalam belajar secara berkelompok tersebut, setiap anggota kelompok bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Mereka saling kooperatif dan bekerja sama saling mendukung untuk memahami suatu mata pelajaran secara bersama-sama.

2.Kontekstual

Model pembelajaran kontekstual adalah proses belajar yang dilakukan melalui cara tanya jawab berdasarkan kebutuhan dan apa yang dialami oleh siswa bersangkutan. Bentuk pembelajaran seperti ini memiliki sejumlah kelebihan terutama dari motivasi dan aktif bertanya, serta minat belajar siswa yang lebih tinggi maupun kondisi lingkungan kelas yang lebih hidup dan menyenangkan.

Metode pembelajaran semacam ini seorang siswa bukan hanya mendapatkan tambahan teori dari kelas  tapi juga melalui praktek dan pengalaman langsung di lapangan.

3.Pembelajaran Berbasis Masalah

Model dan metode pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran berdasarkan masalah yang terjadi dan coba dicari solusi atas masalah tersebut.

4.Realistik

Sigmun Freud merupakan salah seorang pakar penddikan yang merintis dan mengembangkan model pembelajaran Realistik. Pembelajaran bentuk ini dilakukan melalui penjelasan oleh guru sekaligus lewat sosial belajar bersama kelompok untuk saling berbagi pengetahuan.

5.PAIKEM

Macam-macam model pembelajaran lainnya adalah PAIKEM. Bentuk  pembelajaran ini pernah menjadi trend dalam kurun waktu 1990-an. Model pembelajaran ini membuat setiap siswa-siswi  lebih aktif, gembira dan inovatif dalam belajar bersama.

6.Problem Solving

Model pembelajaran problem solving adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mencari solusi atas sebuah masalah. Ketika sebuah masalah terjadi maka di situlah akan muncul pengetahuan-pengetahuan baru lewat pemecahan masalah yang harus dilakukan.

Model pembelajaran problem solving sama dengan model pembelajaran berbasis masalah. Padahal keduanya berbeda. Problem solving adalah model belajar yang fokus pada solusinya. Sedangkan pembelajaran basis masalah fokus terhadap masalah yang terjadi.

Berikut ini beberapa teknik belajar dalam model pembelajaran problem solving yang umum dilakukan yakni melakukan identifikasi atas masalah dan memahami atas permasalahan yang terjadi, menguraikan satu persatu masalah dan memahami kesalahan apa yang sudah terjadi, mencari solusi untuk memperbaiki dan menyelesaikan masalah.

7.Model Pembelajaran Discovery Learning

Discovery learning merupakan salah satu dari macam-macam model pembelajaran yang popular. Metode pembelajaran ini mengajarkan pada peserta didik untuk aktif belajar berdasarkan pengalaman. Kemudian peserta didik dapat  menemukan idenya berhubungan dengan tema yang dikaji.

8.Model Pembelajaran Saintifik

Teknik saintifik merupakan metode pembelajaran yang memakai norma-norma ilmu. Dimulai dari melakukan pengamatan untuk mengumpulkan data.Lalu bertanya. Yang dilanjutkan dengan proses penelitian atau percobaan, dan kemudian mendapatkan beberapa informasi.

Selanjutnya  adalah membuat kesimpulan  atas hasil eksperimen berdasarkan data-data dan fakta di lapangan.  Terakhir melakukan komunikasi atas hasil riset yang dilakukan dalam bentuk lisan atau tulisan.

Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013

Untuk mata pelajaran yang menggunakan Kurikulum 2013 sudah ditentukan tentang model pembelajaran agar siswa aktif. Pembelajaran dilakukan melalui proses mendengarkan penjelasan guru di kelas, membaca, menyaksikan maupun bertanya dan mengumpulkan informasi.

Selanjutnya siswa membuat kesimpulan dari keterkaitan yang kita dapatkan untuk bisa dituangkan dalam bentuk laporan karya tulis ilmiah ataupun makalah untuk presentasi di depan kelas.

Bagi seorang guru tentunya perlu menguasai macam-macam model pembelajaran supaya dalam proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif. Sehingga setiap siswa dapat memahami apa yang diterangkan guru dengan baik.

Mengingat ada banyak model pembelajaran yang ada, maka seorang guru harus pandai memilah-milah model pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya pada kondisi tertentu.

Tanda-tanda seorang guru sudah tepat memilih model pembelajaran bisa dilihat dari beberapa hal diantaranya guru dapat menyampaikan materi dengan sangat mudah dan menyenangkan serta peserta didik dapat memahami mata pelajaran secara baik yang disampaikan oleh guru.

Sehingga dengan adanya macam-macam model pembelajaran yang bisa dipilih dan diterapkan oleh seorang guru di dalam maupun luar kelas maka guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran tersebut dengan tepat sesuai situasi dan kondisi dari peserta didik saat itu.

Ikutilah Webinar gratis “Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak dengan Talent Mapping” yang diadakan oleh e-guru.id. Pendaftaran 100% gratis

DAFTAR SEKARANG

Penulis : Erlin Yuliana

Berita Terkait

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024
2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru
Pertama Kali Terjadi, Cek Info GTK Ada Kabar Bahagia Untuk Guru Sertifikasi
Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time
MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap
Berita ini 664 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:18 WIB

2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:48 WIB

Waspada! 5 Kategori Guru Honorer Tidak Bisa Diangkat PPPK 2024, Baik PPPK Full Time Maupun Part Time

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:40 WIB

MenPANRB: Guru PPPK dan PNS Pindah ke IKN Secara Bertahap

Selasa, 20 Februari 2024 - 11:11 WIB

Menjelang Pembukaan Pendaftaran, Ketahui Perbedaan PPPK Guru Full Time dan Part Time di Tahun 2024

Berita Terbaru

Edutainment

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Kamis, 22 Feb 2024 - 10:25 WIB