Home / News

Jumat, 29 Oktober 2021 - 00:19 WIB

Langkah Membuat Video Pembelajaran dengan Camtasia

Video pembelajaran sangatlah penting untuk menunjang pemahaman siswa pada materi pelajaran. Dengan video, siswa akan lebih mudah memahami daripada hanya dijelaskan menggunakan papan tulis atau sekedar ceramah di depan kelas. Bahkan, video yang bagus juga akan membuat siswa bisa memahami pelajaran lebih cepat dan termotivasi untuk selalu belajar. 

Untuk membuat video tersebut, Anda memerlukan aplikasi editing video dan salah satunya menggunakan Camtasia. Aplikasi ini sangat populer digunakan untuk membuat dan melakukan editing video pembelajaran. Untuk membuatnya, Anda harus memahami beberapa langkah berikut ini ini agar hasilnya bisa maksimal.

Menyusun Konsep Video

Sebelum membuat video pembelajaran, Anda harus mengkonsep terlebih dahulu video apa yang akan dibuat. Proses ini sangat penting agar video yang dibuat tidak terkesan asal-asalan. 

Setelah itu, Anda bisa  memulainya dengan mengumpulkan gambar, tulisan yang akan digunakan, dan lain sebagainya yang akan digunakan dalam video. 

Semua itu harus disusun dengan baik dan dipersiapkan sebelum masuk ke dalam aplikasi ini. Untuk memudahkan, Anda harus memilih gambar-gambar yang sifatnya bebas hak cipta dan berukuran besar. Agar hasilnya maksimal. 

Baca Juga:  Pedoman dan Syarat Pendaftaran Jurnal Nasional Ber-ISSN

Memahami Area Kerja

Sebelum video dibuat, Anda harus memahami terlebih dahulu area kerja yang ada di aplikasi Camtasia ini. Pemahaman ini bisa didapatkan dengan memahami tools yang ada seperti bagaimana memasukkan gambar dan seterusnya. Jika memungkinkan, Anda juga perlu memahami cara menulis teks, memotong per bagian, dan lain sebagainya. 

Mulai Membuat Video

Untuk membuat video pembelajaran sederhana, Anda bisa memasukkan gambar yang ingin digunakan.Anda bisa memasukkan gambar dari laptop lalu masukkan beberapa teks. 

Bahkan, gambar yang ada juga bisa Anda tambahkan dengan shape. Dengan tambahan shapes, gambar yang Anda gunakan akan lebih bervariasi dan juga hasilnya bisa maksimal. Anda juga bisa menambahkan beberapa audio agar video tidak membosankan. 

Proses Editing

Di Camtasia ini Anda bisa menggabungkan video lain dengan video sebelumnya. Video yang ingin ditambahkan bisa juga Anda potong melalui menggunakan fitur yang ada pada aplikasi ini. 

Baca Juga:  Peserta PPG Tahun 2022 Wajib Tahu! Berikut Kisi-Kisi dan Latihan Soal Lengkap Untuk Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Proses Rendering

Setelah video selesai dibuat, Anda harus melakukan rendering sebelum video tersebut dibagikan pada siswa. Bentuk ekspornya bisa dibuat dalam berbagai format  seperti MP4, MPEG, atau format HD. Semua ini bisa dibuat agar videonya berkualitas dan tidak pecah ketika ditonton.

Jadi dalam membuat  video pembelajaran, Anda harus menyusunnya dengan baik dengan gambar yang sesuai. Setelah disiapkan, Anda bisa masuk ke aplikasi untuk proses pembuatan dan editing. Setelah semuanya selesai, Anda bisa melakukan rendering dan formatnya perlu dibuat HD agar tidak pecah ketika ditonton. 

 

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

RUU Sisdiknas Menjadi Kunci Kualitas Pendidikan Indonesia
mengembangkan fitrah positif anak

News

Menumbuhkembangkan Fitrah Positif Anak
metode jigsaw

News

Penting ! Ini Isi Komponen Yang Wajib Ada Dalam Modul Ajar di Kurikulum 2022

News

2 Media Pembelajaran Online Menarik yang Mungkin Belum Anda Tahu

News

Tips Lolos Seleksi PPPK bagi Guru
https://naikpangkat.com/inovasi-pembelajaran-digital-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa/(buka di tab baru)

News

Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

News

Kabar Mengejutkan Mengenai Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Bagi Guru, ASN, TNI Hingga Polri

News

Peluang Bagi Yang Tidak Lolos di Tahap 1 & 2 Untuk Guru Honorer Ada 3 Nilai Plus PPPK Tahap 3 Tahun 2022