Home / News

Rabu, 29 Juni 2022 - 07:47 WIB

Kesempatan! 12 Kategori Guru Honorer yang Bisa Mengisi Formasi Kosong pada Formasi PPPK Tahap 3 Tahun 2022

Formasi Kosong pada Seleksi PPPK Guru – Setidaknya di sini ada 12 kategori guru yang bisa mengisi formasi kosong pada seleksi PPPK Guru tahap 3 Tahun 2022.

Sebagaimana yang diketahui bahwa dari seleksi PPPK Guru tahun 2021, banyak sekali formasi yang belum terisi dikarenakan dua hal. Pertama, karena tidak ada yang mendaftar, dan yang kedua ada yang mendaftar namun tidak lulus karena tidak lulus passing grade.

Formasi PPPK 2022 merupakan gabungan dari formasi PPPK tahun 2021 dengan formasi baru PPPK tahap 3.

Tentu saja berdasarkan mekanisme seleksi PPPK Guru tahun 2022, terdapat peserta yang menempati sekolah induk atau di sekolah lain yang membutuhkan.

Untuk mengetahui formasi kosong berdasarkan seleksi sebelumnya, Anda bisa disimak contoh berikut.

Baca Juga:  Cara Membuat Web dengan Wordpress untuk Media Pembelajaran

Misalnya terdapat file seleksi PPPK kompetensi 2 di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemudian SMA tersebut terdaftar untuk membuka formasi guru Bahasa Inggris dengan 1 formasi.

Akan tetapi pada halaman yang tertera, tidak ada satupun yang melamar. Maka sudah barang tentu formasi tersebut masih tersedia di tahun 2022.

Namun apabila file tersebut terdapat P3/L di kolom keterangan peserta, maka artinya formasi sudah terisi. Kemudian jika di sekolah tersebut masih membutuhkan posisi yang sama, maka akan ada pembukaan formasi.

Untuk mengetahui formasi kosong, dari data file bisa dilihat keterangannya. Apabila statusnya bertuliskan TL pada kolom peserta, maka formasi tersebut kosong. Hal ini dikarenakan peserta tersebut tidak lulus passing grade.

Mekanisme Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Perlu diingat kembali bahwa ada 3 jenis mekanisme seleksi guru ASN PPPK di Tahun 2022 ini.

Baca Juga:  Masalah Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2 Kini Terungkap

Dari formasi yang tersedia di pemda nanti akan diberlakukan mekanisme pertama, yaitu penempatan guru yang sudah lulus passing grade, baik itu THK-II, Guru Sekolah Negeri, lulusan PPG dan Guru Sekolah Swasta.

Jika masih tersedia formasi, maka nanti akan dibuka seleksi kesesuaian dan verifikasi sebagai mekanisme kedua untuk seleksi PPPK tahun 2022.

Dan jika masih ada sisa formasi, maka akan beranjak ke seleksi berikutnya, yaitu seleksi menggunakan CAT-UNBK, yang mana pesertanya terdiri dari Guru Honorer Sekolah Negeri yang kurang dari 3 tahun terdaftar di Dapodik, lulusan PPG, dan Guru Honorer Sekolah Swasta.

Halaman berikutnya

12 kategori pengisi formasi kosong PPPK Guru Tahun 2022..

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Download !! Pedoman Buku 4 dan 5 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Angka Kredit Untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Wayang sebagai Media Pembelajaran yang Menarik
mengajar online

News

Materi pada Program Pendidikan Guru Penggerak

News

Prodi Teknologi Pendidikan Menyelenggarakan Program Diklat Online Berbasis Website Untuk PKB Guru

Karya Inovatif

Buku Panduan Optimasi Whatsapp untuk Pembelajaran Anak Didik

News

Wajib Tahu, Begini Proyek Profil Pelajar Pancasila untuk Tambahan Jam Mengajar Guru

News

Cara Cek Data Dapodik dengan Cepat dan Mudah

News

Informasi Terbaru Pretest PPG Daring Berbasis Domisili Simak Selengkapnya!