Home / News

Selasa, 28 Juni 2022 - 13:17 WIB

Kabar Gembira untuk Guru Honorer! Ada Penambahan Formasi dalam PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022

Guru Honorer –  Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru tahap 3 resmi akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Hal tersebut sejalan dengan peraturan yang telah diterbitkan oleh pemerintah.

Menurut informasi, dalam perekrutan PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini terdapat tiga mekanisme pengangkatan guru menjadi ASN, mekanisme yang pertama yaitu langsung penempatan,  seleksi kesesuaian/verifikasi, dan juga melalui mekanism eseleksi tes.

Mekanisme seleksi PPPK guru tahun 2022 tersebut, tentu juga sangat mempengaruhi pembagian formasi bagi seluruh pelamar. Sebab dalam penentuan formasi PPPK guru tahap 3 merupakan gabungan dari sisa formasi PPPK 2021 dengan formasi Pemda tahun 2022. Maka dengan adanya penambahan jumlah formasi ini, akan terlihat status daerah yang sangat aman, aman, tidak aman, atau sangat tidak aman.

Baca Juga:  Mengenal Jenjang Kepangkatan, Jabatan Fungsional, dan Angka Kredit Guru

Tercatat terdapat 193.954 guru honorer yang sudah lulus passing grade pada seleksi PPPK tahun 2021, dan menurut informasi sejumlah itulah yang akan diprioritaskan atau diangkat lebih dulu. Namun,pada  jumlah formasi yang ada sebagaimana disebutkan diatas masih belum memenuhi jumlah pelamar, artinya formasi tersebut masih tetap kurang.

Jika jumlah formasi yang ada tidak ditambah, maka akan banyak guru honorer yang memperebutkan sisa formasi dengan jumlah 149.677 saja, sedangkan jumlah pelamar yaitu 564.238 guru honorer. Tentu saja ini tidak sebanding dengan jumlah pelamar yang telah memenuhi passing grade.

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu! Ide Game Ice Breaking MPLS Seru dan Menyenangkan

Sejalan dengan problem tersebut, Kemen PAN-RB bersama Pemerintah Dearah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengadakan Rapat Koordinasi yang membahas tentang teknis PPPK guru tahap 3 ini.

Rapat Koordinasi tersebut akan membahas salah satunya yang berkaitan dengan daerah mana yang membutuhkan tambahan formasi agar semua pelamar PPPK dan guru honorer dapat memperoleh formasi semuanya.

Halaman selanjutnya

Dari daerah yang kekurangan…

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Paham! Cara Print Data Pada Microsoft Excel Agar Tidak Terpotong

News

Memahami Model Pembelajaran Kooperatif

News

Simak Cara Cek Masa Kerja Honorer sebagai Penentu Prioritas atau Umum pada PPPK Tahap 3
https://naikpangkat.com/cara-meningkatkan-hasil-belajar-menggunakan-pjbl/(buka di tab baru)

News

Download Gratis! Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Disini

News

Download Materi Hari ke 1 Diklat Bedah Kurikulum Prototipe : Mengenal Lebih Dalam Tentang Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Dimasa Pemulihan Pembelajaran

News

Guru Wajib Tahu! Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka dan Contohnya

News

Ide Lomba Online Kreatif untuk Siswa Merayakan 17 Agustus
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pelatihan-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-menggunakan-canva-dan-power-point%e2%80%bc/

News

Atasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Asesmen Diagnostik