Home / Kenaikan Pangkat / News

Minggu, 29 Agustus 2021 - 23:32 WIB

Jenis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS Golongan III

Bagi seorang guru PNS yang ingin mendapat kenaikan pangkat harus memenuhi beberapa syarat. Di antara syarat tersebut adalah membuat publikasi ilmiah. Adapun untuk guru PNS golongan III, terdapat beberapa jenis publikasi ilmiah yang harus dipahami sebelum melakukan pengajuan kenaikan pangkat. 

Petunjuk secara lengkap terkait persyaratan kenaikan pangkat guru PNS dapat dilihat pada buku 4: Pendoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (2019). Di dalam buku tersebut dijelaskan berbagai jenis publikasi ilmiah serta angka kreditnya dalam pengajuan kenaikan pangkat guru.  

Untuk para guru PNS yang saat ini sedang dalam proses pengajuan pangkat dari golongan III, publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Hampir seluruh tahapan kenaikan golongan di golongan III tersebut ini membutuhkan adanya publikasi ilmiah. 

Publikasi ilmiah yang bisa dibuat oleh guru PNS golongan III dapat berupa buku pelajaran, laporan penelitian, artikel ilmiah populer, buku diktat, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis publikasi tersebut memiliki angka kredit yang berbeda dan digunakan pada tahapan yang berbeda juga. 

Baca Juga:  Diklat Gratis Bersertifikat 40 JP, Daftar Segera Sebelum Ditutup!

Berikut ini akan dijelaskan terkait publikasi ilmiah yang berkaitan dengan kenaikan pangkat guru PNS golongan III. 

Guru Golongan III/a ke III/b

Untuk para guru yang ingin naik pangkat dari golongan III/a ke III/b, sebenarnya tidak wajib untuk melakukan publikasi ilmiah. Namun jika memiliki karya ilmiah seperti best practice dan sejenisnya bisa diajukan sebagai bahan penilaian. Dan itu akan mendapat penilaian sesuai dengan karya yang dibuat. 

Dalam proses pengajuan kenaikan pangkat pada golongan ini yang dibutuhkan hanya laporan pengembangan diri dalam kegiatan kolektif. 

Guru Golongan III/b ke III/c

Pada tahap ini, seorang guru PNS yang ingin naik pangkat harus membuat publikasi ilmiah. Karya ilmiah apa yang boleh diajukan, boleh secara bebas menentukan. Guru bisa mengajukan jurnal, artikel ilmiah populer, Laporan Penelitian Tindakan Sekolah,  dan lain sebagainya. 

Golongan III/c ke III/d

Pada tahap ini, persyaratan wajib untuk kenaikan pangkat adalah membuat publikasi ilmiah di mana angka kreditnya minimal harus mencapai 6 poin. Di sini belum ditentukan jenis publikasi ilmiah apa yang harus dibuat. Yang penting dari publikasi tersebut dapat memenuhi angka kredit yang telah ditentukan. 

Baca Juga:  3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Guru dalam Proses Penilaian Siswa

Golongan III/d ke IV/a

Nah, di tahap ini guru PNS harus membuat publikasi ilmiah yang sudah ditentukan jenisnya di mana salah satu dari publikasi tersebut harus berupa penelitian dan telah diseminarkan– minimal dihadiri oleh 15 peserta yang datang dari lebih dari 2 sekolah. Angka kredit minimal yang harus didapatkan dari publikasi ilmiah ini  adalah 8. 

Nah, itulah sedikit informasi terkait publikasi ilmiah yang harus dipenuhi oleh guru PNS yang ingin naik jabatan dari golongan III. 

Daftarkan Diri Anda pada workshop “Trik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Anti Plagiasi” melalui link berikut ini:

LINK PENDAFTARAN WORKSHOP

Dapatkan harga spesial yang lebih murah dengan cara bergabung sebagai member e-Guru.id. Lakukan pendaftaran menjadi member melalui link berikut:

DAFTAR MEMBER E-GURU.ID

Informasi lebih lanjut:

085604077532 (Haris)

Share :

Baca Juga

News

Biaya dan Syarat Mendaftar PPG Mandiri 2022

News

Cara Download Fasilitas Pelatihan Bedah Kurikulum Prototipe 32 JP

News

Pelatihan Khusus Bersertifikat 90JP “Cara Mudah Menulis Buku Ber-ISBN”

News

Pentingnya Penerapan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Sejak Dini
APLIKASI TAP

News

RPP Model Baru dalam Kurikulum 2013
cara menggelar ujian online

News

3 Aplikasi Terbaik untuk Menggelar Ujian Online

News

Ketentuan dan Hal yang Dilarang dalam Penggunaan Dana BOS 2022

News

3 Kabar Gembira Dari Menteri Keuangan Untuk Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Madrasah