Jadikan Pembelajaran Lebih Menarik dengan Teka-Teki Silang Puzzlemaker!

- Editor

Kamis, 7 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Teka-Teki Silang Puzzlemaker – Menggunakan metode pembelajaran yang beragam menjadi sangat penting karena akan membuat hasil belajar yang berbeda-beda pula.

Namun seringkali metode yang diterapkan adalah metode klasik berupa ceramah oleh guru. Oleh karena itu siswa kurang antusias dalam mengikuti dan berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan.

Oleh karena itu diperlukan solusi agar guru dapat menghidupkan proses pembelajaran salah satunya dengan mengembangkan metode belajar sambil bermain.

Meskipun slogan tersebut erat kaitannya dengan satuan pendidikan taman kanak-kanak namun bukan menjadi masalah bila diterapkan pada jenjang pendidikan lainnya.

Kreativitas guru menjadi hal utama dalam mengembangkan media belajar yang menarik. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah mengintegrasikan game dengan materi belajar.

Ada berbagai macam game yang bisa digunakan, salah satunya dengan menggunakan teka-teki yang dibuat dengan aplikasi Puzzlemaker.

Penggunaannya yang mudah dan dapat membuat TTS dengan cepat akan sangat membantu guru dalam menyusun media belajar.

Sekilas tentang Teka-Teki Silang

Teka-teki silang merupakan sebuah permainan yang cara memainkannya dengan mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak dengan huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petujuk

Penggunaan teka-teki silang sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif media belajar dengan karakteristik permainan TTS yang mudah dan menyenangkan, maka diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran

Namun teka-teki silang ini juga memiliki kekurangan diantaranya susah diterapkan untuk beberapa mata pelajaran seperti matematika,  fisika atau kimia yang memuat rumus atau angka-angka baik itu dalam pembuatan oleh guru maupun pengerjaan oleh siswa

Kelebihan penggunaan TTS dalam pembelajaran antara lain siswa lebih aktif dan kreatif dalam menemukan jawaban dari pertanyaan berdasarkan petunjuk yang diberikan

Manfaat dalam menggunakan TTS dalam pembelajaran antara lain meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengasah otak qgar mengingat suatu hal dan dapat berkonsentrasi.

Mengharuskan kita terus berpikir serta menganalisis. Selain itu, bermain sambil belajar TTS juga dapat membantu mempertajam ingatan

Puzzlemaker

Salah satu web untuk membuat teka-teki silang yang mudah digunakan baik untuk siswa, guru, maupun orang tua adalah Puzzlemaker. Ya, teka-teki silang Puzzlemaker.

Selain TTS juga dapat digunakan untuk membuat Word Search Puzzle, Double Puzzle, Falen Pharse Puzzle, Cryptogram Puzzle dan lain lain. Salah satu syarat yang harus ada dalam pembuatan TTS ini adalah PC harus terhubung dengan Internet

Langkah pertama dalam membuat TTS dengan aplikasi ini dengan mengunjungi web Puzzlemaker lalu klik menu Criss-Cross Puzzle.

Selanjutnya bisa isikan judul untuk teka-teku yang akan dibuat, lalu masukan kata-kata dan petunjuk yang sudah di susun. Yang harus diperhatikan adalah pada setiap baris masukkan kata diikuti dengan spasi dan kemudian petunjuk untuk kata tersebut.

Apabila telah selesai bisa klik Create My Puzzle, maka puzzle yg dibuat telah siap bisa langsung di copy di microsoft word.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak perlu mendownload aplikasinya, dapat disimpan dalam bentuk word yang dapat di edit, penggunaannya simple dan mudah, bisa dibuat beberapa jenis puzzle.

Langkah Membuat TTS

Lebih lanjut, berikut langkah-langkah membuat Crossword Puzzle atau teka-teki silang Puzzlemaker (langkah ini sewaktu-waktu bisa berubah).

  • Buka halaman aplikasi online pembuat teka-teki silang di Teacher’s Corner.
  • Akan muncul tampilan halaman website Teacher’s Corner pada page aplikasi online pembuat Teka-Teki Silang.
  • Masukkan judul Anda.
  • Lalu masukkan instruksi khusus Anda (jika diinginkan).
  • Masukkan kata-kata Anda di kolom kiri.
  • Letakkan petunjuk yang sesuai di kolom kanan.
  • Pilih font yang Anda inginkan.
  • Klik pada tombol “Make Crossword Puzzle” berwarna hijau.
  • Anda kemudian dapat menambahkan gambar, warna dan mengubah ukuran teka-teki silang dengan opsi di menu biru (halaman berikutnya).
  • Anda kemudian dapat mencetak, atau mengonversi gambar Anda ke PDF atau file Gambar (untuk digunakan dalam Word).

Untuk memfasilitasi guru yang ingin berkreasi dengan menggunakan Puzzlemaker, e-Guru.id kembali membuka pelatihan yang berjudul “Belajar Sambil Bermain Teka-Teki Menggunakan Puzzlemaker” yang akan dilaksankan pada 11-20 April 2022.

Pelatihan bersertifikat 32 JP yang akan di bimbing oleh Agus Sani Wijaya, M.Pd Selaku instruktur yang akan memberikan materi berkenaan dengan penggunaan Puzzlemaker dalam pembuatan TTS untuk media pembelajaran.

Klik disini untuk mendaftar!

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya
 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2
Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?
Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur
Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru
30 Soal MOOC dan Jawaban Evaluasi Akademik PPPK 2024 Terbaru
Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 1
Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Database BKN Masih Ada Kesempatan Jadi Guru PPPK 2024
Berita ini 86 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:20 WIB

 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:06 WIB

Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:23 WIB

Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:42 WIB

Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru

Berita Terbaru

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 18:16 WIB

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 12:00 WIB

Langkah - Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Langkah – Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jumat, 12 Jul 2024 - 14:38 WIB