Inilah Pelatihan Guru yang Wajib Diikuti

- Editor

Minggu, 2 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru mempunyai peran yang penting dalam kegiatan belajar dan mengajar untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan juga efektif. Walaupun terlihat sepele, namun hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak pelatihan guru yang wajib diikuti agar bisa menjadi guru yang profesional. Untuk itu, pihak sekolah harus mengadakan pelatihan dan memberikan contoh pelatihan untuk guru.

Pelatihan guru ini ditujukan untuk para guru untuk menjadi guru profesional dan dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Jenis pelatihan yang bisa guru ikuti ada banyak, mulai dari teknik merencanakan pembelajaran hingga bagaimana cara meningkatkan pembelajaran yang efektif.

Kegiatan pelatihan untuk guru termasuk ke dalam bagian internal manajemen pada bidang ketenagaan di sekolah yang wajib dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan para pendidik. Kegiatan tersebut bukan hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, namun juga dengan tujuan agar guru bisa mendapatkan keunggulan kompetitif dan bisa memberikan pelayanan terbaik. Artinya, lewat pelatihan guru mereka bisa meningkatkan kinerja yang berkualitas.

Pelatihan Guru yang Wajib Diikuti

Ada banyak pelatihan guru yang bisa Anda ikuti. Berikut ini contoh pelatihan guru yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerja.

Pelatihan Leadership (Kepemimpinan)

Pelatihan guru yang pertama yaitu pelatihan dan pengembangan guru di bidang kepemimpinan. Pelatihan ini berfokus kepada peningkatan kualitas guru pada bidang kepemimpinan atau leadership. Meningkatkan kualitas guru dalam bidang kepemimpinan ini bisa mendorong terjadinya akselerasi peningkatan kualitas di bidang pendidikan.

Pada hakikanya, guru merupakan pemimpin di dalam kelasnya dan juga bagi dirinya. Dengan mengikuti pelatihan ini, guru akan berlatih bagaimana caranya mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kemaslahatan banyak pihak. Harapannya dengan bekal jiwa kepemimpinan ni, guru bisa menularkan ilmu tersebu kepada rekan guru lain dan juga siswanya di dalam kelas.

Pelatihan Koperasi dan Kewirausahaan

Kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan program yang dianjurkan untuk disisipkan ke dalam pembelajaran di dalam kelas. Tidak hanya jenjeng SMA atau SMK, bahkan TK atau SD juga sudah mulai ditanamkan jiwa kewirausahaannya. Agar guru bisa mendukung program tersebut, maka Anda harus mengikuti pelatihan guru tentang koperasi dan kewirausahaan.

Pelatihan guru tentang koperasi dan kewirausahaan memiliki materi seputar pengertian koperasi secara umum, bagaimana memanfaatkan koperasi sekolah sebagai ruang belajar siswa akukntansi dan wirausaha, peluang menjadi wirausahawan bagi siswa, serta menjelaskan bagaimana peran guru dalam membina koperasi di sekolah.

Pelatihan Aplikasi Pendidikan atau Teknologi

Pada zaman sekarang ini, seorang guru tidak boleh gaptek. Kondisi pandemi yang sudah kita lalui, telah mendorong percepatan digitalisasi pada berbagai aspek kehidupan, termasuk juga pendidikan. Kegiatan belajar mengajar tidak dapat dipisahkan dari teknologi agar tetap berjalan dan meminimalisir potensi learning loss yang dikhawatirkan banyak pihak.

Yuk Daftar pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Pelatihan Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web”. Daftar Sekarang di link berikut http://online.e-guru.id/aff/40180/2114/checkout dan dapatkan bonus diklat atau pelatihan gratis.

Untuk itu, penting bagi guru untuk mengikuti berbagai pelatihan guru seperti ini untuk mengupgrade kemampuan dan meningkatkan keterampilan literasi digital. Selain meningkatkan kompetensi guru, pelatihan ini juga bermanfaat bagi guru untuk mengaplikasikannya di dalam kelas dan membuat kegiatan belajar mengajar tetap bermakna serta kekinian.

Pelatihan Ice Breaking

Ice breaker merupakan teknik yang digunakan dalam kegiatan seminar, kegiatan belajar mengajar, pertemuan, atau kegiatan pelatihan-pelatihan untuk memecahkan kejenuhan dari peserta pelatihan. Pelatihan ini wajib untuk Anda ikuti untuk membekali diri Anda dengan kemampuan mengarahkan otak, membangun kembali suasana belajar agar lebih santai dan menyenangkan, serta menjaga stabilitas kondisi pikiran siswa.

Dengan adanya kemampuan menyelenggaralan kegiatan iced breaking dan energizer yang baik, proses penyampaian dan penyerapan pelajaran dari siswa akan lebih optimal. Sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan juga menguatkan hubungan antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.

Halaman Selanjutnya

Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup

Berita Terkait

Sistem Adiministrasi di PMM Beratkan Guru, Ini Bedanya dengan di Finlandia
Patut Dicontoh! Begini Cara Efektif Membangun Kemampuan Anak Masa Transisi PAUD ke SD
Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka
Jenis Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Meningkatkan Pengalaman Mengajar Guru
Transformasi Pendidikan, Peran AI dalam Mewujudkan Kesuksesan Kurikulum Merdeka
Strategi Mengintegrasikan Teknologi AI dalam Kurikulum Merdeka
Era Baru Pembelajaran, Inovasi Menyajikan Kecerdasan Buatan di Ruang Kelas
Cara Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint
Berita ini 613 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 12 Februari 2024 - 11:51 WIB

Sistem Adiministrasi di PMM Beratkan Guru, Ini Bedanya dengan di Finlandia

Jumat, 9 Februari 2024 - 08:00 WIB

Patut Dicontoh! Begini Cara Efektif Membangun Kemampuan Anak Masa Transisi PAUD ke SD

Rabu, 7 Februari 2024 - 10:05 WIB

Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Selasa, 6 Februari 2024 - 12:37 WIB

Jenis Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Meningkatkan Pengalaman Mengajar Guru

Senin, 5 Februari 2024 - 11:25 WIB

Transformasi Pendidikan, Peran AI dalam Mewujudkan Kesuksesan Kurikulum Merdeka

Minggu, 4 Februari 2024 - 09:10 WIB

Strategi Mengintegrasikan Teknologi AI dalam Kurikulum Merdeka

Selasa, 30 Januari 2024 - 12:19 WIB

Era Baru Pembelajaran, Inovasi Menyajikan Kecerdasan Buatan di Ruang Kelas

Senin, 22 Januari 2024 - 12:04 WIB

Cara Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint

Berita Terbaru