Ini 6 Alasan Mengapa Guru Harus Belajar Desain Grafis

- Editor

Rabu, 24 November 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru tidak hanya dituntut dapat memiliki kompetensi pedagogi yang baik dengan menguasai materi dan menyampaikan materi saja.

Namun, guru juga diharapkan dapat memiliki kompetensi lainnya seperti dapat membuat media pembelajaran yang interaktif agar materi yang akan disampaikan dapat diterima dan diingat oleh siswa secara baik.

Tapi perlukah guru harus dapat mendesain sendiri media pembelajarannya? Mengapa guru harus dapat mendesain sendiri media pembelajarannya? Berikut ini alasannya!

1. Bisa merancang media pembelajaran sesuai konsep atau Ide yang diinginkan

Guru tidak perlu bingung harus mencari media pembelajaran di internet, karena merasa tidak ada media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran yang akan disampaikan ke siswa dan waktu banyak tersita hanya untuk mencari dan memilih beragam media pembelajaran yang cocok untuk diberikan kepada siswa.  

Dengan kemampuan desain grafis yang dimiliki, guru dapat merancang dan membuat media pembelajaran yang cocok sesuai dengan konsep ataupun ide yang diinginkan. Terlebih, jika media pembelajaran tersebut dibuat oleh orang lain belum tentu cocok dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

2. Tidak perlu membayar jasa desain grafis untuk mengerjakannya

Tentunya, guru dengan kemampuan desain grafis memiliki sejumlah keuntungan lainnya, guru tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa desain grafis.

Belum tentu juga, desainer mampu memahami materi yang akan divisualkan menjadi media pembelajaran tersebut. Ditambah, waktu pengerjaan yang bisa jadi memakan waktu cukup lama termasuk waktu merevisi kembali desain tersebut.

3. Komunikasi visual lebih kontektual dan interaktif

Mendesain bisa dianggap sebuah komunikasi secara visual. Guru dengan kemampuan desain grafis memiliki kemampuan komunikasi visual yang lebih konteksual dan interaktif dengan siswa, sehingga siswa dapat mudah memahami materi yang disampaikan.

4. Tersedia beragam aplikasi desain grafis yang mudah dan praktis

Sekarang mendesain tidak memerlukan aplikasi desain grafis yang rumit dan juga berat. Makin ke sini mulai bermunculan aplikasi desain grafis yang friendly untuk pemula, mudah digunakan oleh siapa saja, dan yang pasti gratis.

Aplikasi desain grafis yang mudah dan praktis seperti Canva, Pixelab, dan Powerpoint, bisa menjadi tool yang cocok untuk pemula yang ingin belajar desain grafis khusus guru yang ingin belajar mendesain media pembelajarannya sendiri.

5. Bisa menjadi skill tambahan untuk mengembangkan karier

Kemampuan desain grafis yang dimiliki oleh guru bisa menjadi skill tambahan di luar pembelajaran, bahkan dengan kemampuan desain grafis ini, guru dapat mengembangkan karier sebagai mentor sekaligus desainer.

6. Makin disukai oleh siswa

Siswa sangat menyukai guru yang kreatif dan interaktif, bisa jadi kemampuan desain grafis ini menjadi jembatan guru agar lebih akrab dengan siswa, sehingga siswa makin antusias dalam mengikuti kegiatan.

Beberapa alasan di atas, bisa memberikan inspirasi guru untuk semakin mengembangkan kompetensi khususnya dalam kemampuan desain grafis agar dapat menciptakan media pembelajaran yang interaktif.

Jangan lewatkan diklat “Kolaborasi Aplikasi Pembelajaran Inovatif dan Interaktif” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 46 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru