Guru Wajib Tahu! Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan

- Editor

Rabu, 27 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Peran Guru Penggerak – guru penggerak merupakan guru yang memiliki sikap keteladanan untuk kemudian sebagai fasilitator dalam mengajarkan berbagai hal yang kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan mampu menggerakan seluruh ekosistem pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang berpusat pada siswa. Guru penggerak diharapkan mampu mengembangkan program kepemimpinan murid guna mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Menurut Mendikbud, Nadiem Makariem, menyatakan bahwa guru penggerak merupakan ujung tombak perubahan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya program guru penggerak diharapkan nantinya, pendidikan tidak hanya mencetak lulusan yang cerdas secara akademik saja, tetapi juga mempunyai karakter baik sesuai Pancasila.

Kriteria Umum Pendidikan Guru Penggerak

  1. Guru PNS maupun non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dan tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  2. Telah mempunyai akun guru di data pokok pendidikan.
  3. Pendidikan minimal S1/D4.
  4. Mempunyai pengalaman mengajar minimal 5 tahun.
  5. Mempunyai masa siswa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.
  6. Mempunyai keinginan kuat untuk menjadi guru penggerak.

Tujuan Program Guru Penggerak

Melalui program guru penggerak, pemerintah mengajak guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan cara menciptakan pembelajaran yang lebih berpusat pada murid. Melalui program ini, bertujuan untuk menciptakan guru penggerak yang dapat:

  • Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  • Mempunyai kematangan  moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik
  • Merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajarang yang lebih berpusat pada siswa dengan melibatkan orang tua
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan juga komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan siswa

Peran Gurun Penggerak

Seorang guru penggerak harus mampu untuk menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Guru penggerak bersikap terbuka terhadap masukan dan gagasan dari orang lain untuk mencapai solusi guna menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

Menjadi Guru itu Penting

Para siswa membawa apa yang dipelajarinyanya di usia muda ke sepanjang waktu mereka. Mereka menggunakan apa yang telah dipelajari untuk mempengaruhi masyarakat. Guru mempunyai kemampuan untuk membentuk pemimpin masa depan dengan cara terbaik bagis masyarakat untuk membangun generasi masa depan yang menginspirasi baik dalam skala local maupun global. Pera dari para guru berdampak pada anak-anak yang mempunyai kekuatan untuk mengubah kehidupan. Bukan hanya untuk anak-anak itu sendiri, melainkan juga untuk kehidupan banyak orang.

Membawa Perubahan dalam Kehidupan Siswa

Peran dari seorang guru sangat berpengaruh dalam kehidupan siswa, menginspirasi dan memotivasi siswa untuk mencapai potensi yang dimilikinya. Peran guru saat ini mempunyai banyan kesempatan untuk menjadi guru kreatif dan menggunakan metode yang dapat membuat lingkungan belajar yang optimal bagi siswa. Menjadi seorang guru juga sebagai panutan dan inspirasi siswa untuk melangkah lebih jauh dan bermimpi lebih besar.

Mendorong Tumbuh Kembang Siswa Secara Holistik

Guru penggerak mendorong tumbuh kembang siswa secara holistik dengan mengikuti aspek Profil Pelajar Pancasila. Dalam proses pembelajarannya, guru penggerak tidak terpaku pada kuirkukulum yang ditentukan. Guru penggerak melihat standari dari pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan mencocokan dengan metode pengajaran yang digunakan.

Menjadi teladan dan Agen Perubahan bagi Ekosistem Pendidikan

Perbedaan yang mendasar dari guru pada umumnya dengan guru penggerak adalah besaran dampak yang dibuat. Guru penggerak harus mampu memberikan dampak kepada guru-guru lain serta dampak untuk sekolahnya. Hal tersebut karena guru penggerak merupakan ujung tombak reformasi pendidikan di Indonesia.

Sebagai Penggerak Pendidikan

Pola pikir seorang guru sebagai penggerak pendidikan yaitu memperlakukan kesalahan dan tantangan sebagai bagian dari proses belajar. Sebagai penggerak pendidikan, guru menjadikan belajar sebagai kebiasaan rutin untuk beradaptasi dengan perubahan dan tindakan siswa.

Demikian artikel mengenai pentingnya peran guru penggerak dalam pendidikan. Guru penggerak diharapkan dapat menjadi teladan dan agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Guru penggerak harus memberikan dampak positif kepada guru-guru lain dan dampak kepada sekolahnya. Hal ini karena, guru penggerak layaknya obor perubahan di masing-masing unit pendidikan, bahkan di luar unit pendidikannya.

e-Guru menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Penulis : (AA)

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 48 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru