Guru Wajib Tahu! 6 Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati di Tahun 2022

- Editor

Selasa, 3 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tren Pendidikan Tahun 2022 – Tren Pendidikan seiring berjalannya waktu juga berubah- ubah, tidak hanya tren fashion saja yang berubah, tahun 2022 banyak tren pendidikan yang baru.

Tren pendidikan di abad 21 membutuhkan bantuan teknologi untuk menjembatani kegiatan belajar- mengajar sehingga teknologi modern memainkan peran yang sangat besar untuk dunia pendidikan khususnya pendidikan jarak jauh atau online.

Kita pahami betul, salah satunya teknologi yang digunakan adalah platfrom konferensi pendidikan seperti Zoom Meeting, Google Meet, Goolge Classroom, dan platformlainnya.

Tren pendidikan tahun 2022 ini sudah cukup umum didengar bukan? Nah, berikut ini tren pendidikan inovatif lainnya yang bisa Anda terapkan di sekoloah.

1. Platform E- Learning

Platform E-learning mulai marak digunakan di Abad 21 terutama sekolah yang telah menerapkan blanded learning karena memudahkan proses pembelajaran.

E-learning bisa berjalan dengan berbagai platform mulai dari video converence (ZoomMeeting, Google Meet), laerning management system (Edmodo, Google Classroom dll), diskusi online (WhatsApp grup, Facebook dll) dan lain sebagainya.

E-learning dapat diakses dari mana saja dan bersifat global. Selain itu, E – learning menghilangkan batasan waktu dan tempat dengan karakteristik kelas tradisonal dengan menggunakan mode komunikasi asynchronous seperti email, diskusi online, mahasiswa dapat mengakses 24 jam setiap hari.

2. Program Pengajaran

Penggunaan sistem penilaian otomatis dan asisten pengajar AI mulai diujicobakan di dunia pendidikan dan ini memberikan gambaran tentang tren pendidikan di masa depan.

Walaupun belum banyak di temui di Indonesia, namun tidak menuntut kemungkinan semakin canggihnya dunia teknologi program sistem pengajar AI bisa di terapkan di Indonesia.

3. Pembelajaran Immersive dengan VR/AR

Teknologi tersebut mampu membantu siswa menghilangkan distraksi dan fokus pada tugasnya.

Dengan augmented reality, Anda dapat menyajikan pembelajaran secara imersif dengan visualisasi objek. Contohnya seperti visualisasi ilmu pengetahuan alam pada fenomena tornado.

Teknologi VR AR yang digunakan pastinya tidak kalah menarik dan berkesan. Contohnya melalui SkyView, dimana pengguna dapat mempelajari astronomi ataupun rasi bintang menggunakan teknologi Augmented Reality.

4. Gamifikasi

Melibatkan permainan yang dapat menarik perhatian siswa membuat belajar menjadi menyenangkan, contohnya dengan membuat game siswa seperti menjadi detektif dan lain sebagainya disesuaikan dengan konteks pelajarannya.

Gamifikasi menggunakan teknik (mekanisme game) dari game, seperti prestasi, papan peringkat, dll., untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik dan menyenangkan di kelas.

Laporan OECD (OECD iLibrary is OECD’s Online Library for books, papers and statistics and the gateway to OECD’s analysis and data) baru-baru ini menyoroti gamifikasi dan nilai game sebagai salah satu dari 6 inovasi pedagogi inti yang memiliki kekuatan untuk membantu membentuk dan mengubah pendidikan.

Guru dapat menggunakan gamifikasi di kelas mereka untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi di seluruh pengalaman belajar.

5. Pembelajaran dengan Video

Pembelajaran dengan video saat ini mulai digemari siswa. Siswa bisa langsung menyimak guru melalui video secara langsung atau melihat versi rekamannya.

Keunggulan media video dalam pembelajaran adalah mampu menampilkan gambar bergerak dan suara, yang mana hal tersebut merupakan satu daya tarik tersendiri karena siswa mampu menyerap pesan atau informasi dengan menggunakan lebih dari satu indera.

6. Penggunaan Chatbot

Penggunaan Chatbot bermanfaat bagi siswa yang membutuhkan saran secara langsung atas tulisa akademik mereka.

Penggunaan Chatbot ini baru banyak di terapkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, untuk memudahkan pembelajaran sehari – hari.

Demikian informasi mengenai 6 Tren Pendidikan Tahun 2022 Yang Banyak Diminati yang bisa coba Anda terapkan di kelas untuk memperoleh kualitas pembelajaran yang lebih baik lagi.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayan Indonesia. DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 10:01 WIB

Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Berita Terbaru