Guru Wajib Mendaftar Lokakarya Nasional: Terampil Membuat Kuis Online dengan Google

- Editor

Selasa, 8 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lokakarya merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan para ahli dalam satu bidang yang sama untuk membahas suatu permasalahan sesuai dengan keahliannya. Lokakarya juga bisa disebut dengan workhsop yang artinya suatu pertemuan kecil sederhana.

Tujuan dari pelaksanaannya adalah agar dapat menemukan solusi atas permasalahan yang menjadi topik utama. Kegiatan ini biasanya menghadirkan pembiacara atau narasumber yang memang kompeten dalam bidang yang hendak dibahas.

Dengan demikian, alangkah luar biasa apabila guru atau tenaga kependidikan memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Karena sebagaimana yang kita ketahui, kegiatan dalam bentuk lokakarya dan sejenisnya sangat sulit ditemui.

Lokakarya biasanya merupakan salah satu agenda yang ada dalam program guru penggerak. Ini menandakan bahwa betapa pentingnya kegiatan lokakarya atau workshop bagi guru maupun tenaga kependidikan.

Pentingnya Lokakarya bagi Guru

Kegiatan ini dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang bersifat ilmiah. Karena didalamnya dibahas hal-hal yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh suatu satuan pendidikan.

Selain itu, pentingnya lokakarya atau workshop juga dalam rangka mendiskusikan program sekolah. demi peningkatan mutu sekolah. Peningkatan mutu pendidikan di sekolah haruslah mengacu pada standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan oleh BSNP.

Dalam kegiatan workshop dapat ditinjau dan dievaluasi pencapain yang telah dilakukan. Baik dalam standar isi, standar kelulusan, standar proses, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan lembaga dan pembelajaran.

Berdasarkan evaluasi-evaluasi yang dikeluarkan, maka akan dapat menentukan sampai dimana pencapaian yang telah dilakukan. Serta bagaimana tindak lanjut yang dapat dilakukan dalam rangka peningkatan mutu ke depannya.

Kaitannya dengan Aturan Mendikbud

Materi lokakarya yang paling sering dibahas adalah tentang peningkatan proses pembelajaran. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 untuk kurikulum 2013 tentang Standar Proses.

Pada pasal 1 disebutkan bahwa standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran.

Standar proses ini mengandung arti bahwasanya proses pembelajaran perlu direncanakan (dirancang), dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terselenggara secara efektif dan efisien. Berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, tentunya seorang guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran dengan maksimal.

Manfaat Lokakarya

Lokakarya memberikan berbagai manfaat bagi peserta yang mengikutinya. Karena dengan mengikuti kegiatan ini, guru maupun tenaga kependidikan bisa mendapatakan ilmu, pengalaman, melahirkan pemikiran, refleksi, analisis, maupun mengevaluasi sesuai dengan topik dan bidangnya masing-masing.

1. Tambahan angka kredit

Kegiatan lokakarya merupakan kegiatan kolektif. Angka kredit yang didapatkan dari kegiatan tersebut berbeda-beda, tergantung daripada peran.

Jika dalam lokakarya sebagai pemateri, maka angka kredit yang didapatkan adalah sebanyak 0,2. Sedangkan apabila menjadi peserta angka kreditnya adalah 0,1. 

2. Menambah wawasan guru

Melalui lokakarya, narasumber dan guru akan terfokus pada persoalan atau topik yang dibahas. Pemikiran yang terbuka antara satu dengan yang lain dalam forum akan memberikan pemahaman dan pengalaman yang kemudian dapat diterapkan didalam pembelajaran.

3. Memahami tentang tugas dan tanggungjawab

 Lokakarya memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab masing-masing sebagai guru sehingga diharapkan bisa melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Terlebih dahulu guru akan dapat menyusun rencana dan program kegiatan tentang tugas tersebut, apakah tugas mengajar atau tugas tambahan lainnya.

4. Meningkatkan kebersamaan dan kerjasama

Kegiatan lokakarya dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama antar elemen dalam kegiatannya. Dengan begitu, guru dapat memaksimalkan ruang kebersamaan tersebut untuk mendapatkan pemikiran atau hal baru.

5. Meningkatkan kompetensi guru

Dengan lokakarya, tentunya guru dapat meningkatkan kompetensinya. Karena didalamnya peserta akan terbuka berdiskusi antara satu dengan yang lain maupun narasumber dengan peserta.

Hal ini tetap tergantung pada keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan lokakarya. Kesuksesan kegiatan bukan tergantung pada seberapa lama kegiatan dilaksanakan, akan tetapi seberapa serius rasa keingintahuan peserta dalam memaksimalkan disetiap kegiatannya.

Daftarkan segera diri Anda dalam “Lokakarya Nasional: Terampil Membuat Kuis dengan Google” dan nikmati fasilitas dan bonusnya!

Klik disini untuk mendaftar

Klik disini untuk mendaftar

Berita Terkait

Info Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan Tunjangan Guru TK, SD, SMP, dan SMA/SMK
Pemerintah Melalui Kemdikbud Ubah Jadwal Pencairan TPG Triwulan 1 Tahun 2024, Benarkah Demikian?
 Kebijakan Kemdikbud yang Berpihak untuk Guru Honorer Lebih Sejahtera, Dengan Ketentuan Ini
Daftar Linieritas Kualifikasi S-1/D-IV dengan Bidang Studi PPG Prajabatan Tahun 2024
Tutorial Lengkap Langkah Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024
Ditjen GTK Berikan Bocoran Mekanisme Seleksi PPPK Guru dan PPPK Teknis Administrasi Sekolah 2024
Tuai Pro dan Kontra, Ada Isu Pramuka Akan Menjadi Mata Pelajaran? Simak Penjelasan Nadiem Makarim
Pemerintah Siapkan THR untuk Guru Non ASN Hingga Rp. 66 M, Segera Cek Rekening Anda!
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 17:37 WIB

Info Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan Tunjangan Guru TK, SD, SMP, dan SMA/SMK

Jumat, 12 April 2024 - 17:15 WIB

Pemerintah Melalui Kemdikbud Ubah Jadwal Pencairan TPG Triwulan 1 Tahun 2024, Benarkah Demikian?

Kamis, 11 April 2024 - 05:31 WIB

 Kebijakan Kemdikbud yang Berpihak untuk Guru Honorer Lebih Sejahtera, Dengan Ketentuan Ini

Rabu, 10 April 2024 - 10:40 WIB

Daftar Linieritas Kualifikasi S-1/D-IV dengan Bidang Studi PPG Prajabatan Tahun 2024

Selasa, 9 April 2024 - 10:12 WIB

Tutorial Lengkap Langkah Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024

Senin, 8 April 2024 - 10:30 WIB

Tuai Pro dan Kontra, Ada Isu Pramuka Akan Menjadi Mata Pelajaran? Simak Penjelasan Nadiem Makarim

Senin, 8 April 2024 - 08:26 WIB

Pemerintah Siapkan THR untuk Guru Non ASN Hingga Rp. 66 M, Segera Cek Rekening Anda!

Minggu, 7 April 2024 - 09:54 WIB

Jadwal Pemutakhiran Data Non ASN Resmi Diperpanjang! Perhatikan Hal- Hal ini Agar Tidak Terkendala

Berita Terbaru