Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

- Editor

Selasa, 29 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Apakah anda bingung cara menerapkan pembelajaran joyfull learning menggunakan edugame? sekarang ini e-guru.id membuka pendaftaran pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan.

Pelatihan ini merupakan salah satu diklat yang diadakan oleh e-guru.id untuk mendidik dan melatih guru agar dapat menerapkan joyfull learning menggunakan edugame dan strategi pembelajaran interaktif dan menyenangkan dengan baik dan benar.

e-guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya.

 Joyfull learning merupakan sebuah proses pembelajaran yang menghubungkan antara pendidik dan peserta didik tanpa adanya perasaan terpaksa atau tertekan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan.

Dalam penggunaan strategi joyfull learning guru harus memposisikan diri sebagai fasilitator dan mitra belajar siswa. Strategi ini dapat dilakukan karena pada era sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat.

Dengan penggunaan strategi joyfull learning akan tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat memusatkan perhatiannya secara penuh pada materi pembelajaran.

Pembelajaran joyfull learning merupakan pembelajaran yang diciptakan dengan suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh dan merasa senang. Pembelajaran ini mengharuskan guru agar dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga dapat merangsang peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Pelaksanaan Joyfull learning akan memusatkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang disusun secara menyenangkan, hal tersebut bertujuan untuk dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Sehingga dengan adanya joyfull learning tersebut guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan. Rasa menyenangkan dalam model pembelajaran ini dapat menjadikan peserta didik memiliki dorongan untuk selalu ingin tahu dan berusaha mencari tahu dengan sendirinya sehingga hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan dalam belajar.

Perasaan menyenangkan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah alat yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran..

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan strategi joyfull learning tersebut juga harus berprinsip pada sebuah kegembiaraan sebagai strategi yang dipraktikkan. Guru maupun strategi yang diterapkan juga harus mampu menjadi pelayan sekaligus melayani siswa agar didalam praktik kegiatan pembelajaran yang mampu mendorong dan memberikan hasil yang optimal.

Dalam hal ini hasil dari penerapan strategi joyfull learning mampu menanamkan sikap tanggung jawab siswa. Penerapan joyfull learning dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh  dapat dilakukan dengan berupa game based learning.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam menerapkan kegiatan pembelajaran dengan game based learning untuk mendukung strategi joyfull learning yakni aplikasi educandy, quizizz, kahoot, wordwall, liveworksheet dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut sudah dirancang untuk membuat game yang menarik dan interaktif sehingga peserta didik dapat tertantang untuk bisa memainkan game dan akan berusaha mempelajari materi agar bisa memainkan game dengan hasil yang terbaik.

Selain itu guru juga dapat memberikan reward kepada peserta didik yang berhasil menjadi pemenang dalam game yang dimainkan, sehingga hal tersebut juga dapat semakin membuat siswa tertarik untuk belajar.

Selain dengan game berbasis aplikasi tersebut, guru juga dapat menyisipkan game pada saat pemberian materi melalui zoom, google meet atau aplikasi meeting virtual lainnya seperti  permainan tebak kata, tebak gambar dan lain-lain.

Agar dapat menerapkan joyfull learning menggunakan edugame dan strategi pembelajaran interaktif dan menyenangkan, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “Joyfull Learning Menggunakan Edugame, Strategi Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis: (EYN)

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB