Home / Edutainment

Rabu, 28 September 2022 - 10:22 WIB

Guru Perlu Menguasai 3 Kemampuan ini Agar Cepat Naik Pangkat

Cara Cepat Naik Pangkat – Pada dasarnya menjadi seorang guru tentu harus memiliki banyak kompetensi, selain dari tugas utamanya yaitu mengajar seorang guru juga perlu meningkatkan kompetensi lainnya untuk keperluan naik pangkat.

 Dalam menjalankan tugasnya seorang guru akan mendapatkan angka kredit  sebagai poin penilaian kinerjanya. Poin ini akan membantu guru tersebut untuk mendapatkan kenaikan pangkat dalam jabatan sebagai seorang guru.

Untuk dapat meraih kenaikan pangkat dengan cepat tentu guru perlu menyiapkan cara- cara untuk memperoleh angka kredit. 

Angka kredit dapat diperoleh dengan memperbanyak jam mengajar atau kegiatan lain di sekolah, selain itu juga dapat mengembangkan profesinya sebagai guru.

Berikut ini 3 kemampuan yang perlu guru miliki agar cara cepat naik pangkat, yaitu : 

Pikiran Kreatif

Meningkatkan kemampuan berfikir kritis bukan hanya berlaku untuk siswa, namun juga untuk seorang guru. Dimana sebagai seorang guru yang harus dituntut untuk dapat memberikan pengajaran yang kreatif, inovatif, serta pastinya membuat siswa tertarik dengan materi pelajara.

Guru yang ingin cepat mendapat kenaikan pangkat harus dapat berpikir kreatif. Artinya, guru harus dapat melihat segala peluang yang dapat dimanfaat untuk kenaikan pangkat tersebut. Seorang guru harus mampu menangkap ide-ide menarik untuk dijadikan ide karya, baik karya inovatif maupun karya tulis. 

Baca Juga:  Cara Menulis Puisi Menjadi Mudah Bagi Pemula

Dengan pikiran yang kreatif, setiap kejadian peristiwa yang terjadi di sekitar guru pasti akan memberikan inspirasi. Misalnya, guru melihat kelas yang kotor maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai ide penelitian atau mungkin menyusun best practice terkait peningkatan kesadaran siswa dalam hal kebersihan. 

Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis juga sangat penting dimiliki oleh guru. Hampir seluruh unsur Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) dalam bentuk karya tulis. Apakah nantinya guru yang ingin naik pangkat tersebut akan membuat jurnal, artikel populer, laporan penelitian, menyusun buku, semuanya membutuhkan kemampuan menulis. 

Oleh sebab itu, kemampuan menulis ini memang harus selalu diasah oleh guru jika ingin mendapatkan kenaikan pangkat. 

Selain untuk kenaikan pangkat kemampuan menulis bagi guru juga memiliki banyak sekali keuggulan. Dengan kemampuan menulis guru dapat membuat gagasan yang kemudian bisa dibukukan, baik berupa buku pelajaran, modul maupun buku lainnya.

Halaman selanjutnya

Kemampuan Melakukan Penelitian…

Share :

Baca Juga

Edutainment

5 Rekomendasi Buku Inspirasi Guru yang Wajib Dibaca

Edutainment

Prinsip Dalam Evaluasi Pembelajaran yang Guru Harus Tahu
prinsip pembelajaran kurikulum merdeka

Edutainment

5 Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Edutainment

Tugas Utama Guru Sebagai Pendidik Profesional

Edutainment

Kaitannya Menulis dengan Profesionalisme Seorang Guru
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

Edutainment

Cara Menulis Puisi Menjadi Mudah Bagi Pemula

Edutainment

Materi Esensial dalam Kurikulum Merdeka

Edutainment

Pahami Kegunaan Canva Dalam Kehidupan Sehari- Hari