Home / Edutainment

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:40 WIB

Guru Digital Sebagai Aktor Pentingnya Penguasaan Teknologi Pembelajaran

Dibaca 45 kali

Foto: Ilustrasi guru mengajar dengan TPACK/naikpangkat.com/Singgih Nugraha

Foto: Ilustrasi guru mengajar dengan TPACK/naikpangkat.com/Singgih Nugraha

Saat ini penggunaan teknologi digital marak terjadi di segala aspek yang berhubungan dengan aktivitas maupun kegiatan siapa pun, termasuk guru. Seluruh guru harus mampu minimal mengoperasikan handphone ketika pembelajaran berlangsung. Itulah mengapa disebut sebagai guru digital.

Ketika pengajaran berpusat pada guru, teknologi dan media digunakan untuk mendukung penyajian pengajaran. Misalnya, guru dapat menggunakan papan tulis elektronik untuk menampilkan variasi grafik batang saat peserta didik memprediksi pertumbuhan populasi dari waktu ke waktu. Guru juga dapat menggunakan bagan saku untuk menunjukkan bagaimana arti kalimat berubah ketika kartu kata disusun ulang. Memproyeksikan video langsung dari kebun binatang dapat memfasilitasi presentasi tentang kebiasaan makan burung. Tentu saja, bahan ajar yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan dan mendorong pembelajaran.

Sebagai informasi, perangkat digital memperluas dan meningkatkan kemampuan guru untuk memenuhi berbagai peran dan tanggung jawab yang terkait dengan sosok seorang pendidik. Perangkat teknologi lebih memungkinkan guru digital untuk merencanakan dan memberikan pengajaran interaktif sambil berpartisipasi dalam komunitas praktik global dengan sesama pendidik.

Pembelajaran Digital

Perlu diketahui, pembelajaran guru digital mencakup media dan interaktif. Presentasi pembelajaran dengan lancar mengintegrasikan video dan audio digital yang dialirkan dari file berbasis Internet yang berasal dari klip pendek yang menunjukkan konsep tertentu hingga film dokumenter berdurasi penuh. Contohnya adalah DVD yang menunjukkan segmen dalam gerakan lambat atau cepat atau sebagai gambar diam untuk memperkuat hasil yang ditargetkan untuk peserta didik. Presentasi Powerpoint atau Prezi mengintegrasikan animasi, suara, dan hyperlink yang dipilih secara strategis dengan informasi digital untuk meningkatkan pembelajaran.

Guru digital menggunakan perangkat digital genggam, seperti: Sistem Respon Pribadi (SRP), untuk mengumpulkan dan menampilkan secara grafis jawaban peserta didik atas pertanyaan guru. PRS, yang biasa disebut clicker. Clicker adalah keypad nirkabel yang mirip dengan remote TV yang mengirimkan respon peserta didik. Menggunakan PRS selama instruksi meningkatkan interaktivitas peserta didik-guru dalam pengaturan seluruh kelas.

Penggunaan PRS dalam pendidikan termasuk mengukur pemahaman peserta didik tentang konsep, membandingkan sikap peserta didik tentang ide-ide yang berbeda, memprediksi situasi “bagaimana jika”, dan memfasilitasi latihan dan praktik keterampilan dasar.

Halaman selanjutnya

Alat Penilaian Seluler…

Share :

Baca Juga

Edutainment

Mengenal Pembelajaran P5 dan Intrakurikuler PAUD

Edutainment

Rekomendasi Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Semester Baru

Edutainment

Duka Menjadi Guru Muda di Sekolah, Apakah Anda Juga Merasakan?

Edutainment

Penerapan Literasi Media Sosial untuk Penguatan Karakter Peserta Didik

Edutainment

Sangat Penting! Berikut Manfaat dan Tujuan Literasi Numerasi

Edutainment

Tips Mudah Cara Mengenali Gaya Belajar Siswa
prinsip pembelajaran kurikulum merdeka

Edutainment

Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK merupakan sebuah hal yang penting bagi guru dan peserta didik.

Edutainment

Penguatan Karakter Siswa melalui Kompetensi 4C