Guru Bisa Mengajar Lebih Seru dengan Cara Membuat Animasi

Cara Membuat Animasi – Guru masa kini dituntut dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Guru harus dapat membuat suasana belajar di dalam kelas lebih seru. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan cara membuat animasi. Animasi tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah konsep pelajaran yang sulit dan menjenuhkan menjadi lebih mencair.  

Di masa lalu seorang guru banyak mengandalkan buku sebagai dasar mengajar. Dan kemampuan dalam menyampaikan materi menjadi penentu utama apakah siswa di dalam kelas dapat memahami pelajaran atau tidak.  Alat-alat peraga di masa lalu masih sangat terbatas.

Dulu, ketika guru Geografi ingin menunjukkan sebuah peta dunia, maka harus membawa peta yang ukurannya sangat besar ke dalam kelas. Terkadang jika jumlah peta tersebut terbatas, guru harus menggambar sendiri di papan tulis.  

Penggunaan alat peraga sendiri dalam metode pengajaran sangat penting. Dengan media tersebut, guru dapat menerangkan sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkret. Pasalnya, siswa dapat melihat konsep lebih jelas menggunakan panca indra.

Baca Juga:  Diklat Bersertifikat 64JP : Mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Membuat Animasi untuk Mengajar

Guru masa kini sangat terbantu dengan kehadiran teknologi yang selalu berkembang. Guru Geografi sekarang yang akan menerangkan sebuah peta dunia sudah tak perlu membawa peta yang berat ke dalam kelas. Guru bisa menunjukkan gambaran peta secara langsung melalui video.  Atau jika ingin lebih menarik, bisa membuat film animasi yang berisi tentang peta dunia. 

Animasi adalah sebuah gambar bergerak, yang biasanya berupa karakter kartun. Karakter yang lucu dalam sebuah animasi akan sangat menarik di mata anak-anak. Pasalnya, dunia kartun sangat dekat dengan kehidupan mereka.

Apakah anak yang tidak suka film animasi/kartun? Nyaris semua anak pasti suka dengan hal tersebut. 

Nah, jika film animasi seperti ini digunakan sebagai alat peraga dalam mengajar akan lebih mudah bagi guru untuk menerangkan pelajaran.  

Baca Juga:  Tips Menulis dan Publikasi Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat Guru

Cara Membuat Animasi Menggunakan Toontastic

Membuat animasi sendiri bukan suatu yang sulit dilakukan. Anda bisa menggunakan aplikasi Toontastic 3D. Sebenarnya banyak sekali program instan yang bisa Anda gunakan untuk membuat film animasi. Namun Toontastic 3D sangat direkomendasikan karena lebih mudah digunakan dan cocok untuk media mengajar seorang guru.  

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa membuat karakter-karakter yang lucu. Karakter tersebut bisa Anda atur dapat bertingkah dan berbicara layaknya manusia. Dan dengan dengan aplikasi ini juga memungkinkan Anda menyusun sebuah cerita sesuai dengan konteks pelajaran yang ingin Anda sampaikan kepada siswa-siswi Anda.

Terobosan dalam Mengajar

Mengajar menggunakan animasi adalah salah satu terobosan dalam metode pengajaran yang bisa Anda lakukan. Dengan karya seperti ini, akan membuat Anda sebagai guru inovatif. Ke depannya, hasil pembuatan film animasi sebagai media pembelajaran dapat Anda gunakan untuk mengembangkan keprofesian Anda sebagai guru.

Share :

Baca Juga

membuat soal lewat wa

Karya Inovatif

5 Aplikasi yang Bisa Digunakan Guru untuk Membuat Ujian Online

News

Guru Wajib Tahu! Berikut Panduan Teknis Peserta Ujian Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Berbasis Domisili!

Pengembangan Diri

Daftar Sekarang Gratis! Seminar Pembelajaran Digital

Advertorial

Penting! Ikutilah Pelatihan Bersertifikat 32JP Penysunan DUPAK Guru
https://naikpangkat.com/mengenal-fitur-fitur-aplikasi-canva/

Pelatihan Guru

Jangan Lewatkan! Diklat 64JP “Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022”

News

Membuat Video Pembelajaran Menarik Menggunakan Camtasia, Daftar Pelatihannya Sekarang!

Pelatihan Guru

Gratis : Diklat Menyusun KTI Inobel Bersertifikat 40JP
https://naikpangkat.com/terbaru-struktur-kurikulum-merdeka/

News

Diklat Gratis 40 JP: Menguatkan Kompetensi Guru Menyongsong Kurikulum Paradigma Baru