Home / News / Pelatihan Guru

Rabu, 21 September 2022 - 08:36 WIB

Download Materi Hari Kedua Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP : Fitur Dasar Classpoint

Fitur Dasar Classpoint – Guru Pintar Official telah menyelenggarakan Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP Hari Kedua, dimana hari kedua pelatihan tersebut membahas tentang fitur dasar yang ada pada Classpoint.

Pada hari pertama peserta pelatihan tersebut mendapatkan materi tentang Panduan Instalasi Classpoint Untuk Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Hari Kedua Tentang Fitur Dasar Classpoint

Terdapat beberapa fitur dasar yang ada pada Classpoint, antara lain sebagai berikut :

  • Kode Kelas / Class Code 

Dalam memulai pembelajaran yang interaktif, Guru dapat memberikan kode kelas kepada setiap siswa yang akan bergabung ke kelas daring. Siswa tidak harus mendownload aplikasi dalam mengikuti kelas yang diselenggarakan oleh guru.

Mulai slideshow dan temukan kode kelas di pojok kanan atas. Siswa cukup membuka classpoint.app dan bergabung menggunakan kode kelas yang terdapat padaPower Point.

  • Fitur Anotasi / Annotation

Saat menjalankan Class Point di dalam Power Point terdapat beberapa fitur dasar yang dapat digunakan dan salah satunya adalah fitur anotasi pada Power Point dengan Class Point. 

Fitur anotasi ini terdapat di toolbar bagian bawah saat Anda memfungsikan Power Point dalam mode slide show. Pada fitur anotasi terdapat beberapa alat yang dapat digunakan yakni:

  • Laser Pointer 
Baca Juga:  Merdeka Belajar Episode 22 : Guru Wajib Tahu Transformasi Seleksi Masuk PTN Untuk Peserta Didik

Laser Pointer dapat digunakan sebagai penunjuk layar slide saat menerangkan isi slide.

  • Pulpen Digital

Dapat digunakan sebagai tinta digital dalam membuat tulisan dan coretan pada slide, warna pulpen digital dapat disesuaikan dengan keinginan, pilihan warna dapat dilakukan pada menu pita Inknoe Class Point yang terdapat di bagian menu Power Point.

  • Highlighter 

Higlighter digunakan sebagai penjelas pada konten pelajaran yang terdapat pada slide.

  • Erase

Jangan khawatir jika melakukan kesalahan saat membuat dokumen,  Anda dapat menggunakan alat penghapus (Erase) yang tersedia untuk menghapus hasil coretan/ tulisan.

Jika Anda ingin menyimpan tulisan/coretan yang telah ditambahkan pada slide, saat Anda memililh‘esc’ untuk keluar dari mode slideshow, akan muncul notifikasi pilihan apakah Anda ingin menyimpan anotasi atau tidak.

Jika iya, maka silahkan pilih ‘keep’ dan pilih ‘discard’ untuk tidak menyertakan anotasi pada slide pembelajaran.

  • Papan Tulis Digital / Whiteboard

Salah satu fitur yang digemari pada Class Point adalah fitur Papan Tulis Digital atau Whiteboard, dimana Anda tidak perlu menggunakan media lain saat ingin memberikan penjelasan lebih lanjut pada suatu materi.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Fitur ini terdapat pada toolbar dibawah menu Class Point saat Anda dalam mode slideshow. Setelah Anda memilih fitur Papan Tulis Digital, maka menu pilihan papan tulis akan muncul. Tambahan anotasi pada papan tulis digital dapat kemudian disimpan sebagai bagian dari slide pembelajaran.

Anda juga dapat menyesuaikan latar belakang papan tulis digital sesuai dengan pilihan Anda.  Pilih menu ‘Whiteboard Background’ pada pita menu Inknoe Class Point pada Power Point. 

Anda dapat pula menyesuaikan latar belakang papan tulis digital hingga 6 papan tulis yang berbeda. Pilih tanda titik tiga di pojok kanan bawah pada setiap papan tulis yang Anda ingin sesuaikan. 

Lalu, Anda bisa memilih ‘Use an image’ jika Anda ingin menggunakan latar belakang/gambar yang tersimpan pada PC/laptop Anda, atau bisa memilih ‘Use current slide’ jika Anda ingin menjadikan slide yang saat ini terlihat untuk menjadi latar belakang Papan Tulis digital Anda.

Halaman Selanjutnya

Download Materi Hari Kedua Pelatihan Gratis Bersertifikat 32JP

Share :

Baca Juga

News

Breaking News! Inilah Aturan Kerja Gaya Baru WFA Bagi PNS

News

Aplikasi Membuat TTS Online untuk Menjadikan Pembelajaran Makin Seru

News

Dokumen yang Perlu Disiapkan bagi Guru yang Lulus Tes PPPK Tahap

News

Telah Dibuka Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 6 Oleh Kemendikbud Dengan Kuota 8.000 Guru

News

Inilah Syarat, Jadwal, dan Tahapan Penyaluran Tambahan Penghasilan Guru Sesuai Aturan Terbaru 2022!

News

Tips Menjadi Guru Produktif agar Cepat Naik Pangkat!
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pe…-dan-power-point/

Advertorial

Download Materi Pertemuan Ketiga Diklat Canva Pendidikan “Kreasi Media Poster Pembelajaran”

News

Meningkatkan Prestasi Siswa Melalui Penumbuhan Rasa Percaya Diri Siswa!