Home / News

Kamis, 30 Desember 2021 - 10:41 WIB

Download Materi Diklat Gratis 40 JP Hari Keempat: Guru Belajar Menulis Refleksi Pembelajaran

Download materi diklat tentang kurikulum baru pada bagian akhir. Sekilas tentang kurikulum baru 2022 yang sedang dalam proses uji coba dengan kelebihannya yang lebih fleksibel.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menawarkan kurikulum baru yang lebih fleksibel pada 2022. Namun, sekolah tetap perlu memiliki keleluasaan untuk memilih kurikulum yang akan berubah di masa depan.

Pada penerapan kurikulum 2022 akan dilakukan secara bertahap, sehingga sekolah tidak perlu khawatir dipaksa untuk mengubah kurikulum mereka.

Mentri Pendidikan dan kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim menyatakan bahwa beliau mengizinkan setiap sekolah untuk membuat keputusannya sendiri.

Rencana penawaran kurikulum 2022 dijelaskanoleh Bapak Nadiem ketika memperingati hari guru nasional tahun 2021.

Proses Uji Coba

Kurikulum prototipe terbatas saat ini sedang diterapkan di 2.500 sekolah di seluruh Indonesia melalui program kegiatan School of Motivation.

Sekolah yang berpartisipasi dalam program ini mencerminkan keragaman yang ada dalam sistem pendidikan Indonesia.

Harapannya, uji coba kurikulum 2022 dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara pendidik untuk menafsirkan serta mengimplementasikan kurikulum.

Kurikulum Baru

Kurikulum baru tahun 2022 ini dikategorikan sebagai kurikululum yang fleskibel menurut kepala badan standar kurikulum dan asesmen pendidikan kemendikbudristek, yang juga berfokus terhadap materi-materi esensial, guna mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik.

Kurikulum 2022 menetapkan bahwa penjurusan atau peminatan IPS serta IPA pada jenjang SMA sudah tidak berlaku.
Siswa bebas memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat dan cita-citanya. Ini berarti bahwa program studi yang Anda pilih akan sesuai dengan jalur karir yang diinginkan siswa.

Baca Juga:  Pemaparan Nadiem Makarim dalam Peluncuran Kurikulum Merdeka

Namun, ada mata pelajaran wajib yang harus diselesaikan siswa, seperti Pendidikan Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,

Matematika, Musik, Pendidikan Jasmani, dan Sejarah. Artinya, jika seorang mahasiswa ingin menjadi dokter, ia dapat memilih mata kuliah tambahan sesuai minatnya, seperti biologi, kimia, atau sosiologi.

Bapak Nadiem Makarim juga menjelaskan bahwa kurikulum memungkinkan guru untuk lebih memahami, beradaptasi, dan fleksibel karena sesuai dengan kemampuan siswanya.

Kurikulum juga memberikan kesempatan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi. Jadi proses belajarnya lebih mudah. Mengubah kurikulum tidak melanggengkan pepatah, “Ganti pendeta, ubah kurikulum.” Program baru inilah yang mengembalikan kemandirian guru.

Kurikulum prototipe tersedia sebagai opsi bagi lembaga pendidikan untuk memberikan pelatihan pemulihan untuk 2022-2024.

Kebijakan Kurikulum Nasional akan direvisi pada tahun 2024 berdasarkan penilaian selama masa pemulihan pembelajaran.

Karakteristik Kurikulum Prototipe

Kurikulum baru memiliki karakteristik utama yang dapat mendukung proses pemulihan kegiatan pembelajaran yang meliputi pembelajaran berbasis projek yang berfungsi untuk mengembangkan karakter serta soft skills peserta didik,

Kemudian berfokus pada materi-materi esensial, untuk mempelajari materi lebih mendalam, serta kemudahan bagi pendidik pada kegiatan pembelajaran yang berfokus pada kemampuan peserta didik, sehingga dapat menyesuaikan dengan muatan lokal dan konteks materi.

Pengaruh Kurikulum Baru Terhadap Refleksi Pembelajaran

Pada pelaksanaan diklat pertemuan ke 4 ini, garis besar materi yang dibahas tentang guru belajar menulis refleksi pembelajaran.

Baca Juga:  4 Website Penyedia Video Footage Gratis Bebas Copyright

Sehingga dalam hal ini, penting bagi guru dalam menyongsong kurikulum baru dengan memahami tugas profesionalnya sebagai seorang pendidik, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan inovasi menulis best practice sebagai refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.

Definisi Best Practice

Best practice merupakan karya tulis yang digunakan untuk melakukan deskripsi terhadap pengalaman terbaik terkait keberhasilan individu dalam melakukan tugas terhadap tanggungjawab profesinya.

Karakteristik Best Practice

Berikut beberapa karakteristik best practice meliputi mampu mengembangkan cara baru atau inovasi dalam mengatasi suatu masalah pendidikan, khususnya pada pembelajaran, mampu memberikan sebuah perubahan atau perbedaan, sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result),

Kemudian mampu mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan, mampu menghasilkan produk moden atau kekinian dan memberi inspirasi dalam membuat kebijakan, serta cara atau metode yang digunakan bersifat ekonomis dan juga efisien.

Download Materi

Untuk memahami lebih lanjut tentang belajar menulis refleksi pembelajaran yakni memahami materi diklat kebijakan kurikulum 2022 pada pertemuan ke-4, silahkan download materi diklat pada link dibawah ini

Materi pertemuan 4 diklat semangat kiprah pendidik menyongsong kebijakan kurikulum baru 2022 dengan tema guru belajar menulis refleksi pembelajaran (download)

Kemudian untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan guru, silahkan mengikuti program diklat yang diselenggarakan oleh e-guru.id untuk berdiskusi bersama teman-teman guru Indonesia bersama pemateri yang ahli dibidangnya. salah satunya pelatihan membuat makalah best practice. DAFTAR SEKARANG!

more info: https://wa.me/6285161610200 (Lidiyah)


Share :

Baca Juga

News

Download Pedoman Terbaru ! Penerapan Kurikulum Merdeka 2022 Mengenai Struktur Kurikulum Hingga Linieritas Guru Semua Jenjang

News

Memanfaatkan Media Belajar.id dalam Pembelajaran Matematika

News

Ada Aturan Baru tentang Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru, Apa Tujuannya?

News

Pembelajaran dengan Metode Eksperimen yang Wajib Guru Coba!

News

Download Materi Hari Ke-2 Diklat 40JP Kurikulum Paradigma Baru : Meningkatkan Kompetensi Guru

News

Siswa Kurang Termotivasi untuk Belajar? Begini Solusinya

News

7 Hal Perubahan Pada Penerapan Kurikulum Baru 2022

News

Download Sertifikat dan Fasilitas Diklat Gratis 35JP ” Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat” Disini