Home / News

Senin, 21 November 2022 - 19:50 WIB

Dirjen GTK Umumkan Kategori Guru yang Dipastikan Jadi PPPK Guru 2022

Nunuk Suryani selaku Pelaksana Tugas atau Plt. Dirjen GTK memberikan kabar baik untuk para pelamar PPPK guru tahun 2022. 

Disebutkan oleh Nunuk bahwa sejumlah guru yang melamar sebagai ASN PPPK 2022 dipastikan mendapat formasi dan bisa menjadi pegawai PPPK.

Untuk jumlah guru honorer yang dimaksud tersebut sebanyak 127.186 guru baik yang dalam kategori prioritas 1 atau prioritas 2. 

Apabila kita ketahui dalam keterangan sebelumya, untuk guru honorer yang masuk kategori prioritas 1 merupakan guru yang memenuhi nilai ambang batas atau passing grade pada saat pelaksanaan seleksi PPPK 2021 namun belum mendapatkan formasi di tahun tersebut.

Dilansir dari Antara Nunuk menuturkan “Jumlah guru yang termasuk para prioritas 1 atau P1 sebanyak 193.954 guru, yang mana yang terdapat kebutuhan sebanyak 169.078 guru,” Jakarta pada Senin, 07 November 2022.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, “Dari jumlah tersebut yang tersedia formasi sebanyak 127.186 guru dan yang tidak tersedia sebanyak 41.892 guru.”

Para guru yang masuk dalam kategori prioritas 1 adalah guru yang telah memenuhi nilai ambang batas atau lulus passing grade pada seleksi PPPK tahun 2021.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Pembelajaran Berpusat pada Siswa

Apabila  dirinci, guru-guru tersebut yakni THK atau guru honorer yang telah mengajar sebelum dan hingga tahun 2005, guru non ASN sekolah negeri, lulusan PPG, serta guru sekolah swasta yang masing-masing telah lulus PG 2021.

Selain itu, Nunuk selaku Plt. Dirjen GTK juga menerangkan bagi guru yang tidak tersedia formasi, perlu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah agar guru guru tersebut dapat diangkat menjadi ASN pada seleksi selanjutnya.

“Sebanyak 24.876 guru yang termasuk kategori P1 tapi tidak terdapat kebutuhan. Dari jumlah tersebut sebanyak 11.349 di antaranya tersedia formasi, atau terbuka formasi mata pelajaran jabatan lain,” jelas beliau.

Nunuk juga menambahkan “Sehingga diharapkan dapat mengikuti seleksi kembali dengan menggunakan mata pelajaran jabatan lainnya. Sementara sebanyak 13.527 sisanya tidak tersedia formasi,”.

Perlu menjadi catatan, pada pelaksanaan seleksi PPPK Guru tahun 2022 ini menggunakan 3 mekanisme seleksi yang berbeda.

Halaman selanjutnya

Selain para guru yang masuk…

Share :

Baca Juga

News

Platform Merdeka Mengajar Harus Terapkan Kurikulum Merdeka? Berikut Detailnya

News

 BKN Rilis Aturan Resmi, Peluang Bagi Guru yang Ingin Naik Pangkat Tahun 2022

News

Cara Membuat Alur Rencana Pembelajaran Pada Kurikulum Prototipe 2022
https://naikpangkat.com/hari-terakhir-daftar-diklat-gratis-bersertifikat-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

News

e-Modul Solusi Media Pembelajaran Jarak Jauh

News

KemenPAN-RB Rilis Pembukaan Pendaftaran PPPK Guru dan Non Guru! Sudah Bisa Mendaftar?
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/

News

4 Fitur Aplikasi Socrative yang Menarik sebagai Alat Penilaian Siswa

News

Sangat Disayangkan, 60 Ribu Guru Lulus PG Gagal Diangkat Jadi PPPK Karena Hal Ini

News

Memanfaatkan Media Belajar.id dalam Pembelajaran Matematika