Dampak Sosmed untuk Siswa yang Berpengaruh Pada pembelajaran

- Editor

Jumat, 17 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dampak Sosial Media Sosial media merupakan sebuah media untuk sarana bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hadirnya sosial media dalam dunia pendidikan atau kegiatan pembelajaran tentu memiliki segudang dampak bagi pendidik maupun peserta didik sebagai penggunanya.

Sosial media menghilangkan batasan manusia untuk bersosialisasi. Dengan sosial media ini, manusia dapat saling berkomunikasi dimanapun dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jaraknya dan tidak peduli siang ataupun malam.

Sosial media memiliki dampak besar pada kehidupan kita saat ini. Seseorang yang awalnya “kecil” bisa langsung menjadi “besar” dengan bantuan sosial media, dan sebaliknya, orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” karena sosial media.

Dampak Sosial Media untuk Pembelajaran

Jika kita bisa menggunakan sosial media dengan baik, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, sebagai sarana pemasaran, perdagangan, membangun koneksi, memperluas pertemanan, dll. Namun jika kita yang dimanfaatkan oleh jejaring sosial secara langsung atau tidak langsung, kita juga akan mendapatkan sejumlah kerugian seperti kecanduan, kesulitan bergaul di dunia nyata, autisme, dll.

Setiap orang dapat menggunakan sosial media untuk mempermudah hidupnya, mempermudah belajar, mencari pekerjaan, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dan lain sebagainya.

Sosial media menambah kamus baru dalam hidup kita, yaitu selain mengenal dunia nyata, kini kita juga mengenal “dunia maya”. Semua orang bisa menjadi apa saja dan siapa saja di dunia maya. Seseorang bisa sangat berbeda dalam kehidupan antara dunia nyata dan dunia maya, ini terutama terlihat di jejaring sosial.

Sosial media dalam dunia pendidikan dapat digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran. Sosial media ini sangat bermanfaat baik bagi pendidik maupun peserta didik karena aksesnya yang sangat mudah serta dapat mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Contoh pemanfaatan sosial media dalam pembelajaran adalah pendidik dapat mengirimkan file atau materi pekerjaan rumah kepada peserta didik secara keseluruhan dalam waktu yang sangat singkat, dan peserta didik dapat dengan mudah menerima file tersebut.

Selain pendidik, peserta didik juga sangat membutuhkan sosial media, terutama di era globalisasi ini. Sosial media sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk mencari informasi yang dapat menunjang proses belajarnya. Apalagi dengan sosial media, segala aktivitas bisa dilakukan dengan praktis, sederhana dan mudah tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Peserta didik juga dapat menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dengan teman, guru maupun keluarga, serta dapat pula digunakan siswa untuk menambah wawasan serta pengetahuannya.

Berikut dampak sosial media untuk siswa:

Dampak Positif dari Sosial Media

1. Mampu Beradaptasi

Sosial media dapat membantu siswa bergerak melampaui era digital seperti saat ini. Dengan sosial media, siswa dapat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Keberadaan media sosial dapat membantu siswa mudah beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan zaman.

2. Punya Banyak Teman

Adanya sosial media dapat memudahkan siswa untuk bertemu dengan siapa saja yang diinginkan tanpa harus bertemu secara langsung. Dengan sosial media mereka dapat membuat sebuah komunitas, baik komunitas diskusi maupun lainnya yang dapat bermanfaat bagi siswa.

3. Mendapatkan Informasi

Dengan sosial media, siswa dapat bertukar informasi dengan siswa lain guna memperoleh informasi baru yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

4. Membantu Siswa Mengembangkan Rasa Empati

Dengan media sosial kita dapat berinteraksi dengan banyak orang dan hal ini dapat membuat seseorang bisa saling membantu dan menjaga satu sama lain.

5. Membantu Siswa Memperoleh Data Pelajaran dan Ilmu Lain di Luar Sekolah.

Pengetahuan tidak hanya didapat di sekolah, tetapi juga dapat dicari di luar sekolah, misalnya dengan mengakses internet, informasi yang diperoleh dapat memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat menambah wawasan siswa.

Halaman Selanjutnya

Dampak Negatif Sosial Media

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 43 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB