Home / News

Rabu, 24 November 2021 - 18:27 WIB

Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif

“Seorang guru harus kreatif!”

Bapak dan Ibu guru mungkin sudah sering mendengar kalimat itu, bukan?

Pertanyaannya, sudahkah pembelajaran kreatif diterapkan di kelas Bapak dan Ibu guru? Seperti yang kita ketahui bersama, pembelajaran kreatif mampu membuat siswa tidak cepat bosan saat belajar di kelas. Sehingga pelajaran atau materi yang guru jelaskan dapat menarik perhatian siswa. Selain itu, pembelajaran kreatif pun mampu membantu meningkatkan semangat belajar siswa. 

Adanya internet dan teknologi sebagai pendukung pembelajaran, guru dituntut untuk mampu beradaptasi dalam pembelajaran. Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, guru bisa memanfaatkan berbagai media. Karena pembelajaran kreatif dapat mendukung proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan interaktif.

Untuk menerapkan pembelajaran kreatif, beberapa kompetensi perlu guru miliki. Seperti mampu menilai kemampuan siswa dengan materi yang diajarkan dan mampu menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan. Selain itu guru juga perlu memperhatikan media pembelajaran yang efektif untuk siswa. Karena hal-hal tersebut mampu mempermudah proses belajar mengajar.

Sebagai guru, tentu perencanaan dan penyajian materi di kelas menjadi peran penting. Begitu pula dengan cara menyampaikan materi itu secara kreatif. 

Mungkin, saat ini Anda masih bingung bagaimana untuk memulai pembelajaran kreatif ini seperti apa. Nah, sekarang kami akan sajikan beberapa tips untuk membantu Anda dalam membuat suasana belajar mengajar yang lebih kreatif.

Baca Juga:  Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Animaker

1. Berpikir secara terbuka

Untuk dapat menciptakan pembelajaran kreatif, guru perlu untuk selalu berpikiran terbuka. Anda bisa mencobanya dengan melihat sesuatu dari berbagai perspektif, karena dengan pikiran yang luas, pemikiran baru hingga ide-ide segar akan mudah muncul. Hal ini berguna untuk memunculkan ide baru dalam metode pembelajaran dan bagaimana berinteraksi secara lebih kreatif dengan para siswa.

2. Tetap belajar walau sudah mengajar

Bagi siapa pun, belajar adalah kegiatan seumur hidup, bukan? Selain belajar dengan melakukan pendalaman materi yang akan diajarkan, belajar untuk meningkatkan kompetensi  juga dapat guru lakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk guru. 

Salah satu platform yang rutin mengadakan pelatihan guru dengan pemateri yang kompeten dalam bidangnya adalah E-guru.id. Dengan belajar melalui pelatihan, Bapak dan Ibu guru dapat menambah wawasan dan mengasah keterampilan.

3. Membuat kelas menjadi menyenangkan

Salah satu cara agar dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan adalah dengan memulai pembelajaran secara ramah dan ceria. Menyapa siswa dengan menanyakan kabar atau memberikan pertanyaan keakraban secara bersemangat dan ceria akan menarik perhatian para siswa. 

Dengan begitu, energi positif guru dapat menular kepada siswa dengan mudah. Suasana hati yang senang akan membuat siswa merasa nyaman dan mereka tidak akan segan atau tegang saat membuat kesalahan.

Membuat awal yang menyenangkan akan sangat mempengaruhi keseluruhan proses belajar mengajar.

4. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif

Metode pembelajaran yang baik adalah metode yang paling efektif. Dalam satu kelas, setiap siswa memiliki gaya belajar dan kecerdasan yang berbeda-beda. 

Baca Juga:  Download Materi Diklat Gratis 40 JP Pertemuan Pertama: Keterampilan Guru Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka

Maka dari itu, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, yang dapat mencangkup gaya belajar yang berbeda-beda. 

Karena jika hanya mengandalkan metode pembelajaran yang fokus dengan satu gaya belajar saja, misalnya hanya berfokus pada gaya belajar visual, siswa yang gaya belajarnya cenderung audio atau audio visual akan cepat mudah bosan.

Untuk itu guru dapat memulainya dengan memahami gaya belajar siswa dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran.

5. Membuat media pembelajaran yang tidak membosankan

Untuk mendukung metode pembelajaran yang bervariatif, media pembelajaran menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk membantu guru membuat pembelajaran kreatif.

Di masa yang serba digital ini, guru dapat menggunakan media digital seperti membuat video pembelajaran animasi menggunakan power point. Cara ini dapat membuat siswa tidak mudah bosan. Apalagi di saat pembelajaran jarak jauh ini, sajian materi menjadi sesuatu hal yang perlu diperhatikan.

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Kendala Pada Akun Pembelajaran Belajar.id? Begini Penyelesaiannya
website untuk guru

News

Cara Membuat Google Classroom untuk Pembelajaran Online

News

Inilah Hasil Rapat BKN Mengenai Nasib Guru Beserta Tenaga Honorer Tahun 2023

Advertorial

Pelatihan 32 JP: Cara Membuat Artikel Populer untuk Kenaikan Pangkat dengan Teknik ATASI

News

Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Google Sites, Inilah 5 Keunggulannya

News

Mengenal Fungsi Excel Basic untuk Administrasi Pembelajaran
https://naikpangkat.com/terbatas-diklat-gratis-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

News

Life Hack Sederhana untuk Guru yang Wajib Dicoba!

News

Apa Itu Sumber Belajar dan Alat Peraga? Begini Penyelasannya