Cara Membuat Website Pembelajaran Dengan Google Sites

- Editor

Kamis, 3 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara membuat website dengan google sites– Keperluan membuat website khususnya website pembelajaran menjadi penting, karena disamping dapat meningkatkan kreatifitas guru juga dapat meningkatkan kembali semangat siswa, terlebih saat pembelajaran daring yang membosankan hanya mengandalkan grup chat dan pertemuan virtual.

Dengan menggunakan website, informasi yang diunggah bisa menjangkau orang dalam cakupan lebih luas. Ini baik gunakan untuk memberikan sosialisasi masyarakat tentang informasi tertentu, meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu produk, maupun hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh banyak orang. Dengan begitu, tidak heran jika kini website mulai dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat untuk kemudahan akses informasi.

Website merupakan web sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Dengan demikian website pembelajaran merupakan halaman web yang dapat diakses oleh siapa saja melalui jaringan internet yang berisikan mengenai keperluan pembelajaran, mulai dari materi- materi pembelajaran, kuis dan lain sebagainya.

Apakah membuat website harus menggunakan koding dan sebagainya? bagaimana bagi guru yang masih awam terhadap keterampilan tersebut?

Jangan khawatir sekarang sudah banyak platform yang menyediakan, pembuatan website yang mudah dalam proses pembuatannya, seperti wordpress, Blog, dan salah satunya yaitu google sites. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan website dengan google sites.

Apa itu google sites? Apakah sama dengan goole form atau produk google lainnya? Yuk mari kita mengenal lebih dalam mengenai google sites.

Google Sites

Google Site merupakan suatu tool yang digunakan untuk menciptakan custom website. Mirip dengan wiki. Bapak dan Ibu bisa mengembangkan situs  anda sendiri dalam membuat website dan isinya. Kemudian Anda dapat memilih kepada siapa saja situs tersebut dibagikan.

Bapak dan Ibu dapat menentukan siapa pemiliknya, siapa yang Anda izinkan untuk mengedit dan memperbaiki situs, dan siapa yang Anda izinkan  untuk melihat situs. Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat situs menjadi kelompok kecil dan pribadi atau Anda dapat memilih untuk mempublikasikan supaya situs mudah diakses siapa saja di dunia.

Layanan ini juga memungkinkan pengaturan situs dengan mudah yang dapat dilakukan secara bersama-sama, baik kelompok maupun organisasi. Situs ini pun dapat ditampilkan secara umum, sehingga dapat diakses oleh masyarakat secara luas.

Pertanyaan muncul di benak kita yaitu, Mengapa harus menggunakan google sites? Padahal banyak platform lainnya.

Keunggulan Google Sites

  • Gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali
  • Mudah di buat. Jika anda memasukan teks, Anda dapat langsung membuat sebuah halaman web.
  • Anda bisa mengkolaborasikan dengan yang lain untuk membuat dan menyunting isi situs.
  • Terintegrasi dengan perangkat  Google lain jadi anda dapat dengan mudah berbagi video, foto, presentasi dan kalender.
  • Situs anda mudah dicari menggunakan teknologi pencari Google.
  • Semua versi halaman anda tersimpan. Anda dapat melihat kapan dan oleh siapa perbaikan-perbaikan dilakukan.
  • Anda dapat menentukan siapa yang memiliki akses ke situs anda dan tingkatan  izin yang anda berikan pada pengguna.
  • Pengguna dapat berlangganan untuk merubah halaman pengumuman. Pembaharuan akan dikirim ke iGoogle atau halaman Google Reader mereka.
  • Situs anda tersimpan di server keamanan Google.
  • Gratis penyimpanan online 100 MB.

Bukan hanya itu, Google Sites juga memberikan kesempatan untuk menambahkan berkas lampiran, serta menambahkan aplikasi google lainnya seperti Google Calendar, Youtube, maupun Picasa.

Di dalam google sites guru dapat membuat halaman web kelas yang memungkinkan orang tua siswa dapat dapat memantau kegiatannya siswanya tersebut. Didalam web kelas tersebut guru juga mampu memposting tugas, memposting video tutorial untuk siswa yang dapat ditonton di mana saja oleh siswanya, untuk membuat siswa tidak tertinggal materi pelajaran. Serta guru juga bisa membuat formulir survei yang kemudian orang tua siswa atau siswanya bisa mengisinya secara online.

Selain guru, bagi siswa juga dapat membuat portofolio pekerjaan personal mereka di google sites, serta bisa bekerjasama dengan siswa di seluruh penjuru dunia untuk bisa saling bertukar ide, serta membicarakan ide- ide yang mereka miliki.

Banyak sekali kelebihan dari google sites ini, harapannya dapat menjadi pemecah masalah bagi bapak ibu guru yang ingin bisa memiliki website pembelajaran miliknya sendiri.

Bagaimana cara membuatnya? Jika bapak ibu guru sudah tidak sabar lagi, mari simak informasi berikut ini.

Cara membuat website dengan google site

Berikut ini merupakan langkah- langkah yang perlu dilakukan bagi Bapak dan Ibu yang ingin membuat website dengan google sites secara gratis:

  1. Langkah pertama, Silahkankunjungi alamat sites.google.com terlebih dahulu. Setelah itu, masuk ke tampilan awal situs, Bapak dan Ibu diharuskan masuk melalui akun Google yang telah dimiliki sebelumnya (alamat gmail). Namun, jika bapak dan ibu belum punya, masuk ke akun, dan ketik alamat email dan kata sandi akun pada kolom yang disediakan.
  2. Selanjutnya, klik menu New Google Sites yang berada di sisi kiri halaman.
  3. Kemudian klik New atau tombol lingkaran merah dengan tanda (+) yang tersedia di pojok kanan bawah halaman. Setelah itu, situs baru Bapak dan Ibu akan terbuka.
  4. Berikutnya yaitu masukkan judul halaman utama, dengan mengetikkan nama yang diinginkan. Nama website boleh apa saja, di sesuaikan dengan isi dan kebutuhan Bapak dan Ibu. Ketikkan pada kolom Your Page Title yang berada di bagian atas halaman.
  5. Buat nama alamat situs yang diinginkan. Klik pada kolom Enter Sites Name yang berada di pojok kiri atas. Jangan lupa perhatikan, penggunaan nama situs sebaiknya memilih nama yang unik atau yang berbeda dan yang belum digunakan oleh orang lain.
  6. Langkah selanjutnya, unggah foto sampul dengan menambahkan foto terlebih dahulu di bagian atas halaman utama. Klik Change Image, lalu pilih Upload. Selanjutnya bapak dan ibu bisa pilih berkas atau file- file foto yang ingin digunakan, lalu klik tombol Open.
  7. Jika sudah, klik menu Publish atau tombol ungu yang berada di pojok kanan atas halaman.
  8. Setelah itu, situs Google Anda sudah tersedia dengan alamat sesuai keinginan yang dituliskan sebelumnya.

Belum berhenti di situ saja, masih ada beberapa langkah- langkah selanjutnya, seperti membuat halaman atau template, mengedit halaman web nya, membuat layout serta memanagemen site nya. Apabila Bapak dan Ibu guru ingin mengetahui lebih lengkap mengenai pembuatan website pembelajaran dengan google site tidak perlu khawatir lagi.

e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan bersertifikat 32 JP dengan judul Pelatihan Pembuatan Website Pembelajaran dengan Google Sites. DAFTAR SEKARANG

Atau ingin Judul lain pelatihan bersertifikat 32 JP ? KLIK LINK INI

Dapatkan pelatihan ini secara GRATIS/FREE Bagi member e-Guru.id, DAFTAR MEMBER

Ingin dibantu mendaftar ? Silahkan bisa menghubungi: 087719662338 (Rahma)

Berita Terkait

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi
Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April
Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!
Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!
Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN
Kabar Buruk Guru Sertifikasi TK, SD, SMP, SMA/SMK, Kode Status Info GTK-nya Berubah!
Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024
Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang
Berita ini 952 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 11:42 WIB

Keterangan Kemenkeu Tentang Jadwal Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG dan Tamsil untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

Rabu, 24 April 2024 - 11:00 WIB

Guru Sertifikasi Mendapatkan Kabar gembira, Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Sudah Mulai Pencairan Update 24 April

Rabu, 24 April 2024 - 10:17 WIB

Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Baru Saja Rilis Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Anda Wajib Bersiap- Siap!

Senin, 22 April 2024 - 11:41 WIB

Pengumuman Penting BKN tentang Nasib Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Data Base BKN

Senin, 22 April 2024 - 10:37 WIB

Jangan Lewatkan 22 April Akan Ada Informasi Penting dari Dirjen GTK Terkait PPG 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 10:37 WIB

Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang

Jumat, 19 April 2024 - 11:57 WIB

BKN Terbitkan Siaran Pers Tentang Tidak Ada Pendataan Non ASN 2024 dan Tidak Lanjut Hasil Pendataan Non ASN

Berita Terbaru