Home / News

Rabu, 8 Desember 2021 - 04:03 WIB

Cara Membuat Video Presentasi Materi Pembelajaran Tampak Wajah di Kelas Virtual 3D

Cara membuat video presentasi materi pembelajaran tampak wajah di kelas virtual bisa dilakukan dengan cukup mudah. 

Mungkin, kita semua nyaris pernah menemukan sebuah video pembelajaran yang cukup menarik. Yang mana, terdapat seorang guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas virtual. 

Saat menyampaikan materi tersebut, yang terlihat bukan hanya sekedar wajah gurunya saja. Tapi juga terlihat materi yang disampaikannya. Materi tersebut terlihat pas di sebuah papan tulis virtual, dan masih banyak model yang lainnya. 

Video pembelajaran seperti itu tergolong sangat menarik dan terkesan profesional. Sebagai seorang guru, tentu Anda juga ingin membuat video presentasi materi pembelajaran tampak wajah dan juga materi seperti itu, bukan? 

Sebagai guru yang belum pernah membuat video presentasi seperti itu, mungkin Anda akan berpikir, bahwa proses pembuatannya cukup sulit dan memakan waktu. Padahal sebenarnya tidak begitu sulit. Bahkan, bisa kita katakan cukup mudah. 

Untuk saat ini, sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang akan membantu Anda dalam membuat video presentasi seperti itu. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti Powerpoint, Zoom, OBS Studio, dan yang lainnya. 

Baca Juga:  Pentingnya Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan bagi Generasi Z

Dan yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana caranya apabila ingin membuat video dengan menampilkan wajah Anda agar lebih menarik. Yang menggambarkan, seolah-olah Anda ada di sebuah ruangan tertentu dalam bentuk 3D?

Dalam membuat video presentasi 3D, kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama VMix. Pernah mendengar nama aplikasi ini? 

Jadi, VMix merupakan software atau aplikasi yang hanya bisa di-instal di komputer ataupun laptop saja. Artinya, belum didukung untuk penggunaan di ponsel. 

Dalam proses pembuatan videonya, Anda dapat menggunakan teknik mengubah background videonya dengan menggunakan green screen sehingga latar belakangnya bisa Anda ubah menjadi gambar apapun, sesuai kebutuhan. Mulai dari gambar sekolah, ruang kelas, atau gambar yang lainnya.  

Menariknya, teknik mengubah latar belakang untuk membuat video 3D ini bukan hanya digunakan oleh para guru untuk membuat video presentasi materi saja, tapi juga banyak digunakan dalam proses pembuatan film. 

Agar hasil videonya lebih bagus dan optimal, maka Anda bisa menggunakan perlengkapan yang memang mendukung. Misal, dengan menggunakan kamera ponsel agar lebih jernih. Adapun caranya adalah dengan menyambungkan kamera ponsel Anda ke komputer.

Baca Juga:  Tips untuk Guru agar Pembelajaran Online Jadi Lebih Menarik

Selain itu, Anda  juga meski mengetahui bagaimana cara menggunakan green screen dalam proses pembuatan video virtual. Perhatikan juga bagian pencahayaan. 

Dan yang perlu kita garis bawahi adalah aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa membuat video pembelajaran presentasi tampak wajah sebagai video yang sangat profesional. Tidak heran jika banyak sekali guru era digital yang telah menggunakannya.

Jika Anda masih bingung bagaimana konsep video presentasi materi pelajaran virtual 3D, Anda bisa melihat-lihat video pembelajaran yang profesional yang sudah ada.  

Ikuti Diklat “Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif dengan Virtual Asisten” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

3 Aplikasi Belajar Online yang Bisa Dimanfaatkan Siswa

News

Mengenal Media Pembelajaran Audio dan Visual

News

Pengertian, Manfaat, dan Prinsip Membuat Diktat

News

Berbagai Metode Mengajar Paling Dasar yang Wajib Diketahui Guru

News

Breaking News! Telah Dibuka Pendaftaran Beasiswa Pelatihan Bahasa Untuk Guru dan Tendik, Ini Ketentuannya

News

Belajar Optimisasi Facebook untuk Pembelajaran yang Menarik

News

Wow Keren! Facebook untuk Pembelajaran

News

Alur Pendaftaran Ujian UKBI dan Manfaatnya