Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 01:01 WIB

Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Tokoh Kartun Menggunakan Plotagon

Plotagon adalah aplikasi animasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam video berbasis tokoh kartun. Uniknya, tokoh kartun yang Anda buat bisa dibuat bahkan menyerupai karakter Anda sendiri sehingga terlihat lebih personal dan tentu saja lebih berbeda.

Di aplikasi Plotagon banyak karakter, latar belakang, pakaian, dan aksesori yang berbeda untuk dipilih, Anda bisa juga menciptakan karakter khusus berdasarkan karakter siswa Anda sendiri secara detail atau bahkan agar terlihat lebih lucu.

Tak hanya itu saja, kelebihan lain dari aplikasi Plotagon ini adalah bisa digunakan di perangkat komputer maupun laptop dan juga di perangkat smartphone Anda cukup dengan mengunduh aplikasinya di Playstore.

Untuk memulai membuat video kartun dengan Plotagon, caranya kunjungi situs resmi Plotagon di https://www.plotagon.com/, kemudian di sudut kanan atas terdapat pilihan cara menggunakan Plotagon, terdapat dua pilihan perangkat yakni: Mobile App untuk aplikasi smartphone dan Desktop App untuk penggunaan berbasis komputer atau laptop.

Setelah selesai diunduh, kemudian tampilan aplikasi Plotagon akan mengarahkan Anda untuk membuat project baru, caranya dengan memilih ikon “+ Create Video” untuk menuju layar pembuatan video kartun baru.

Membuat Tokoh Kartun di Plotagon

Karena Anda pengguna baru dan belum membuat dan memasukkan aktor ataupun karakter animenya, maka akan tampil tombol “No Actor”. Dan silahkan klik tombol tersebut untuk proses pembuatan avatarnya.

Langkah selanjutnya memilih “Create Character”, karena kalian memang akan membuat karakter kustom. Anda bisa juga memilih karakter yang sudah disediakan, namun untuk itu Anda harus membelinya.

Kemudian, mulai membuat karakter. Di tahap ini Anda membutuhkan lebih banyak waktu, dikarenakan akan mengkustom karakter yang akan digunakan. Sebenarnya jika ingin lebih cepat, Anda bisa memilih randomise, namun jika ingin edit sendiri kalian bisa memulai dengan langkah berikut ini:

  • Jenis kelamin = silahkan pilih jenis kelamin sesuai karakter yang akan dibuat, bisa laki-laki dan perempuan.
  • Bentuk wajah = klik ikon disebelah kanan untuk mulai mengedit bagian selanjutnya. Dan tepat di ikon kedua, Anda bisa memilih bentuk wajah yang tersedia dan juga warna kulitnya. Namun saat ingin menggunakan pilihan yang lain, Anda harus menunggu beberapa saat sampai proses kustomisasi selesai.
  • Bentuk rambut = sama seperti bentuk wajah, Anda juga bisa memilih bentuk juga warnanya. Namun Anda juga harus menunggu beberapa saat setelah potongan rambut di klik. Dan ada beberapa potongan rambut yang tersedia jika kalian membelinya, namun pilihan yang gratis juga banyak.
  • Dan lainnya = pilihan menu ini adalah untuk membuat atau mengedit pada bagian tertentu yang menurut Anda perlu diubah, seperti kumis, baju, mata, alis, kacamata, setelah selesai melakukan kustomisasi klik “Done” untuk menyimpan karakter yang sudah dibuat.
Baca Juga:  Pentingnya Angka Kredit untuk Kesejahteraan dan Karier Guru

Mengubah Background 

Untuk mengubah latar belakang gambar atau background klik tombol “restaurant” untuk mengganti background video yang dibuat. Terdapat beberapa pilihan background yang gratis, dan terdapat pula lebih banyak pilihan yang jika kalian ingin menggunakanya kalian harus bayar. 

Cara Menambah Karakter Baru

Untuk menambahkan karakter baru, Anda bisa mengklik tombol “no actor” kembali. Kemudian silahkan buat karakternya seperti membuat karakter sebelumnya setelah selesai klik karakter tersebut untuk menambahkanya ke video.

Menambahkan Suara

Untuk menambahkan suara, Anda bisa mengklik ikon berbentuk balon percakapan kemudian pilih “No Actor” untuk memilih karakter mana yang akan berbicara.

Untuk mengisi suara dari tokoh kartun yang Anda buat, cukup tulis kata yang ingin diucapkan oleh karakter jika tidak ingin mengucapkanya sendiri silahkan tuliskan kata-katanya di kolom yang tersedia. Namun jika ingin memberikan suara sendiri, Anda bisa mengklik tombol mikrofon yang berada di samping kanan. 

Anda juga bisa memilih ekspresi ataupun nada bicara dengan mengklik tombol “neutral” yang ada disamping nama karakter. Dan jika ingin menambah suara berikutnya, silahkan ulangi langkah tersebut.

Menambahkan Musik

Langkah selanjutnya adalah menambahkan musik ke dalam video animasinya, dengan cara mengklik tombol musik. Anda bisa mendownload atau menggunakan musik yang sudah ada di komputer ataupun smartphone Anda untuk disisipkan sebagai latar suara musik di video yang sedang Anda buat.

Menambahkan Gerakan

Untuk menambahkan gestur atau gerakan karakter, klik tombol dengan ikon seperti huruf “Z” terbalik untuk menambahkan tindakan ataupun gerakan.

Menambahkan Teks

Untuk menambahkan teks, Anda bisa klik ikon huruf A dibagian paling kanan. Kemudian silahkan tuliskan teks yang ingin digunakan.

Jika sudah selesai, selanjutnya simpan video animasi tersebut ke galeri ataupun langsung ke aplikasi editing untuk mengedit lagi videonya dengan aplikasi lain. Caranya, klik tombol “Simpan” dibagian kanan atas layar editing. 

Kemudian akan muncul pilihan untuk menyimpan video dengan subtitle atau tidak, setelah itu akan muncul juga tombol render video, silahkan klik tombol tersebut dan silahkan tunggu proses rendering hingga selesai.

Video presentasi yang dibuat dengan Plotagon ini akan terlihat lebih personal dengan karakter buatan yang nyaris mendekati karakter asli yang Anda buat sehingga akan sangat menghibur para siswa agar tidak merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran secara daring.

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran dengan Tokoh Kartun Menggunakan Plotagon Android” melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Bahan Ajar Dalam Kurikulum? Yuk, Cari Tahu Di Sini!

News

Optimalkan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran

News

Inovatif! Siap Hadir Digitalisasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Indonesia.
https://naikpangkat.com/seminar-gratis-b…-sebelum-ditutup/

News

Gawat! Guru Dengan Ketegori Ini Dihentikan Pencairan Tunjangan Sertifikasinya Oleh Kemendikbud dan Pemerintah Daerah
bahaya learnig loss

News

Bahaya Learning Loss dan Cara Mengatasinya

News

Gaji dan Tunjangan PPPK, Simak Detailnya

News

Penting Diketahui Oleh Guru: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar

News

Informasi Terbaru! BKN telah merilis NIP CPNS dan NI PPPK 2021