Home / News

Selasa, 9 Maret 2021 - 12:47 WIB

Cara Membuat Siswa Cepat Bisa Membaca

Membuat siswa cepat membaca – Masalah membaca adalah pokok penting dalam satuan pendidikan di tingkat PAUD atau sekolah dasar. Terdapat beberapa cara mengajari anak membaca dengan cara yang menarik. Sehingga, harapannya, anak-anak tersebut dapat segera membaca. 

Mengajari anak tingkat PAUD maupun sekolah dasar memang memiliki tantangan sendiri. Guru tidak bisa memaksa anak-anak untuk selalu konsisten rajin belajar. Anak-anak di tingkat tersebut cenderung bersikap semaunya sendiri. Mereka akan semangat belajar di waktu yang tepat atau tidak mau belajar sama sekali di waktu berbeda. 

Salah satu teknik mengajari anak di tingkat dasar adalah menggunakan metode belajar sambil bermain, termasuk saat mengajarkan membaca kepada mereka. Dengan cara tersebut, anak-anak tidak akan merasa dipaksa untuk belajar. Namun seolah mereka sedang bermain bersama teman-teman. 

Adapun teknik mengajarkan membaca kepada anak bisa melalui berbagai media permainan, salah satunya adalah dengan cara menggunakan lagu, permainan kartu, dan main tebak-tebakan. 

Baca Juga:  Dampak Covid-19 pada Pendidikan Anak SD dan Masalah yang Harus Dipecahkan

Nah, berikut ini berbagai cara mengajarkan kepada anak agar cepat bisa membaca

Menggunakan Lagu

Lagu merupakan salah satu media yang efektif sebagai stimulus kegiatan belajar anak usia dini di bidang membaca. 

Lagu merupakan kesenangan anak-anak pada umumnya. Kosakata yang disebutkan di dalam lagu akan membantu anak-anak dalam belajar membaca. Sementara kosakata ini sangat penting dalam proses belajar membaca. Makin banyak bendahara kata di dalam otak anak, maka akan makin cepat bisa membaca. 

Selain lewat lagu, mengajari anak membaca yang seru juga bisa melalui membaca buku-buku cerita. Pilih buku yang menyajikan cerita menggunakan susunan kalimat-kalimat sederhana. Sehingga anak tidak mengalami kesulitan. 

Permainan Kartu

Permainan kartu juga tak kalah seru sebagai media belajar membaca anak. Kartu tersebut bisa berisi kata-kata yang berhubungan dengan apa saja sesuai dengan minat anak. Bisa berhubungan dengan perabotan, nama mainan, dan lain sebagainya.  

Baca Juga:  Upaya Pembentukan Profil Pelajar Pancasila

Dalam permainannya, guru dapat meminta kepada anak menempelkan kartu-kartu yang sudah diberikan kata tersebut sesuai dengan benda wujudnya. 

Tebak-tebakan

Tebak-tebakan adalah sebuah permainan yang sangat seru. Permainan ini dapat diterapkan untuk memancing anak untuk belajar membaca. 

Misalnya, guru menunjukkan kata menggunakan kertas berwarna. Para siswa diminta untuk berlomba untuk menjawat bunyi kata tersebut. 

Melalui Berbagai Media

Banyak media yang dapat membantu kemampuan anak agar segera bisa membaca. Salah satunya adalah menggunakan media yang menarik seperti film animasi dan lain sebagainya. 

Selain itu, banyak aplikasi di ponsel yang saat ini mendukung kegiatan belajar anak-anak. Anda bisa menunjukkan pada orang tua siswa untuk mendownload aplikasi tersebut. Sehingga ketika di rumah, anak-anak juga bisa terus belajar. 

Itulah beberapa cara untuk mendorong anak agar cepat bisa membaca. 

Share :

Baca Juga

News

Unduh Format Penilaian Harian Kurikulum 2013 di Sini

News

Memahami Jenis dan Manfaat Buku Teks Pelajaran
https://naikpangkat.com/cara-download-sertifikat-dan-fasilitas-diklat-gratis-32-jp-aktualisasi-asesmen-dalam-kurikulum-merdeka/

News

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran dengan Powerpoint

News

Guru Wajib Tahu! Tunjangan Pendidikan RI Mencapai 99,1 Triliun
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/

News

Mari Menjadi Guru yang Mampu Menghadapi Perubahan

News

Hati-Hati, Ada 5 Peyebab Guru Gagal Menerima Tunjangan Sertifikasi Triwulan I di Tahun 2022!

News

Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan

News

3 Aplikasi TTS Online yang Dapat Digunakan Guru untuk Mencerdaskan Siswa