Home / News

Minggu, 10 April 2022 - 01:38 WIB

Cara Memanfaatkan Google Site untuk Pembelajaran Online

Google Site untuk Pembelajaran Online – Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, terus melakukan inovasi termasuk dalam hal pengembangan aplikasi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih efisien dan efektif.

Banyak aplikasi yang dikembangkan Google yang sangat membantu dunia pendidikan dalam kebutuhan akan media pembelajaran berbasis digital. Terlebih ketika pandemi Covid-19 berlangsung yang memaksa pembelajaran harus dilakukan jarak jauh, yang membuat guru harus mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital.

Salah satu aplikasi yang sangat membantu tugas guru dalam pelaksanaan pembelajaran online adalah Google Sites. Google Sites adalah layanan website baik untuk kebutuhan pribadi maupun profesional yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, termasuk untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran secara online. Proses pemanfaatan dan penggunaannya yang relatif mudah memudahkan guru maupun siswa dalam memanfaatkan aplikasi ini.

Dalam fitur yang dikembangkan pada Google Sites pada umumnya lebih ditujukan untuk pelaksanaan pembelajaran dalam hal efisiensi waktu pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh atau dalam jaringan.

Keunggulan Google Sites untuk Pembelajaran

Berikut keunggulan yang ditawarkan Google Sites untuk pembelajaran online:

Gratis

Google sama sekali tidak memberlakukan biaya apapun untuk pemanfaatan Google site dalam kebutuhan pembelajaran.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Google Slides untuk Pembelajaran

Mudah Digunakan

Dalam pemanfaatannya, Google Sites juga menawarkan kemudahan penggunaan perangkat bahkan untuk pengguna yang masih awam sekalipun.

Tools yang Variatif

Banyak tools yang ada dalam Google Sites yang bisa menunjang aktivitas pembelajaran. Di sisi lain, Google Sites juga menyediakan penyimpanan berbasis cloud hingga 100 megabyte kepada penggunanya.

Manfaat Google Sites untuk Pembelajaran Online

  • Menguplod materi pembelajaran dengan mudah tanpa harus membagikan materi secara langsung.
  • Bisa digunakan untuk menyimpan silabus. Dengan menyimpan silabus di Google Sites, siswa bisa dengan mudah mengakses kapan saja dan di mana saja topik maupun materi yang akan dibahas dalam pembelajaran berikutnya.
  • Memberikan tugas dengan mudah, guru bisa dengan mudah memberikan tugas kepada siswa melalui Google Sites termasuk memberikan pengumuman terkait pelaksanaan pembelajaran maupun kegiatan pembelajaran lainnya kepada siswa.
  • Google Sites juga bisa digunakan untuk memantau sekaligus mengunduh tugas siswa dengan cepat dan mudah termasuk mengetahui waktu siswa mengunggah tugas tersebut.

Langkah Pembuatan Google Sites

Untuk membuat Google Sites yang bisa digunakan untuk pembelajaran online, langkahnya adalah sebagai berikut;

  • Akses Google Sites dengan akun Gmail.
  • Buat draft website melalui dashboard Google Sites. Terdapat pilihan template yang bisa digunakan untuk dijadikan tampilan Google Sites yang dibuat
  • Untuk membuat template sendiri, Anda bisa memilih menu Blank Page kemudian Anda bisa memanfaatkan berbagai tools untuk membuat tampilan Google Sites secara mandiri. 
  • Tools Preview untuk menampilkan hasil template yang sudah dikustomisasi, Undo untuk membatalkan tindakan yang sudah dilakukan, Redo untuk menggunakan kembali perubahan yang telah dilakukan.
  • Tools setting merupakan kumpulan pengaturan desain website, kemudian terdapat pula pilihan Copy Website Link untuk menyalin link website dan dibagikan kepada pengguna lain.
  • Tools Publish adalah fitur untuk mempublikasikan hasil website yang telah siap dibagikan. 
Baca Juga:  Menciptakan Suasana Belajar di Rumah yang Menyenangkan di Masa Pandemi

Nah, demikian tadi adalah panduan terkait cara memanfaatkan Google Sites untuk pembelajaran online.

Ikuti Diklat “Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

(shd/shd)

 

Share :

Baca Juga

News

Download Materi Diklat 40 JP Hari Ketiga: Belajar Model Pembelajaran Futuristik Menyambut Kurikulum 2022
cara menyusun rpp kurikulum 2013

News

Menakinisme Penyusunan Kalender Pendidikan
https://naikpangkat.com/ruang-lingkup-program-sekolah-penggerak/

News

Ruang Lingkup Program Sekolah Penggerak
manfaat menulis bagi guru

News

Prinsip, Komponen dan Langkah Mudah Penyusunan RPP Satu Lembar Sesuai SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019

News

Breaking News! Segera Cek Penempatan Sekolah Bagi Guru Lolos PG Pada Seleksi PPPK Guru 2022

News

Wajib Bersiap Di Tanggal Berikut Ini Untuk Semua Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMK, SMA

News

Mengenal dan Menerapkan Teknik Belajar Feynman

News

Download Materi Diklat Gratis 40 JP Pertemuan Hari Keempat: Inovasi Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka