Cara Instal dan Mengenal Fitur Class Point untuk Membuat Pembelajaran Makin Asyik

- Editor

Sabtu, 6 November 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Aplikasi Class Point bisa dijadikan sebagai aplikasi alternatif untuk membuat materi pembelajaran maupun untuk membuat soal dan jawaban quiz yang terlihat berbeda.

Melalui aplikasi Class Point ini, proses pembuatan materi quiz bisa dilakukan secara mudah dengan proses yang cepat tanpa perlu keahlian khusus untuk memanfaatkannya.

Meski demikian untuk bisa menggunakan aplikasi Class Point, para penggunanya diharuskan untuk mendownload aplikasi ini terlebih dahulu.

Pertama kali, lakukan pengunduhan aplikasi Class Point melalui website resmi aplikasi ini di https://classpoint.io. Setelah itu akan muncul tampilan atau pilihan untuk mendownload aplikasi ini.

Untuk bisa mengunduh aplikasi ini, komputer Anda harus memiliki OS minimal Windows 7 dengan aplikasi Microsoft Office minimal tahun 2013.

Klik “Finish” saat proses pengunduhan selesai, kemudian keluar dari mesin browser dan masuk ke aplikasi Power Point.

Ketika mengakses aplikasi Power Point, layar komputer akan menampilkan pemberitahuan “Loading Add Ins” Class Point sebagai indikator jika aplikasi Class Point sudah langsung terdeteksi dengan aplikasi Power Point.

Kemudian di menu utama aplikasi Power Point kemudian klik menu Inknoe Class Point dan klik Sign In untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan aplikasi ini.

Terdapat beberapa syarat yang harus Anda isi seperti data diri mulai dari nama, organisasi hingga asal sekolah. Kemudian di kotak sektor, Anda juga diminta mengisi nama institusi pendidikan seperti SMP, SMA atau perguruan tinggi.

Setelah itu, isi juga informasi akun email serta password yang bisa Anda gunakan untuk mengakses Class Point. Ketika proses pendaftaran selesai, klik Next kemudian buka email yang Anda daftarkan untuk aplikasi Class Point ini untuk melihat kode verifikasi yang dikirim melalui email kemudian klik verifikasi.

Bila tampilan aplikasi Class Point terlihat saat Anda membuka aplikasi Power Point itu berarti pendaftaran sudah berhasil dilakukan.

Fitur yang Bisa Digunakan di Class Point

  1. Kode Kelas / Class Code 

Di Class Point terdapat fitur kode kelas yang bisa dibagikan kepada para siswa untuk bisa mengikuti mata pelajaran. Selain itu, para siswa juga tidak perlu mengunduh aplikasi untuk bisa mengikuti pembelajaran melalui aplikasi Class Point.

Cara membuat kode kelas pun sangat mudah, karena ditempatkan di pojok kanan atas menu aplikasi Class Point dan cukup di klik, maka para siswa akan langsung diarahkan ke kelas

2. Fitur Anotasi / Annotation

Ketika menggunakan aplikasi Class Point di program Power Point, Anda juga bisa memanfaatkan fitur anotasi dengan aplikasi Class Point. Fitur anotasi bisa Anda temukan dibagian bawah tool bar ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan berikut ini.

3. Laser Pointer 

Laser Pointer berfungsi sebagai kursor penunjuk tiap slide yang ada di layar yang memudahkan guru untuk menerangkan point-point dalam mata pelajaran.

4. Pulpen Digital

Pulpen atau pena digital ini akan memudahkan siapapun pengguna aplikasi Class point untuk membuat berbagai tulisan seperti tanda tangan atau penegasan kata atau kalimat yang ada di layar slide. Terdapat pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yang terletak di bagian bawah tool bar aplikasi. 

5. Highlighter 

Higlighter berfungsi untuk memperjelas materi pelajaran baik yang ada di kalimat maupun di layar slide.

6. Erase

Erase berfungsi untuk menghapus atau menghilangkan tulisan maupun kalimat maupun ikon tertentu pada file yang sedang dibuat. Dengan fitur ini, guru tak perlu takut jika salah mengetik atau menyisipkan gambar karena bisa dihilangkan atau dihapus dengan mudah.

  • Papan Tulis Digital (White Board)

Papan tulis digital (White Board) menjadi fitur yang paling disukai dalam aplikasi Class Point, karena dengan fitur ini, tenaga pendidik yang memanfaatkan aplikasi Class Point tak perlu memanfaatkan media tambahan ketika hendak menjelaskan suatu materi secara lebih detail.

Untuk menggunakan fitur papan tulis ini pun cukup mudah dan bisa ditemukan di tool bar bagian bawah menu utama. Papan tulisn ini juga dapat disesuaikan background warna dengan mudah.

Terdapat enam pilihan warna dan bentuk papan tulis yang bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Caranya, cukup dengan memilih titik tiga di sudut kanan bawah aplikasi kemudian terdapat pilihan warna dan bentuk papan tulis atau bisa juga memanfaatkan gambar milik Anda sendiri sebagai latar belakangnya.

Demikian tadi penjelasan tentang aplikasi Class Point dan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Aplikasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk Anda gunakan dalam pembelajaran bersama siswa karena akan membuat penyampaian materi tidak terasa membosankan.

Apakah Anda sudah bisa menggunakan Class Point dalam pembelajaran yang Anda lakukan? Jika belum, ikuti seminar atau diklat secara gratis yang dapat menunjang profesionalitas serta kompetensi dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Berita Terkait

Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang
BKN Terbitkan Siaran Pers Tentang Tidak Ada Pendataan Non ASN 2024 dan Tidak Lanjut Hasil Pendataan Non ASN
Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Dapat Kabar Gembira, Telah Pencairan Tambahan 100% 1 bulan TPG Update Per 19 April
Ciri – Ciri Akun SIMPKB yang Akan Diundang PPG Dalam Jabatan 2024
Yang Ditunggu – Tunggu Akhirnya Pemerintah Telah Mencairkan 2 Kali 50% TPG
Seleksi CPNS 2024 Diprioritaskan Penempatan IKN, Menteri: Seleksinya Ketat
Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Berita ini 312 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 10:37 WIB

Pengumuman Resmi Kemdikbud Untuk Guru SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Batas 29 April Mendatang

Jumat, 19 April 2024 - 11:57 WIB

BKN Terbitkan Siaran Pers Tentang Tidak Ada Pendataan Non ASN 2024 dan Tidak Lanjut Hasil Pendataan Non ASN

Jumat, 19 April 2024 - 11:32 WIB

Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Dapat Kabar Gembira, Telah Pencairan Tambahan 100% 1 bulan TPG Update Per 19 April

Kamis, 18 April 2024 - 11:47 WIB

Ciri – Ciri Akun SIMPKB yang Akan Diundang PPG Dalam Jabatan 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:55 WIB

Yang Ditunggu – Tunggu Akhirnya Pemerintah Telah Mencairkan 2 Kali 50% TPG

Rabu, 17 April 2024 - 11:15 WIB

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi di Berbagai Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 10:33 WIB

Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024

Selasa, 16 April 2024 - 11:22 WIB

Selamat Guru Akan Terima Penghasilan Hingga 3 Pos Sumber Pasca Lebaran, Mulai Cair Bulan April!

Berita Terbaru