Home / Karya Ilmiah

Kamis, 15 April 2021 - 02:06 WIB

Buku Panduan Menyusun Makalah Best Practice

Makalah best practice berisi tentang pengalaman guru selama menjalani profesinya. Pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman terbaik yang memiliki dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Meskipun berdasarkan pengalaman sendiri, banyak guru yang memiliki masalah dan banyak kendala dalam menyusun makalah best practice ini. 

Untuk itu, bagi Anda yang ingin belajar membuat makalah best practice dengan mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan buku berikut ini yang diterbitkan oleh GuruJuara.com

Download Buku Panduan Membuat Makalah Best Practice

Buku di atas ditulis oleh praktisi pendidikan yang sudah berpengalaman dalam menyusun karya ilmiah dari kegiatan best practice. Oleh sebab itu, Anda pasti akan mendapatkan banyak manfaat. 

Salah satu masalah yang mungkin bisa Anda atasi setelah belajar dari buku tersebut adalah kendala dalam proses kenaikan pangkat karena tidak mampu membuat publikasi ilmiah. Oleh sebab itu, buku di atas bisa menjadi solusi. 

Baca Juga:  Materi Kedua Diklat Gratis 32JP Guru Bisa Menulis

Bukan hanya soal kenaikan pangkat, Buku “Cara Mudah & Cepat Membuat Makalah Best Practice” sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah-masalah di bawah ini: 

Kesulitan Membuat Karya Ilmiah

Berprofesi sebagai guru sebenarnya sangat erat dengan dunia ilmiah. Adalah sesuatu yang ironis jika seorang guru tidak mampu menyusun karya ilmiah. 

Di antara karya ilmiah yang dapat ditulis oleh guru dapat bersumber dari kegiatan best practice. Best practice merupakan narasi ilmiah yang berdasar pada pengalaman terbaik guru dalam menjalani profesinya. 

Sebuah karya ilmiah dari best practice ini nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk kenaikan pangkat. Sebab best practice yang sudah dibuat menjadi laporan atau diseminarkan, akan mendapatkan penilaian dan berbuah sebagai angka kredit yang dibutuhkan dalam proses kenaikan pangkat tersebut. 

Kesulitan Naik Pangkat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa makalah best practice dapat digunakan sebagai persyaratan sebagai kenaikan pangkat.

Baca Juga:  Cara Mengubah Tesis Menjadi Buku untuk Menambah Angka Kredit Guru

Telah diketahui bersama bahwa menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, seorang guru PNS yang ingin naik jabatan harus memenuhi syarat yang diperlukan. Misalnya untuk naik dari golongan III/b menuju ke jenjang yang lebih tinggi, kemampuan membuat karya ilmiah menjadi sebuah kewajiban. 

Dengan demikian, guru PNS yang mengharapkan kenaikan pangkat namun tidak bisa membuat karya ilmiah, harapan tersebut sepertinya akan menjadi mimpi selamanya. 

Selalu Kalah dalam Lomba sebagai Guru Berprestasi

Makalah best practice sangat sering dilombakan dan memilih guru berprestasi. Oleh sebab itu, kemahiran Anda dalam membuat karya ilmiah atau membuat makalah best practice memang perlu ditingkatkan jika Anda mengejar cita-cita tersebut. 

Itulah masalah-masalah yang akan teratasi jika Anda mampu membuat makalah best practice atau karya ilmiah yang bersumber dari pengalaman Anda. 

Share :

Baca Juga

cara menyusun ptk

Karya Ilmiah

5 Hal yang Sering Menghambat Kenaikan Pangkat Guru

Karya Ilmiah

Materi Ketiga Diklat Gratis 32JP Guru Bisa Menulis

Karya Ilmiah

Cara Cek Plagiat secara Online pada Jurnal dan Karya Tulis Lainnya
pts

Karya Ilmiah

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Menyusun PTS (Penelitian Tindakan Sekolah)

Karya Ilmiah

Materi Hari Keempat Diklat 32JP Gratis Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN
cara cepat naik pangkat

Karya Ilmiah

Tips Menyusun PTK dari Mencari Ide hingga Laporan Jadi
guru membuat buku ajar sendiri

Karya Ilmiah

Manfaat Guru Membuat Buku Ajar Sendiri
pelatihan menulis guru

Karya Ilmiah

5 Alasan Kenapa Guru Harus Bisa Menulis?