Blanded Learning Dengan Aplikasi Quizizz Melalui Google Classroom

- Editor

Selasa, 24 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Young student watching lesson online and studying from home. Girl using laptop for online lessons. Homeschooling and distance learning concept.

Young student watching lesson online and studying from home. Girl using laptop for online lessons. Homeschooling and distance learning concept.

Blanded Learning – Menjadi solusi untuk dapat melaksanakan pembelajaran perpaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Perkembangan pendidikan yang pesat tidak menutup kemungkinan pembelajaran perlu beradaptasi dengan Blanded learning.

Pengertian Blanded Learning

Blanded learning merupakan kolaborasi dari dua model pembelajaran yang secara terpisah, yaitu antara pembelajaran tatap muka atau pembelajaran langsung dengan pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran daring (online).

Meskipun sering disamakan dengan sistem pembelajaran online penuh namun metode Blended learning tidak semua aktivitas belajar mengajar dilakukan online.

Metode Blended Learning adalah bentuk penyempurnaan dari sistem e-learning, dimana dengan menggunakan metode ini, pembelajaran dilakukan dengan dua arah.

Dengan menggabungkan pembelajaran konvensional (face-to-face) dengan pembelajaran online dinilai akan lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional saja atau pun secara daring saja.

Dengan memanfaatkan berbagai platform pembelajaran maupun yang berbasis media sosial sekalipun dapat menunjang pembelajaran blanded learning menjadi lebih dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan melalui Aplikasi Quizizz.

Sintak Blanded Laerning

Sintak atau biasa disebut dengan langkah- langkah dalam mengajar pada model blanded learning , Yuk simak apa saja sintak atau langkah- langkah dakam mengajar dengan menggunakan blanded learning:

1. Seeking of information (Mencari Informasi)

Pencarian informasi dari berbagai sumber informasi yang tersedia secara online maupun offline dengan berdasarkan pada relevansi, validitas, reliabilitas konten dan kejelasan akademik.

2. Acquisition of information (Perolehan informasi)

Menentukan, memahami, serta mengkonfrontasikannya dengan ide atau gagasan yang telah ada dalam pikiran kemudian menginterpretasikan. informasi atau pengetahuan tersebut dari berbagai sumber yang tersedia, sampai mereka mampu mengkomunikasikan kembali da menginterpretasikan ide- ide dan hasil interpretasinya menggunakan fasilitas online/offline.

3. Synthesizing of knowledge (Sintesis pengetahuan)

Mengkonstruksikan atau merekontruksi pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi bertolak dari hasil analisis, diskusi dan perumusan kesimpulan dari informasi yang diperoleh. Kembali dan menginterpretasikan ide- ide dan hasil interpretasinya menggunakan fasilitas online/offline.

Berikut ini 5 kunci keberhasilan blanded learning versi Jared M. Carman agar blanded learning dapat berjalan maksimal. Yuk kita simak informasi selengkapnya.

Live Event

Guru membuat pembelajaran langsung secara tatap muka dalam waktu dan tempat yang sama, atau waktu yang sama tetapi dengan tempat yang berbeda yaitu melalui Virtual classrom dengan berbantukan flatform video conference yang sudah ada.  Seperti zoom meeting, goolge meet dan lain sebagainya.

Self Paced Learning

Guru dapat mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran mandiri kapan saja dan dimana saja, baik dalam bentuk text besed atau multimedia based yang dapat diakses secara online. Guru bisa menyiapkan e-modul atau pembelajaran berbasis video untuk membantu siswa belajar secara mandiri.

Collaboration

Guru menciptakan kolaborasi secara baik antara guru dan siswa serta antara siswa melalui media komunikasi yang telah ada. Baik melalui media komunikasi whatsApp, facebook, dan lain sebagainya. Yang tujuannya membangun kolaborasi antar guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih efektif.

Asesment

Guru dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa dengan mengkombinasikan antara tes yang bersifat tes maupun yang bersifat non tes. Disesuaikan dengan jenis penilaian dan metari yang sedang dipelajari siswa.

Performance Support Materials

Guru perlu memastikan materi yang disiapkan dalam bentuk digital dan semua siswa dapat mengaksesnya secara online maupun offline. Materi bisa berupa apa saja yang terpenting siswa dapat mengaksesnya dengan mudah dan mudah menjadi bahan pegangan bagi siswa.

Lalu bagaimana menciptakan Blanded learning melalui Google Classroom dengan berbantukan Aplikasi Quizizz? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Quizizz

Aplikasi Quizizz merupakan salah satu web tool yang dapat digunakan untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun diluar kelas dalam bentuk Pekerjaan Rumah (homework).

Quizizz memungkinkan Anda untuk melakukan penilaian yang disesuaikan dengan kecepatan siswa (self-paced) dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa di berbagai tingkatan pendidikan.

Ada beberapa jenis kuis pertanyaan yang ada dalam Quizizz yaitu seperti : pilihan ganda, kotak centang, isi bagian kosong, pemilihan dan terbuka- terakhir.

  1. Pilihan Ganda, pertanyaan dengan pilihan jawaban berupa pilihan ganda, dengan jumlah opsi pilihan ganda dapat di tentukan oleh pengguna
  2. Kotak Centang, pertanyaan dengan pilihan jawaban dengan mencentang jawaban yang benar
  3. Isi Bagian Kosong, pertanyaan berupa essay singkat, dengan jawaban yang ditulis sendiri dan menyediakan alternative
  4. Pemilihan, pertanyaan dengan pilihan jawaban benar lebih dari satu

Google Classroom

Google Classroom merupakan sebuah platform gratis berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan murid. 

Yang merupakan salah satu bagian dari Google For Education.

Melansir Google for Education, Classroom memungkinkan para guru untuk mengatur dan menilai progres murid-muridnya sambil tetap terhubung dari mana pun juga, hanya melalui satu platform tersebut.

Karena berbasis webplatform ini secara otomatis sudah terintegrasi dengan layanan Google Suite for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs, dan Google Calendar. 

Para murid bisa menerima dan mengumpulkan tugas langsung di Classroom, begitu juga para guru. Dan dapat di cek secara berkala.

Layanan ini dapat sangat mengurangi penggunaan kertas dan mempermudah proses pembelajaran, apalagi jika dilakukan secara jarak jauh.

Integrasi Quizizz dengan Google Classroom

Pengelolaan kelas daring dalam Blanded learning melalui Google Classrom memang menarik untuk dicoba. Tidak hanya kuis melalui goggle form dengan settingan quis saja, melainkan juga kita bisa mengkombinasikan dengan layanan yang lain.

Nah, layanan yang bisa dikombinasikan dengan Google Classroom adalah Quizizz. Jadi , nantinya siswa tidak hanya mengerjakan quis dari google kuis saja akan tetapi bisa dari yang lain.

Berikut ini merupakan langkah- langkah yang harus dilakukan untuk mengintegrasikan Quizizz dengan Google Classroom

Caranya yaitu :

  1. Buka akun Quizizz, yang sebelumnya sudah di buat lebih dulu
  2. Klik My Quizzes, kemudian tentukan quis mana yang akan kita masukkan ke Google Classroom. Sebelumnya pastikan Anda sudah membuat quis nya lebih dahulu.
  3. Setelah kita pilih Quis yang akan dimasukkan ke Classrom, klik Assign HW (Home Work)
  4. Tentukan Dateline pengerjaan Quis, kemudian Klik Host Game
  5. Catat Code Quiz nya, kemudian klik Share Link.
  6. Tentukan kelas yang akan kita kirimi Quis, lengkapi isian yang diperlukan. Terakhir Klik Next.
  7. Jika sudah demikian maka, siswa dapat mengerjakan Quizizz sebagai Pekerjaan Rumah, dengan batasan waktu yang telah ditentukan oleh guru.

Demikian informasi mengenai Blanded Learning Dengan Aplikasi Quizizz Melalui Google Classroom, semoga dapat bermanfaat dan dapat diikuti dengan baik bagi Anda yang membutuhkan. Tetap update informasi terbaru tentang guru dan dunia pendidikan di Naikpangkat.com.

e-Guru Foundation sudah masuk di Bacth 11, yaitu BEAEF (Beasiswa e-Guru Foundation) BACTH 12 dengan tema e-Guru Foundation kembali hadir di bulan Mei 2022, yang sudah memasuki angkatan ke 12. Dengan mengangkat tema Optimalisasi Merdeka Mengajar Bagi Guru, dapat membantu.

Beasiswa e-Guru Foundation

Kesempatan terbuka lebar bagi 100 Pendaftar terpilih untuk belajar secara GRATIS dengan mengikuti seleksi. Bagaimana proses seleksinya ? Dan apa saja Syaratnya untuk bisa mendapatkan BEAEF ini?

Silahkan mendaftar di link http://bit.ly/DaftarBEAEF12

Beasiswa e-Guru Foundation atau BEAEF BACTH 12 ini juga memiliki banyak keuntungan bagi nanti Anda yang berkesempatan lolos seleksi.

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 30 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB