Aplikasi yang Wajib Digunakan Guru, Powtoon sebagai Media Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan!

- Editor

Rabu, 25 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pembelajaran Menggunakan Powtoon – Powtoon adalah aplikasi web berbasis IT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik seperti fitur untuk membuat presentasi atau video animasi yang dapat digunakan dengan mudah dan menarik.

Di zaman tumbuhnya generasi Z (Gen-Z) seperti sekarang ini, sudah banyak sekali media berbasis Teknologi Informasi yang sangat canggih dan menarik bila dijadikan sebagai media pembelajaran.

Salah satu solusi media pembelajaran yang dapat digunakan di masa pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dan merupakan media berbasis Teknologi Informasi yaitu Powtoon.

Melalui media Powtoon diharapkan dapat memudahkan pendidik dalam membuat materi pelajaran yang terlihat menarik dan kreatif. Selain dapat memudahkan pendidik dalam hal ini yaitu guru.

Powtoon juga diharapkan dapat membuat siswa lebih semangat dalam menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran Powtoon ini memiliki kelebihan yaitu banyaknya fitur animasi yang bermacam-macam serta efek yang membuat presentasi atau video pembelajaran terlihat menarik.

Selain itu, time line yang terdapat dalam Powtoon juga dapat digunakan dengan mudah dibandingkan aplikasi-aplikasi lain yang sejenis dengannya.

Peran Pendidik

Penggunaan media pembelajaran pada dasarnya untuk membantu guru memberikan bahan ajar kepada siswa. Diharapkan dengan media yang disiapkan ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan informasi dan siswa memahaminya.

Media yang sesuai dengan materi pembelajaran akan membuat siswa tertarik memperhatikan pendidik dalam menyampaikan materi ajar.

Pendidik juga harus mempertimbangkan untuk memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, karena hal itulah yang menjadi kunci untuk menciptakan suasana kelas yang positif dan efektif. Selain itu, jenis penugasan dan cara penyampaian materi yang tepat juga dapat mendukung media pembelajaran yang digunakan.

Diharapkan bagi pendidik untuk lebih banyak pertimbangan media yang sesuai dan mampu mendukung proses pembelajaran agar tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif dan mudah diterima, sehingga penggunaan bahan ajar sesuai dengan media pembelajaran yang digunakan.

Seorang pendidik diharapkan dapat memiliki keahlian khusus dalam membuat media pembelajaran yang menarik agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif.

Media pembelajaran yang dapat digunakan pada saat ini juga sudah banyak sekali dan dapat kita manfaatkan sebagai proses pembelajaran.

Aplikasi-aplikasi yang berbasis pembelajaran juga dapat kita pelajari sebagai media yang nantinya dapat kita pilih untuk proses pembelajaran yang kita gunakan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa.

Maka dari itu, tujuan dari penulisan ini ialah untuk mengetahui penggunaan aplikasi Powtoon yang dapat menjadi solusi media pembelajaran pada masa PTMT saat ini.

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa animasi Powtoon mempunyai efektifitas yang sangat baik terhadap antusias dan dapat menarik minat belajar peserta didik.

Media Powtoon mampu membuat siswa lebih mudah menerima materi karena materi terlihat lebih menarik.

Manfaat Aplikasi Powtoon

Terdapat beberapa manfaat dari aplikasi Powtoon, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pembelajaran menjadi lebih efektif.
  • Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
  • Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran.

Meskipun demikian, aplikasi Powtoon juga memiliki keterbatasan seperti pembelajaran menjadi bergantung pada ketersediaan dukungan sarana teknologi (gawai, komputer, dan internet) serta durasi yang singkat sehingga penyampaian materi menjadi terbatas.

Penggunaan Powtoon dalam Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan Powtoon sebagai aplikasi video animasi berbasis online tentulah membutuhkan keberadaan sarana teknologi seperti internet.

Ketergantungan aplikasi ini terhadap internet memang mutlak, sehingga jika guru ingin menggunakan aplikasi ini dalam proses pembelajaran, ketersediaan internet harus memadai. Selain itu, dukungan sarana teknologi lain seperti komputer atau laptop juga mutlak dibutuhkan.

Hal-hal ini dapat menjadi problematika jika sekolah tempat pelaksanaan proses pembelajaran kurang memiliki sarana teknologi yang memadai. Selain kebergantungan pada sarana teknologi, penggunaan Powtoon sebagai media pembelajaran memiliki kendala yang lain yaitu berkaitan dengan waktu.

Dalam mempersiapkannya, waktu yang dibutuhkan guru untuk menyiapkan satu materi dari awal sampai tahap finalisasi memang tidak sebentar.

Oleh karena itu media ini memang tidak disarankan untuk digunakan guru sebagai tugas individual siswa, terutama jika waktu yang tersedia minim, karena presentasi dan penjelasan video yang dibuat akan membutuhkan waktu yang lama.

Jika guru ingin memberikan tugas yang melibatkan media aplikasi Powtoon sebaiknya memang dikerjakan dengan berkelompok. Kendala lainnya yang juga masih berkaitan dengan waktu penggunaan adalah keterbatasan durasi yang singkat sehingga untuk menjelaskan materi yang sangat kompleks membutuhkan pembuatan video yang tidak cukup satu saja.

Walaupun penggunaan aplikasi video animasi Powtoon terbilang sederhana dan tidak rumit, namun jika guru dan siswa hendak menggunakan media pembelajaran ini. Setidaknya memerlukan kemahiran pengguna dalam mengoperasikan perangkat teknologi seperti komputer/laptop dan juga internet.

Kendala lainnya yang juga dapat menghambat penggunaan media pembelajaran Powtoon adalah biaya yang juga diperlukan untuk mengakses internet.

Hal-hal yang Harus Disiapkan

Powtoon adalah layanan secara online dapat diakses gratis maupun berbayar dan fitur yang diberikan rinci dan lengkap. Sehingga lebih mudah dalam menyampaikan informasi karena pembuatan yang mudah sebagai paparan yang memiliki animasi menarik.

Diantaranya animasi-animasi benda, gerakan menulis dengan beragam karakter tangan, kartun, dan efek transisi yang lebih nyata dan hidup, hal ini dapat berdampak bagi peserta didik menjadi lebih tertarik dan tidak bosan.

Proses pembuatan video memerlukan spesifikasi perangkat keras atau laptop/komputer yang dapat digunakan untuk merancang/mengolah video dengan Powtoon adalah sebagai berikut:

  • RAM : minimal 1 GB
  • VGA : On Board
  • Koneksi internet yang stabil

Penayangan hasil video yang sudah dibuat dengan Powtoon sebagai videoanimasi dapat menggunakan laptop/komputer, ataupun ponsel genggam yang sudah didukung untuk memutar video.

Langkah-Langkah Menggunakan Powtoon

Powtoon adalah aplikasi untuk membuat video, tetapi disini peneliti memanfaatkan untuk membuat video pembelajaran tematik, dalam video ini berisi tentang materi yang berisikan tentang berbagai pekerjaan yang akan disampaikan. Langkah-langkah dalam membuka Powtoon adalah sebagai berikut yaitu:

  • Membuka aplikasi web browser, kemudian kunjungi alamat: www.powtoon.com.
  • Untuk memulai powtoon, klik Login.
  • Melakukan registrasi atau pendafataran melalui facebook atau google, dan beberapa pilihan lainnya.
  • Jika Anda melakukan login melalui google, masukkan alamat e-mail dan kata sandinya.
  • Lalu pada kata create di klik (terdapat pilihan vertical atau horizontal)
  • Setelah itu akan tampil gambar seperti di bawah ini, lalu klik satu tema yang akan Anda pilih.
  • Kemudian akan ada tampilan seperti powerpoint,disinilah tempat area kerja pada powtoon.
  • Setelah selesai membuat videonya dapat Anda save, lalu kita publish atau upload ke YouTube.

Kelebihan dan Kelemahan Powtoon

Adapun kelebihan pembelajaran menggunakan Powtoon ini yaitu:

  • Mencakup segala aspek indera.
  • Penggunaannya praktis.
  • Dapat digunakan dalam kelompok besar.
  • Lebih variatif dan meningkatkan motivasi dalam belajar.
  • Dapat memberikan feedback atau interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didiknya.

Kemudian kelemahan pembelajaran menggunakan powtoon yaitu:

  • Bergantung kepada sambungan internet.
  • Apabila internet tidak stabil atau terputus maka powtoon akan mengulang kembali ke awal.
  • Harus mahir dalam menggunakannya. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan bersertifikat 32 JP “Membuat Video Pembelajaran Beranimasi Menarik dengan Powtoon” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22-29 Juni 2022 menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Telegram.
Tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga sebelum kuota peserta penuh!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAFTAR

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 110 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru