Home / Karya Ilmiah

Minggu, 21 Februari 2021 - 02:41 WIB

Angka Kredit Presentasi untuk Kenaikan Pangkat Guru

Angka Kredit Presentasi – Presentasi merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang dapat dipilih oleh guru PNS sebagai penunjang kenaikan pangkat. Presentasi ilmiah tersebut memiliki angka kredit tertentu namun juga harus dibuktikan dengan laporan kegiatan.

Terdapat dua jenis presentasi dalam angka kredit presentasi kontek kenaikan pangkat guru PNS. Pertama adalah presentasi yang dapat menambah angka kredit unsur PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Yang kedua adalah presentasi wajib dilakukan untuk mendapatkan kenaikan jabatan dari golongan IV/c ke IV/d (dari jabatan guru Madya menjadi guru Utama.

Presentasi terakhir ini tidak dapat menambah nilai angka kredit. Namun demikian, angka kredit presentasi tersebut akan sangat menentukan kelolosan; apakah yang bersangkutan layak untuk mendapatkan kenaikan jabatan atau tidak. Namun di antara kedua jenis presentasi tersebut memiliki kesamaan, yaitu dilakukan di depan publik.

Baca Juga: Jumlah Angka Kredit PKB untuk Kenaikan Pangkat Guru dari Publikasi Ilmiah

Baca Juga:  Dibuka Pendaftaran! Seminar penerapan metode APIK

Presentasi untuk mendapat kenaikan pangkat dari IV/c ke IV/d, dilakukan di depan tim penilai pusat, akademisi, pejabat terkait. Jika gagal, maka kandidat harus mengulang lagi presentasinya. 

Sedangkan karya ini berkaitan dengan penambah nilai angka kredit PKB tidak seperti itu. Presentasi ini dapat dilakukan dalam forum-forum ilmiah yang lebih santai. Tidak menentukan kelulusan kenaikan pangkat, namun dapat menambah angka kredit akumalatif.  

Presentasi ini jika dilakukan dapat menambah angka kredit 0,2. Presentasi harus dilakukan dalam forum ilmiah. Artinya, Anda bisa menjadi sebagai narasumber dalam sebuah seminar atau lokakarya ilmiah. Selain itu, misalnya, menjadi narasumber dalam forum-forum ilmiah, dan sejenisnya.

Pada presentasi ini, Anda bisa menyampaikan gagasan dan pengalaman Anda sebagai guru. 

Dan ketika acara sudah selesai, Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai penambah angka kredit PKB Anda.

Hal-hal yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan makalah yang Anda sampaikan dalam forum/diskusi ilmiah tersebut. Makalah ini harus disahkan oleh kepala sekolah. Selain itu Anda juga harus memiliki piagam atau tanda bukti bahwa Anda benar-benar menjadi narasumber dalam acara seminar tersebut. Itulah bukti fisik yang harus Anda penuhi jika ingin menggunakan sebagai penambah angka kredit PKB. 

Baca Juga:  Manfaat Guru Membuat Buku Ajar Sendiri

Makalah yang disajikan harus berupa gagasan dari penulis sendiri. Jika berupa laporan penelitian, maka kegiatan riset tersebut juga harus dilakukan sendiri. Tidak diperkenankan mengambil karya orang lain untuk dipresentasikan.

Membuat makalah yang baik berdasarkan penelitian sendiri terkadang masih menjadi masalah serius bagi para guru PNS. Banyak yang gagal mendapatkan kenaikan pangkat karena masalah penulisan publikasi ilmiah.

Untuk menulis karya ilmiah dan tips-tips mendapat angka tinggi hanya dengan melakukan satu kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK), dapat Anda pelajari dalam buku berikut ini. Sebuah buku yang ditulis oleh profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Share :

Baca Juga

pelatihan menulis guru

Karya Ilmiah

5 Alasan Kenapa Guru Harus Bisa Menulis?
publikasi ilmiah guru pns

Karya Ilmiah

Jenis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

Karya Ilmiah

Naik Pangkat Bagi Guru Dengan Artikel Populer

Karya Ilmiah

Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Karya Ilmiah

Tips Menyelesaikan Disertasi dalam Waktu Singkat

Karya Ilmiah

Cara Mengubah Tesis Menjadi Buku untuk Menambah Angka Kredit Guru

Karya Ilmiah

Diklat GRATIS 100% Bersertifikat 40JP : Membuat Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat
cara menyusun best practice

Karya Ilmiah

Langkah Praktis Menyusun Best Practice