6 Cara Guru untuk Mengatasi Stres pada Siswa Ketika Ujian

- Editor

Jumat, 22 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengatasi Stres pada Siswa – Biasanya siswa akan terlihat ketakutan ketika mendengar kata “ujian” dan akan terlihat panik pada wajahnya mereka. Apalagi ketika guru sudah mengatakan “minggu depan kita ulangan harian ya.” 

Seketika kelas akan gaduh dengan protes akibat kepanikan dari mereka. Mereka khawatir akan nilainya yang rendah, tidak naik kelas, atau bahkan tidak lulus ujian. Bisa jadi mereka berpikir kalau mereka akan mengecewakan orang tua.

Berbagai cara siswa lakukan untuk dapat menghindari ikut serta dalam segala bentuk tes. Akan tetapi, tetap saja mereka harus melakukannya. Sebagai cara untuk mengukur hasil belajar mereka selama ini.

Namun, sebagai pendidik hendaklah mempunyai strategi khusus untuk dapat membantu siswa mengurangi kecemasannya dalam menghadapi tes.

Berikut ada beberapa contoh cara untuk mengatasi stres pada siswa ketika dihadapkan dengan ujian.

1. Treat (Perlakukan dengan baik)

Siswa akan merasa senang apabila seorang guru memberikan kasih sayang. Berikan makanan ringan pada siswa, barang cuma satu permen lolipop tetapi ada tulisan penyemangatnya. Lakukan ini satu minggu sebelum ujian berlangsung.

2. Morning meeting (Pertemuan singkat pagi hari)

Gunakan waktu sebentar untuk bertemu siswa sebelum mereka mengerjakan ujian. Bertanyalah kondisi mereka. Bertanya juga apakah mereka sudah sarapan pagi, tidur yang cukup, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Hal ini alan membantu siswa merasa diperhatikan. Ketika mereka merasakan hal tersebut, maka mereka akan merasa tenang. Dan secara tidak sadar, mereka akan menenangkan pikirannya walaupun sedikit sebelum ujian berlangsung. Itu akan membantu konsentrasi mereka dengan baik.

3. Stress chain (Rantai cemas)

Siswa akan selalu merasa khawatir dengan ujiannya. Guru dapat bermain rantai cemas pada sebelum hari ujian mereka. Permainan ini sangatlah sederhana. Yang perlu guru siapkan hanya kertas warna warni dan pena.

Kemudian, mintalah siswa untuk menuliskan apa yang menjadi kekhawatiran mereka. Misalnya, “Aku takut gagal karena tidak bisa menjawa dengan benar. Aku mungkin terlalu gugup sehingga aku melupakan semua yang aku pelajari.”

Setelah itu, gulung-gulung kertas satu sama lainnya dan membentuk seperti rantai. Kemudian, gantunglah di depan pintu. Jadi, ketika mereka datang ke kelas besok, mereka harus meninggalkan kekhawatiran mereka di pintu.

4. Sediakan kotak P3K

Cara mengatasi stres pada siswa yang selanjutnya adalah dengan menyediakan kota P3K. Memang terlihat konyol ide ini.

Namun, kotak P3K akan membantu siswa merasa aman. Selama ujian, ada beberapa hal yang mungkin terjadi.

Misalnya, siswa tiba-tiba pusing, mual, diare. Maka di dalam kotak tersebut sudah tersedia barang-barang yang diperlukan. Maka dari itu, siswa akan tertolong dengan segera..

5. Brain breaks (Istirahat otak)

Satu hal yang penting dan perlu guru lakukan. Menjelang ujian, sebaiknya siswa jangan digembleng dengan materi ujian. Tetapi, istirahatkan mereka dengan bermain permainan yang menyenangkan.

Atau meminta siswa untuk membawa bekal makanan yang disukainya. Ini akan membantu siswa untuk rileks dan tidak takut mengenai ujian di esok hari.

Memang susah menghilangkan kebiasaan untuk menggembleng siswa belajar di h-1 ujian. Karena, masih banyak yang beranggapan bahwa gunakan waktu belajar sampai sebelum ujian berlangsung. Bahkan, hal ini sudah tertanam pada pikiran siswa. Padahal hal ini tidak baik untuk otak.

6. Nyalakan musik

Selama kegiatan brain breaks, iringi dengan musik. Hal ini akan membantu siswa untuk rileks dan berpikir jernih. Bahkan secara tidak sadar, mereka bisa mengingat semua materi yang sudah dipelajari saat mereka sedang bermain brain breaks.

Hal ini terjadi ketika otak merasa santai sehingga mampu memulihkan memori yang pernah direkamnya. Intinya, buatlah suasana kelas yang nyaman dan tenang saat menjelang ujian.

Hal ini akan membantu siswa untuk menurunkan level stress yang dialaminya. Karena dari dulu, stress ujian sudah ada. Seperti turun temurun dan susah dihilangkan.

Yang bisa dilakukan adalah menguranginya secara perlahan. Memang, tidak akan menghilangkan kecemasan dengan permanen.

Tetapi, usaha mengatasi stres pada siswa ini dapat membantu siswa menghadapi permasalahan yang tidak diinginkan serta selalu terjadi ketika ujian datang. (mfs)

Ayo bergabung bersama e-Guru.id dan rancang pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan kekinian. e-Guru.id yang merupakan suatu platform peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik di sini untuk mendaftar!

Gabung grup Telegram Guru Cerdas Era Digital untuk mendapatkan informasi terkait dengan Diklat, Webinar/Seminar, Pelatihan, Workshop, Bimtek, Lokakarya, dan informasi terbaru di bidang pendidikan.
Bergabung Sekarang!

Berita Terkait

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis
Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah
Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar
Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024
Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024
Kemdikbud Keluarkan Pengumuman Kebijakan Baru untuk Sertifikasi Guru, Cek Selengkapnya!
Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 
Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka
Berita ini 53 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:50 WIB

Wacana Pinjaman Uang dari Pemerintah untuk Mahasiswa yang Sulit Bayar Kuliah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:59 WIB

Modul Mapel Matematika Kelas 5 SD: Bermain Sambil Belajar

Sabtu, 25 Mei 2024 - 11:04 WIB

Cara Mengecek Masa Kerja Guru Honorer dan Keaktifan Dapodik Yang Diakui untuk pendaftaran PPPK Guru 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:17 WIB

Harus Siap! Ada Potongan Tunjangan Sertifikasi Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Triwulan 2 Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:49 WIB

Nunuk Suryani Ungkap Alasan Hingga Kini Banyak Daerah Belum Menerima Tambahan 100% 1 Bulan TPG 

Kamis, 23 Mei 2024 - 12:08 WIB

Tips Melakukan Pembelajaran Sastra Sesuai Kurikulum Merdeka

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:22 WIB

Jelas Ada Regulasi yang Mengatur Tentang Tambahan 100% 1 Bulan TPG dan Tamsil Untuk Guru Sertifikasi dan Nonsertifikasi Tidak Perlu Khawatir

Berita Terbaru