5 Aspek Penting Dalam Menyusun RPP

- Editor

Jumat, 24 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

RPP atau Rencana Proses Pembelajaran Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Setelah selesai pembelajaran di semester pertama di Bulan Desember ini, untuk menyiapkan pembelajaran di semester selanjutnya atau semester kedua, guru perlu menyiapkan RPP sebelum melaksanakan proses pembelajaran di semester genap ini.

Berikut merupakan 5 aspek penting yang perlu guru ketahui dalam menyusun RPP (Rencana Proses Pembelajaran), Yuk kita simak informasi secara lengkap.

1. Kemampuan Orang Tua dan Siswa

Dalam penyusunan RPP (Rencana Proses Pembelajaran), guru perlu mempertimbangkan kemampuan siswa yang berbeda-beda disetiap jenjang pendidikannya, mulai dari kemampuan akademik, kemampuan non akademik maupun tingkat kemandirian siswa dalam proses belajarnya.

Selain itu, guru juga perlu mengetahui kemampuan orang tua siswa dalam hal ekonomi maupun kemampuan orang tua dalam hal kemampuan membaca dan menulis sehingga dapat mengukur kemampuan orang tua nantinya dalam mendampingi anaknya.

2. Kerjasama Dengan Orang Tua

Seorang guru dapat berkerjasama dengan orang tua dalam merancang RPP (Rencana Proses Pembelajaran) , atau setidaknya memberikan kesempatan kepada orang tua untuk memberikan input atau masukan, karena orang tua yang mengetahui sikap siswa di luar sekolah.

Kegiatan pembelajaran yang memungkinkan dilakukan di rumah dapat disepakati oleh orang tua dan siswa berdasarkan sumber daya yang tersedia. Komunikasi guru dan orang tua yang terjaga dengan baik akan membuat orang tua dalam mendukung proses belajar siswa.

3. Kegiatan Pembelajaran dan Tugas Yang Bervariasi

Guru dapat memberikan opsi mengenai pembelajaran maupun tugas yang variatif dan beragam jenisnya, untuk dapat menjaga motivasi siswa agar tidak merasa jenuh dengan pembelajaran dan tugas yang monoton. Jadi, tidak perlu monoton hanya dengan tugas tulis, tetapi di variasikan dengan hal yang lebih menarik lagi.

Contohnya, kegiatan yang membangun kognitif dan non kognitif, kegiatan indoor dan kegiatan outdoor, menulis, menggambar maupun bernyanyi. RPP juga tidak perlu selalu per jam pelajaran, RPP dapat dibuat per minggu, tergantung kesepakatan dan di sesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

4. Media Pembelajaran

Media yang digunakan berperan penting dalam menyusun RPP (Rencana Proses Pembelajaran) untuk mendukung pencapaian tujuan yang dilakukan di kelas.

Guru juga perlu mempertimbangkan apakah media tersebut juga tersedia dirumah atau menggunakan media benda- benda sekitar yang mudah didapatkan oleh siswa di sekitar rumah. Jika perlu membeli media yang spesifik sebaiknya mudah didapat dan biayanya terjangkau.

5. Penilaian

Komponen penilaian formatif dapat dinilai saat proses pembelajaran masih berlangsung.

Contoh:

Assesment For Learning : Guru dapat mengajar dengan dukungan orangtua melalui umpan balik tentang sejauh mana anak sudah mencapai tujuan pembelajarannya. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk RPP (Rencana Proses Pembelajaran) selanjutnya.

Assesment as Learning : Komponen penilaian self assesment yang dapat mendorong kemandirian siswa yang memang sangat dibutuhkan dan relevan untuk PJJ Pembelajaran Jarak Jauh.

Demikian 5 Aspek penting yang perlu guru pahami dalam membuat RPP (Rencana Proses Pembelajaran), dan Bapak dan Ibu bisa menemukan berbagai contoh RPP yang dapat di akses di : ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id , atau dengan Klik LINK INI

e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan bersertifikat 32 JP dengan judul Pengelolaan Kelas Masa Darung &PTPM dengan Model Pembelajaran Active Learning. DAFTAR SEKARANGDapatkan pelatihan ini secara GRATIS/FREE Bagi member e-Guru.id, DAFTAR MEMBER. Ingin judul pelatihan lainnya, bisa cek DI SINI.

Ingin dibantu mendaftar ? Hub: 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa

Berita Terkait

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024
Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!
Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap
Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024
Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Berita ini 632 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:58 WIB

Kategori Ini Tidak Bisa Ikut PPG Daljab Tahun Ini Walaupun Masuk Kategori Guru Tertentu dalam Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:22 WIB

Resmi, Nunuk Suryani Sampaikan PPG Daljab 2024 Baru Bisa Diselenggarakan 4 atau 5 Bulan Lagi!

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:45 WIB

Info Lengkap Seputar PembaTIK 2024: Cara Daftar, Link Daftar, Syarat Peserta, dan Jadwal Lengkap

Rabu, 19 Juni 2024 - 10:48 WIB

Viral! Beredar Khusus Guru Akan Ada Kenaikan Gaji di Bulan Oktober 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Berita Terbaru